logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Dek kapal luasnya 10x Lapangan bola

LONDON – Kapal pengangkut mobil (transporter) terbesar berkapasitas angkut 8.500 kendaraan dan punya ruang dek ukuran 10x lapangan sepakbola tiba di Inggris dalam pelayaran perdananya dari Tiongkok. Hoegh Target, pengangkut mobil dan truk terbesar di dunia ini bersandar di pelabuhan Tyne and Wear, Inggris.

 

Kapal dengan 14 dek (panjang 200 Mt dan lebar 36 Mt), punya ruang dek 71.400 M2 dan jika semua mobil bisa dibawa dari ujung ke ujung, akan membentang sepanjang 26 mil. Transporter ini berpintu yang jauh lebih besar, berarti dapat memasukkan kendaraan setinggi 6,5 Mt dan lebar 12Mt.

 

Buritannya dapat menyimpan 375 ton kargo, setara berat 75 ekor gajah dewasa. Menurut Daily Mail, kapal pembawa mobil terbesar ini terdaftar di perusahaan Norwegia Hoegh Autoliners, dan resmi diluncurkan bulan Juni dan telah berlayar dari Xiamen, Tiongkok ke Inggris melalui pelabuhan di Korea Selatan, Jepang, Italia, Spanyol, Belanda, dan Belgia.

 

Hoegh Target, yang akan beroperasi pada jalur pelayaran Asia Timur ke Eropa, kini akan berlayar kembali ke Tiongkok melalui Afrika dan Oseania. (rtw; ful; http://news.okezone.com/read/2015/08/26/18/1202870/luas-dek-kapal-raksasa-ini-sepuluh-kali-lapangan-sepakbola)-FatchurR

——————

 

Info Pengetahuan lainnya dapat anda ikuti terus :

  1. Sang jenius dari ITB
  2. Kim Jong Un naik KA
  3. Mobil tanpa sopir milik Google di stop Polisi

——————

Sang jenius dari ITB
Sang jenius itu kini jadi buruan konglomerat dunia bisnis perminyakan dan universitas2 kelas wahid pun tak ketinggalan mengincarnya supaya bisa hadir di kampusnya untuk menggelar kuliah umum. Termasuk media elektronik pun berlomba-lomba mengundangnya untuk acara Talk Show.

Orang Tasikmalaya ini berhasil memecahkan rumus matematika Persamaan Helmholtz yang membelenggu pakar IPTEK selama 30 tahun tak seorang pun mampu. ‘’Banyak pakar yang menghindari penelitian memecahkan rumus Helmholtz ini karena sangat sulit’’ kata sarjana yang ‘cum laude’ S1 dan S2 di ITB ini.
Ketika lanjut s3 nya di Belanda, dosen penerbangan dari ITB ini, tertantang oleh perusahaan minyak Shell yang minta bantuan DUT Delft University of Technology memecahkan rumus Helmholtz. Setelah meriset dan menghabiskan 6 milyar dibiayai Shell, berkat kejeniusannya rumus itu mampu dipecahkan, yang mencengangkan dunia, dan mendapat ucapan selamat dari universitas di Eropa, Israel dan USA.

Berdasar temuannya ini membuat banyak perusahaan minyak dunia senang dan minta bantuannya. Pasalnya, dengan rumus itu mereka dapat 100 kali lebih cepat dalam menemukan sumber minyak di perut bumi melalui gelombang elektromagnetik yang dipantulkan dari perut bumi dengan akurasi tinggi.
Andai Yogi mematenkan temuannya, mungkin ia dapat uang besar. Tapi ilmuan muda Yogi Ahmad Erlangga menolak menamakan termuannya itu dengan ERLANGGA EQUATION. Mematenkan ini akan menghambat perkembangan IPTEK selanjutnya. Thesis S3 yang disusun di Jurusan Matematika kampus yang sama di Delf, terpilih sebagai thesis terbaik di Belanda oleh MNC.

“Saya ingin temuan ini dimanfaatkan sebesar2nya bagi perkembangan IPTEK, karena itu hak manusia. Hak ini bisa dijamin jika ilmu dimiliki publik dan bersifat open source ”. Industri yang bisa mengaplikasikan rumus ini : Industri radar, penerbangan, kapal selam, penyimpanan data dalam blue ray disc (keping DVD super yang bisa memuat puluhan gigabyte data), dan aplikasi pada laser. Serta ilmu lain berkaitan dengan gelombang elektromagnetik.

Buku mengenai persamaan Helmholtz yang dibuatnya saat di Belanda, laris manis. ‘’Tinggal satu (buku) dan saya tak punya fotokopinya lagi,’’ Khusus untuk ITB, pria kalem kelahiran Tasikmalaya 8/10/1974, obsesinya adalah ingin ITB bisa lebih besar lagi. Minimal, ITB menjadi PT terbesar dan berpengaruh di Asia. Karena, kalau hanya terbesar di Indonesia, sejak dulu juga sudah begitu. Serta Ingin melihat bangsa Indonesia maju dihormati bangsa lain.

‘’Saya pun masih terobsesi pribadi. Keinginan saya melakukan penelitian tentang pesawat terbang yang jadi spesialisasinya Aeronotika dan Astronotika, perminyakan, dan biomekanik,’’ kata pemenang penghargaan VNO-NCW Scholarship dari Dutch Chamber of Commerce itu yang selalu shalat lima waktu di masjid.

Dr. Yogi Ahmad Erlangga, kini Dosen di Alfaisal University, Riyadh, Arab Saudi ini dapat julukan Habibie Muda karena penemuannya spektakuler di bidang matematika. Kehadiran Dr. Yogi AE yang berkarya di Alfaisal University, Riyadh, Arab Saudi juga merupakan kebanggaan bagi Kedubes RI di Arab Saudi.

Dulu, BJ Habibie menemukan rumus yang mampu mempersingkat prediksi perambatan retak hingga mendapat julukan Mr. Crack. Banyak industri penerbangan di berbagai negara memakai rumus penemuan Habibie, termasuk NASA di AS, kini, Dr. Yogi meneruskan kehebatan Habibie dengan menemukan dan memecahkan rumus persamaan HELMHOLTZ. (Aris Munadi-72; dari akunnya I Nyoman Sardjana Dwijaksara, [FatchurR] ·
—————

 

Kim Jong Un naik KA

Merdeka.com – Penumpang kereta di Chicago, AS, dibikin heboh lantaran ada Kim Jong Un tengah bermain ponsel di dalamnya. Setelah diselidiki, rupanya dia bukan pemimpin Korut asli, melainkan mahasiswa asal Korsel yang memakai baju dan memiliki potongan rambut sama dengan Kim.

 

Foto pria ini tersebar luas di Imgur usai diunggah pengguna kereta. Dalam foto itu, Minyong Kim berperawakan mirip diktator Korea Utara itu. Saksi mata menyebut, Minyong berkali-kali mengajak penumpang dan orang yang ditemuinya untuk berswafoto. “Dia sering ajak orang lain berfoto selfie” ucap seorang saksi mata, dilansir dari surat kabar Daily Mail, (8/11).

 

Minyong mengaku ke orang lain jika dia Kim Jong Un asli. Dan mereka percaya. “Ada yang tanya pada saya, mengapa kamu datang ke AS? Saya jawab Kim Jong Un adalah penggemar berat Chicago Bulls. Dan mereka percaya,” ucap Kim Jong Un palsu. Pada koran USA Today, Minyong mengaku dia stres dengan kehidupan di kampusnya, Universitas Illinois. Menurut dia, kehidupan kuliahnya terlalu serius.

 

“Kehidupan kampus keras dan membuat stres. Makanya saya ingin membuat orang tertawa, walau 10 detik, saya senang dengan itu,” lanjut pria 25 tahun ini. Kini Minyong terkenal lantaran sering berpakaian mirip diktator itu. Memang perawakannya mirip bukan (ARD; http://www.merdeka.com/dunia/heboh-kim-jong-un-naik-kereta-di-as.html)-FatchurR

————

 

Mobil tanpa sopir milik Google di stop Polisi

KOMPAS.com-Sebuah mobil otomatis yang melaju tanpa sopir dihentikan dan dimintai keterangan oleh polisi di Mountain View, Amerika Serikat. Mobil milik Google ini dihentikan oleh polisi dengan alasan bergerak terlalu lambat.

Seorang bernama Zandr Milewski memotret peristiwa itu dan mengunggahnya ke FB. Penilangan itu pun menjadi viral dan dikomentari banyak orang. Dalam foto hasil jepretan kamera Milewski terlihat polisi berdiri di samping mobil otomatis Google. Tampak polisi itu seolah akan menilang pengendara.

Dilansir KompasTekno dari Business Insider (13/11/15), pria itu mengatakan sempat tanya ke orang yang menumpang di mobil otomatis itu ketika polisi menghentikan laju kendaraan. Menurut dia, polisi menghentikan mobil ini karena bergerak terlalu lambat. Saat mobil berhenti, sang penegak hukum cuma hendak bertanya mengapa mobil berjalan begitu lambat.

Ada kemungkinan bahwa Mountain View Police Department tak punya kategori Neighborhood Electric Vehicle (NEV) untuk menyebut mobil otomatis itu. NEV biasanya digunakan untuk mengklasifikasikan kendaraan yang geraknya sengaja dibatasi lebih lambat, misal mobil listrik atau mobil otomatis. Kendaraan buatan Google itu diuji coba sehingga kecepatannya dibatasi maksimal 40 km per jam.

Raksasa mesin pencari ini langsung menanggapi peristiwa ini via akun Google Plus khusus untuk Self-Driving Car Project. “Kami ingin (mobil otomatis) lebih ramah dan mudah didekati ketimbang membuatnya ngebut. Namun, seperti yang terjadi pada petugas polisi, kadang ada orang yang menghentikan karena ingin tahu lebih lanjut mengenai proyek kami,” tulis Google.

“Setelah 1,2 juta mil perjalanan mobil tanpa sopir (setara orang berpengalaman mengemudi 90 tahun), kami bangga tidak pernah ditilang,”. (Yoga Hastyadi Widiartanto; Reza Wahyudi; Bussiness insider dan http://tekno.kompas.com/read/2015/11/13/13160087/Ketika.Mobil.Tanpa.Sopir.Milik.Google.Distop.Polisi)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita