logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Dengan Tower Tempurung Kelapa-Desa Lewoawan luncurkan Website

Tower Tempurung Kelapa-Desa Lewoawan Flores(seword.com)-Sebelumnya ada tulisan memuat opini tentang Tower Tempurung Kelapa di Desa Lewoawan Kec-Ilebura Kab-Flores Timur Propinsi NTT. Karena tidak memiliki jaringan seluler, warga Lewoawan membuat tower tradisional dari tempurung kelapa.

 

Tower ini dari tiang kayu setinggi ± 1 meter. Tiang kayu ditancapkan di atas tanah lalu ujung atasnya dipasang tempurung kelapa digunakan untuk meletakan HP atau telepon seluler milik warga. Berbekal tower tempurung kelapa, Desa Lewoawan kembali menggebrak meluncurkan website desa (8/917).

 

Proses launching disaksikan warga dan dihadiri Bupati Flores Timur dan jajaran pemerintahan. Untuk prestasi inilah Lewoawan ditetapkan sebagai desa pertama (bersama Desa Birawan) di Kab-Flores Timur yang memiliki Sistem Informasi Desa dan Sistem Administrasi Desa menggunakan jaringan internet.

 

Lewoawan jadi satu2nya desa yang tidak punya jaringan telekomunikasi tapi punya website hanya dengan memanfaatkan signal jaringan di area tower tempurung kelapa. Punya website desa dengan signal dari tower umum itubiasa, tapi dengan signal dari tower tempurung kelapa itu baru luar biasa.

 

Keterbatasan akses jaringan tidak jadi halangan warga dan aparat Desa Lewoawan memajukan desa agar lebih baik. Buktinya, saat desa lain di Flores Timur terlena dalam arus konsumerial penggunaan jaringan yang tidak tepat guna, Lewoawan menginspirasi dengan mengembangkan sistem informasi dan administrasi desa.

 

Website Desa Lewoawan seakan pukulan telak bagi desa2 lain di Flores Timur. Lewoawan kini bisa berbicara lebih banyak meski dunianya sebatas di ujung tower tempurung kelapa. Ada signal atau ke kota Larantuka website dan data kami pasti on dan tak ada signal maka website dan data kami pasti off (Flores Pos, 11/09/17). Ini menyiratkan Lewoawan butuh jaringan.

 

Yang dibutuhkan tidak pergi ke mana2 tapi dimanfaatkan cari informasi dan untuk menyelesaikan administrasi desa. Informasi penting nantinya diolah dan dimanfaatkan untuk memperluas pengetahuan terkait pengembangan seluruh sumber daya yang ada di Desa Lewoawan.

 

Untuk urusan pemerintahan, jaringan telekomunikasi perlu untuk mengolah data administrasi desa misal laporan bulanan dan keuangan. Meski jaringan bersumber dari area tower tempurung kelapa, tapi Lewoawan selangkah lebih maju mendukung kebijakan2 dan program pembangunan yang diusahakan pemkab, Pemprop dan pusat.

 

Meski punya tower tempurung kelapa, warga dan pemdes berharap ke depan pemerintah dapat membangun tower umum di Lewoawan. Agar niat itu terealisasi warga mempersiapkan dan bersedia membebaskan lahan untuk keperluan pembangunan tower. Jadi kita tunggu tanggapan pemerintah.

 

Penulis yakin jika harapan warga dikabulkan maka Lewoawan kelak jadi pionir utama kebangkitan desa2 di Flores Timur dalam pembangunan. Tower tempurung kelapa Lewoawan membuat bangga Flores Timur, cukup dengan satu tower umum Lewoawan pasti bikin bangga Indonesia.

 

Bupati Flores Timur, Antonius Hadjon mengapresiasi upaya pemdes Lewoawan dan Desa Birawan dalam meluncurkan website desa. Ini luar biasa. Kita harap apresiasi dan perhatian pemkab tidak sebatas wacana yang viral. Langkah dan terobosan sebaiknya segera dilakukan mengingat Lewoawan dan Birawan ini aset berharga untuk contoh untuk memandu desa2 lain agar ikut mengejar ketertinggalan.

 

Ada yang beropini terkait prestasi Desa Lewoawan. Tetapi karena penulis pernah ada di sana maka penulis tahu siapa dan seperti apa warga desa Lewoawan. Penulis sudah merasakan signal dari area tower tempurung kelapa maka penulis yakin yang terjadi di Desa Lewoawan, itu awal apalagi kini semua mata tertuju pada Lewoawan, website desa dan tower tempurung kelapanya.

 

Bukan tidak mungkin jika pemkab mengabaikannya, di masa2 mendatang Lewoawan kembali menggebrak dengan membangun sendiri tower telekomunikasi impiannya. Akses informasi seputar desa Lewoawan, kunjungi: http://www.desalewoawang.com/index.php/first; Bahan dari Emanuel Doren; https://seword.com/sosbud/gunakan-tower-tempurung-kelapa-desa-lewoawan-luncurkan-website-desa)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita