logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Canggihnya pembatas Jalan yang mau dipasang Ridwan Kamil

roller barrier(oto.detik.com)-JAKARTA; Gubernur Jabar Ridwan Kamil tengah mempertimbangkan penggunaan teknologi pembatas jalan modern di sejumlah ruas jalan di daerah Jabar. Hal itu untuk mengurangi kecelakaan di ruas2 jalan provinsi Jawa Barat.

Pagar mirip tong ini memiliki tabung silinder yang bisa berputar. Pagar mengubah energi tabrakan linear jadi energi rotasi sehingga mobil jadi melipir kesamping ketimbang terus ke depan. Teknologi pembatas jalan ini dikembangkan perusahaan asal Korsel, ETI ltd. Dan sudah digunakan di jalanan Korsel dan negeri jiran, Malaysia, sejak 2016.

 

Seperti apa cara kerjanya? Dilansir highways.today, teknologi pembatas jalan ini menggunakan besi dan roller, komponen utamanya. Jadi, saat terjadi kecelakaan, sistem pembatas roller ini menyerap energi benturan, dan mengubah energi itu jadi energi rotasi, lalu mendorong kendaraan, kembali ke jalurnya.
Roller-nya terbuat dari serat polymer, Ethylene-Vinyl Acetate (EVA), yang kuat dan diklaim punya daya serap kejut yang baik. EVA juga diklaim memiliki fleksibilitas dan elastisitas yang unggul dibandingkan bahan vinil polietilen lain.
Pembatas roller ini memiliki warna kuning menyala, sehingga bisa dilihat jelas di malam hari. Perawatan teknologi pembatas ini cukup mudah. Hanya perlu mengganti setiap unit roller yang rusak karena benturan atau faktor lain.

Dibanding sistem pembatas konvensional, teknologi ini lebih aman diaplikasikan di ruas2 jalan rawan kecelakaan. Pasalnya jika menggunakan pembatas beton atau besi saja, kendaraan yang mengalami benturan akan rusak berat, karena energi benturan tidak terserap baik.

Belum lagi jika pembatas itu tak mampu menahan efek benturan, maka kendaraan berpotensi masuk jurang, utamanya jika pembatas jalan itu di tikungan curam. (dry; dry; Luthfi Anshori; Bahan dari : https://oto.detik.com/berita/d-4207396/seberapa-canggih-pembatas-jalan-yang-mau-dipasang-ridwan-kamil)-FatchurR *

One Response to Canggihnya pembatas Jalan yang mau dipasang Ridwan Kamil

  • Harry Reksosamudra says:

    Pembatas jalan roller yg sdh dipakai di Korsel, praktis sdh melalui uji coba, jadi tinggal mendatangkan dan lgs dipasang. Memperhatikan tehnis yg dibicarakan, masuk akal bisa memperingan resiko lbh fatal jk tdk diredam oleh roller EVA nya. Barusan di Web jg ada tong sampah di import dr Jerman, yg ini dr Korsel, mudah2an bisa diproduksi sendiri, shg tdk perlu keluar devisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita