logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Ditemukan Solusi Isi Daya Mobil Listrik Lebih Cepat

Ditemukan Solusi Isi Daya Mobil Listrik Lebih Cepat(republika.co.id)-JAKARTA ; Kini, kendaraan listrik atau eletric vehicles (EV) makin diminati banyak orang. Meski demikian, ada sejumlah kendala dari penggunaan jenis kendaraan ini, mulai watu pengisian daya yang lama, jangkauan terbatas, hingga ketersediaan stasiun pengisian yang tidak banyak ditemui.
Dilansir Digital Trends, (4/11), ada cara cara yang dapat membuat EV makin disukai. Dalam penelitian yang dilakukan oleh tim dari Penn State University, mereka berhasil melakukan terobosan terbaru, yaitu pengisian daya kendaraan listrik dapat dilakukan hanya dalam 10 menit.
Penulis utama studi, Xiao-Guang Yang dan rekannya menerbitkan hasil penelitian di Joule, jurnal yang berfokus pada ilmu energi berkelanjutan. Meski ada halangan yang harus diatasi, namun impian agar EV dapat semakin praktis dan nyaman digunakan banyak orang, sama halnya dengan kendaraan yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar.

 

Terobosan yang ditemukan peneliti membuat orang-orang dapat mengisi daya kendaraan dengan kisaran dua hingga lima mil per jam di lokasi yang memiliki outlet listrik 120 Volt. Sementara, pengisian di lokasi yang memilki outlet 240 Volt, mampu menghasilkan 20 mil per jam.
Saat ini, stasiun pengisian daya tercepat tetap mengharuskan kendaraan di sana 20 menit untuk mampu menyediakan jangkauan tambahan 60 – 80 mil. Pengisian yang lebih cepat belum berkembang karena efek merusak pelepasan lithium atau litium logam yang terbentuk di sekitar anoda baterai, di mana terbentuk ketika banyak listrik yang dikirim dengan cepat.
Studi untuk memecahkan masalah ini dengan cepat memanaskan baterai hingga 140®F (60®C) dalam 30 detik dan mempertahankan suhu itu selama pengisian. Solusinya berbentuk foil nikel yang dipasang pada baterai, beroperasi pada suhu yang lebih tinggi hanya untuk waktu yang singkat, yaitu 10 menit.
Dengan sistem ini, tim peneliti menemukan setelah 2.500 siklus pengisian yang mengejutkan, baterai  masih berkapasitas 91,7%. Ini sama dengan setengah juta mil dalam jarak mengemudi, dengan hampir tidak ada lagi waktu yang diperlukan dalam pengisian daripada yang dibutuhkan mengisi bahan bakar kendaraan bertenaga bensin.
Namun, kendala menggunakan EV ada, hingga terobosan itu bisa digunakan masyrakat umum.  Sebagai permulaan, menaikkan suhu baterai dan menstabilkannya menimbulkan masalah lingkungan. Jika baterai erlalu panas, terjadi kerusakan, atau dalam kasus yang jarang terjadi, timbulnya ledakan. Namun, jika suhu terlalu dingin, pelapisan lithium akan terjadi.
Masalah lainnya dari terobosan ini adalah jenis stasiun pengisian cepat yang baru akan dibutuhkan atau yang sudah ada saat ini perlu ditingkatkan. Pada akhirnya, seluruh produsen baterai harus membakukan pelapisan nikel ke dalam desain mereka.

 

( Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/q0fm42463/studi-temukan-solusi-isi-daya-mobil-listrik-lebih-cepat)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita