Cisco ajak wirausahawan ikut IoT

Innovation Grand ChallengeJakarta Cisco mengajak inovator, wirausahawan dan UMKM di Indonesia untuk berpartisipasi di ajang Internet of Things (IoT) Innovation Grand Challenge. Ajang kompetisi global ini bertujuan mengakui, mempromosikan, dan mengakselerasi adopsi dari terobosan teknologi dan produk yang diciptakan oleh bisnis startup (usaha kecil) yang akan dapat berkontribusi dalam pertumbuhan dan evolusi dari IoT.

 

Ichwan F Agus, interim country manager Cisco Indonesia, percaya bahwa IoT Innovation Grand Challenge menjadi kesempatan besar bagi startup di Indonesia untuk dapat bersaing secara global dan membawa IoT di Indonesia selangkah lebih maju.

 

“Dengan pesatnya penetrasi internet dan perkembangan infrastruktur yang terjadi di Indonesia, saya percaya bahwa IoT Innovation Grand Challenge tidak hanya akan menyediakan kesempatan besar bagi inovator dan startup, tetapi juga akan membantu mendorong pertumbuhan TIK dan digital di Indonesia.

 

Kami berharap wiraswasta dan perusahaan startup di Indonesia dapat memanfaatkan kesempatan ini dan turut ambil bagian dalam membentuk masa depan internet dan konektifitas,” ujar Ichwan dalam siaran pers, akhir pekan lalu.

 

Wiraswasta dan startup tengah tumbuh pesat di Indonesia. DailySocial.net pernah menyatakan, jumlah startup lokal di Indonesia pada 2013 telah melewati 1.500 perusahaan. Sebuah survei dari BPS pada Februari 2014 memperlihatkan, ada 44,2 juta orang yang menjadi wirausahawan, dari 118,17 juta orang yang bekerja di Indonesia.

 

Salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan startup di Indonesia adalah peningkatan penetrasi internet. Penelitian Cisco VNI yang terbaru memprediksikan bahwa Indonesia akan menjadi negara kedua dengan pertumbuhan lalu lintas IP tercepat di dunia dengan laju pertumbuhan sebesar 37%, dan dengan jumlah pengguna internet pada 2018 diperkirakan mencapai 164 juta.

 

Dengan penetrasi internet dan konektivitas yang semakin bertumbuh dan berkembang, wiraswasta dan startup di Indonesia juga diharapkan turut bertumbuh pesat. Kompetisi ini, yang dimulai pada 21 April 2014, merupakan kompetisi terbuka untuk proposal yang singkat dan tidak bersifat rahasia yang mendemonstrasikan ide atau solusi potensial untuk memajukan inovasi IoT.

 

Para peserta harus menyerahkan outline singkat dari ide teknologi, aplikasi, produk, atau prototype dalam Bahasa Inggris. Terbuka untuk perorangan, tim, ataupun entitas hukum, proposal dan ide harus termasuk dalam salah satu dari lima kategori.

 

Tiga pemenang dari Internet of Things Grand Challenge for Startups akan mendapatkan uang hadiah dengan total US$ 250.000 yang dapat digunakan untuk mendukung bisnis mereka yang ada dan yang akan datang dan yang akan berkontribusi di industri IoT.

 

(Penulis: OVI/FER; Sumber: Investor Daily; http://www.beritasatu.com/iptek/193906-cisco-ajak-wirausahawan-ikut-kompetisi-iot.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita