Buah Kesemek

pohon dan buah kesemekIngat rasanya Kesemek? Lebih dari 50 tahun saya tidak mencobanya lagi. Ketika istri membawa buah yang harganya empat biji dua ribu ini, saya coba mencicipinya pelahan-lahan. Teksturnya terasa lebih berpasir dari apel, tapi rasa pasirnya nyaris tidak terasa.

 

Tidak seperti buah Tanjung yang kesat. Ada rasa sawo, bila dibelah mirip sawo yang tidak berbiji. Warna buah yang masak, kuning jingga menyala, jauh lebih “inviting” dari pada buah apel. Menggigit buah Kesemek mengingatkan saya menggigit Bengkoang, hanya buah ini jauh lebih manis dari Bengkoang.

 

Kandungan airnya pun seimbang dan sak-madya tidak seperti Bengkuang yang sangat berair. Alhasil, menurut lidah saya, Kesemek ini sintesa dari buah-buah Apel, Sawo, Tanjung dan Bengkoang.

 

Beberapa kandungan buak kesemek, yaitu :

  • 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa,
  • 0,7% protein, vitamin A dan kalium.
  • Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker,
  • Phytochemical lutein, betakaroten dan serat.
  • Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung.
  • Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengeluarkannya dari saluran cerna

 

Zat tanin (dinamai tanin-kaki) terkandung dalam buah kesemek yang muda sehingga menimbulkan rasa sepat. Zat tanin ini akan berkurang seiring dengan masaknya buah.

 

Zat tanin-kaki ini dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi. Sedangkan zat-zat lain yang terkandung dalam buah kesemek dipercaya mampu menjadi obat berbagai penyakit seperti asma, batuk, dan sakit perut.

 

Berikut beberapa manfaat dari buak kesemek yang baik untuk kesehatan yaitu :

  1. Mencegah pengerasan pembuluh darah
  2. Menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang normal
  3. Mencegah kanker
  4. Menghambat proses penuaan dini
  5. Tepeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah adalah kunci utama terpeliharanya kesehatan jantung.
  6. Menyehatkan paru-paru
  7. Menguatkan limpa
  8. Menjaga agar tubuh tetap langsing

 

Zat serat yang terdapat dalam sebutir kesemek berjumlah dua kali lebih banyak dibandingkan yang terkandung dalam sebutir apel. Tentunya sangat baik dikonsumsi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Begitu juga dengan kandungan vitamin dan mineral kesemek, kesemek lebih tinggi dari apel.
Sadhono Hadi; Creator of Fundamen Top40; Visit http://fundamen40.blogspot.com dan http://rumahkudidesa.blogspot.com serta http://tanamanbuatobat.blogspot.com/2013/02/kandungan-dan-manfaat-buah-kesemek.html)-FatchurR

One Response to Buah Kesemek

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Puji TUHAN, buah yang murah harganya ini ternyata lebih tinggi nilai gizi nya dari Apel. Dan pasti buah kesemek tidak pakai pestisida untuk menyelamatkan panen petaninya dan mencelakai manusia pemangsanya sepeti halnya buah apel. Apel dan buah mahal lain dipasaran, bagaimanapun keberhasilan panennya harus ditunjang oleh pestisida, jadi ada bahaya kalau memakannya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita