logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Didukung dana 31.5T Hutama Karya mengebut Tol Trans Sumatera

dapat-dana-rp31-5-triliun-hutama-karya-kebut-tol-trans-sumatera-kyu(ekbis.sindonews.com)-JAKARTA; Progres penyelesaian Tol Trans-Sumatera terus dikebut. Untuk mewujudkannya sesuai target, PT Hutama Karya  atau HK kembali didukung dana dari pihak perbankan dan keuangan dengan total nilai Rp31,5 Triliun.

Dirut HK (Persero), Bintang Perbowo menjelaskan pihaknya dapat dukungan biaya penyelesaian tiga ruas Jalan Tol Trans-Sumatera : Ruas Pekanbaru-Dumai, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang serta ruas Pematang Panggang-Kayu Agung.

 

“Target waktu penyelesaian yang makin dekat, Alhamdulillah kami didukung biaya dari perbankan untuk ruas Pekanbaru-Dumai sebesar 16,8T ; ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan ruas Pematang Panggang-Kayu Agung 14,4 T” ujar  Bintang dalam siaran pers di Jakarta (13/10/18).

Dukungan biaya ini dikukuhkan ke 3 Perjanjian Kredit. Yang pertama untuk pembiayaan 2 ruas jalan tol yaitu ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan ruas Pematang Panggang-Kayu Agung dengan kreditur sindikasi perbankan dan keuangan Bank Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, serta PT Sarana Multi Infrastruktur Rp14,4 Triliun.

Perjanjian kredit juga antara PT HK dengan PT Bank Mega. untuk proyek Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai Rp 12,3T. Selain itu, proyek ini juga didukung pembiayaan lain melalui skema monetisasi Jalan Tol Akses Tanjung Priok oleh Permata Bank, Bank ICBC Indonesia, dan MUFG Bank, Ltd. (Jakarta Branch), serta PT Sarana Multi Infrastruktur Rp4,5 Triliun.

 

Direktur Keuangan HK, Anis Anjayani mengutarakan, penandatanganan Perjanjian Kredit ini menunjukkan dukungan BUMN dan swasta berskala nasional dan internasional terhadap pogram pemerintah untuk percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia (Jalan Tol Trans Sumatera).

Keberadaan Jalan Tol Trans Sumatera bermanfaat besar bagi transportasi logistik dan mobilitas masyarakat Sumatera. Ini karena makin singkatnya perjalanan yang akan menurunkan biaya logistik produk unggulan serta hasil bumi sehingga sumber daya itu terdistribusi dengan baik dengan cepat disertai biaya yang terjangkau.

 

“Waktu tempuh dari Bakauheni-Terbanggi Besar bisa 4 jam jika melalui jalan nasional. Jika lewat tol butuh 1,5 jam. Juga perjalanan Palembang-Indralaya yang awalnya 2 jam, sekarang butuh 20 menit saja lewat tol. Ini menghemat waktu mobilitas orang dan barang di sana,” katanya.

Jalan Tol Trans Sumatera dapat memberi lapangan pekerjaan bagi warga sehingga penyerapan tenaga kerja di Sumatera bertambah. Dibangunnya JTTS juga akan meningkatkan penerimaan negara berbentuk pajak dan meningkatkan daya saing produk2 unggulan melalui Rest Area di JTTS yang nantinya Rest Area di ruas2 Jalan Tol Trans Sumatera sebagian besar untuk Usaha UKM di sekitar ruas tol tersebut.

Sesuai mandat Pemerintah yang dituangkan dalam PP No. 100/2014 yang diperbaharui melalui PP No. 117/2015, Hutama Karya mendapat penugasan pembangunan dan pengusahaan 24 ruas Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 2.770 km, dengan prioritas di 8 ruas kurang lebih 644 km.

 

Ke-8 ruas prioritas itu : Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, Pekanbaru-Dumai, Bakauheni-Tebanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Pematang Panggang-Kayu Agung, Palembang-Tanjung Api-Api, Kisaran-Tebing Tinggi yang ditargetkan selesai akhir 2019. (akr; Rina Anggraeni; Bahan dari : https://ekbis.sindonews.com/read/1345959/34/dapat-dana-rp315-triliun-hutama-karya-kebut-tol-trans-sumatera-1539424565)-FatchurR *

One Response to Didukung dana 31.5T Hutama Karya mengebut Tol Trans Sumatera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita