logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Demonstran Malaysia yang sekaligus kelola sampah

Demonstran Malaysia yang sekaligus kelola sampahKuala Lumpur – Ribuan demonstran yang menamakan diri Bersih 4.0 beraksi meminta PM Najib Razak menanggalkan jabatannya karena isu skandal korupsi. Mereka berdemo di daerah Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (30/8/2015).

Pantauan detikcom di lokasi, meski jumlah massa ada ribuan, sampah-sampah bisa dibilang hampir tidak ada. Bagaimana bisa? Sementara di Jakarta, demonstrasi selalu meninggalkan sampah.

Para aktivis Bersih 4.0 ternyata telah memikirkan soal sampah ini. Mereka membentuk tim sendiri untuk mengumpulkan sampah. Di sepanjang lokasi demonstrasi, tersedia banyak kantong-kantong plastik besar untuk menampung sampah.

Ada puluhan orang yang bertugas untuk memunguti sampah-sampah yang tercecar. Sampah-sampah itu kemudian diikat rapi, dikumpulkan di suatu tempat, untuk kemudian diangkut oleh mobil pembawa sampah.

Ada pula orang yang ditugasi untuk membawa poster-poster dan berkeliling. Di poster itu tertulis peringatan agar massa menjaga kebersihan lingkungan dan selalu membuang sampah ke tempat yang disediakan.

Selain itu, ada pula orang-orang yang ditugasi mencari volunteer. Para volunteer ini jika bersedia akan ditugasi memunguti sampah dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Tampak banyak pemuda pemudi yang bersedia melakukannya.

Salah satunya Nara (27), mahasiswi ini rela berputar-putar memunguti sampah. Dia bahkan berani malu karena di bagian punggungnya terpasang karton yang bertuliskan ‘I am your walking rubbish bin’.

“Saya senang-senang saja memunguti sampah. Demonstrasi sudah seharusnya dilakukan dengan tertib dan tidak merusak. Saya juga selalu mengingatkan semua (massa) supaya tidak merusak fasilitas publik, dan menginjak tanaman hidup,” ucap Nara. (bar/rna; http://m.detik.com/news/berita/3005057/keren-begini-cara-demonstran-anti-pm-najib-di-malaysia-kelola-sampah)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita