logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Brebes dan Fenomena produsen telur asin

Brebes dan Fenomena produsen telur asin(regional.kompas.com)-Brebes, salah satu kabupaten di Jateng, di jalur pantai utara Jawa berbatasan  dengan Jabar. Meski masuk wilayah Jateng, penggunaan bahasa wilayah ini berbeda. Penduduk Brebes ber Bahasa Jawa Brebes dan juga menggunakan Bahasa Ngapak.

 

Biasanya tiap daerah punya kekhasan, makanan dan kearifan lokal. Makanan, Brebes dikenal penghasil telur asin terbesar di Indonesia. Telur asin akrab bagi lidah masyarakat dan sering dipadukan dengan aneka jenis makanan, untuk pendamping atau lauk utama. Tak heran perkembangan distribusi telur asin di Brebes sampai ke wilayah2 di Indonesia.

 

Tiap satu telur asin, terdiri dari 137 kalori, 10,23 gram lemak, 1,08 gram karbohidrat dan 9,51 gram protein. Brebes dan telur di program Kompas TV, “Food Story”, sejarawan Wijanarko mengemukakan Brebes menghasilkan produk telur asin ke wilayah2 Indonesia sejak dulu. “Menurut daag register (catatan harian) di Pelabuhan Tegal, Brebes menyumbang telur bebek bahan telur asin sejak 1820-an”

 

Berawal dari Brebes inilah hasil2 pengasinan telur itu dikirimkan ke Batavia dengan kapal. Bersama dengan Tegal, Brebes tercatat sebagai produsen telur asin yang besar ke Batavia.

 

Sesampai di Batavia, makanan ini dikonsumsi atau diperjuabelikan. Awalnya, kondisi sosial dan ekonomi di Brebes butuh ketahanan pangan. Masyarakat butuh makanan yang awet disimpan lebih dari satu minggu. Mereka menguji coba untuk mengawetkan makanan dengan teknologi masa itu. Dan mereka buat teknologi pengasinan telur.

 

Telur yang diasinkan tak merusak kadar gizi, hanya menambah kadar garam. Cara ini menghilangkan aroma amis pada telur. Masyarakat Brebes dan Tionghoa bisa menghasilkan telur asin yang berguna untuk sektor pangan. Selain itu, telur asin ini juga bernilai religius bagi masyarakat Tionghoa.

 

“Telur asin juga untuk keperluan ritual persembahyangan masyarakat Tionghoa.” ucap Wijanarko. Karena tercatat memiliki daya tahan dan keperluan ritual persembahyangan, makanan ini lantas dikembangkan dan diproduksi berjumlah besar. Produk telur asin dari Brebes berkriteria tersendiri. Biasanya, telur asin Brebes berwarna kuning keputihan atau ke-biru2an.

 

Setelah saat itu, Brebes terkenal sebagai penghasil telur asin. Tak hanya dijual ke Jakarta, produksi ini mulai diperkenalkan ke wilayah. Sampai saat ini, penjaja telur asin berjejer di sepanjang jalan kota Brebes. Varian telur asin juga ber-macam2, telur asin mentah, matang, bakardan beraneka rasa.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Brebes dan Fenomena Penghasil Telur Asin…”, Penulis : Aswab Nanda Pratama; Editor : Bayu Galih; Bahan dari : https://regional.kompas.com/read/2018/10/11/16351341/brebes-dan-fenomena-penghasil-telur-asin -FatchurR

One Response to Brebes dan Fenomena produsen telur asin

  • Harry Reksosamudra says:

    Yg biasa mkn telur bebek asin, mengenal betul kriteria warna kulit luarnya, yg berwarna agak pucat itu pengasinan dg cairan garam yg dikombinasi bahan lain dan warna kuning telurnya terang. Sedang yg dg cara proses lama, dipakai batamerah halus campur garam yg dilapiskan agak tebal pd telurnya, hasilnya lebih gurih rasa kuning telurnya, juga kulit luarnya berwarna biru laut. Cara kedua ini dibutuhkan waktu 21 hari agar pengasinan sempurna yg bisa diketahui dari kuning telurnya sedikit berminyak (masir), yg model rendaman hanya butuh 4/5 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita