logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Bis Suroboyo serba otomatis dan bisa bayar dengan sampah

Bis Suroboyo serba otomatis dan bisa bayar dengan sampah(news.detik.com)-Surabaya-Selain diharapkan mengurangi kepadatan dan sampah plastik, Bus Suroboyo juga punya keunggulan lain yakni tetap berjalan meski traffic light menyala merah.

“Bus Suroboyo aman saat melintas. Artinya, transportasi massal ini terintegritasi sistem pengaturan lalu lintas jalan. Sebab, lampu lalin otomatis berubah jadi hijau jika bus ini melintas. Pusat kontrol ada di Terminal Bratang dan Joyoboyo,” kata Kadishub Kota Surabaya Irvan Wahjudrajat di sela soft launching Bus Suroboyo di Gedung Siola, (7/4/18).

Bus Suroboyo dilengkapi 12 kamera CCTV pada bagian dalam dan 3 kamera CCTV yang disematkan pada bagian luar. Keberadaan kamera2 ini memberi rasa aman bagi penumpang. Pintu bus dilengkapi sensor sehingga jika ada penumpang yang menghalangi, pintu tidak akan tertutup dan bus tidak berjalan.

Bus dengan lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter dilengkapi tombol darurat jika terjadi kebakaran atau kecelakaan. “Pengemudi bus dapat menekan tombol dan alarm akan berbunyi lalu pintu bus akan terbuka secara otomatis,” ungkap Irvan.

 

Selain nyaman dan memiliki berbagai macam manfaat, bus ini ramah untuk penyandang difabel, lansia dan ibu hamil. Bus Suroboyo juga dilengkapi tombol khusus dekat pintu masuk jika dipencet, asisten pengemudi akan membantu penyandang difabel masuk ke dalam bus.

“Suroboyo bus didesain low entry (tinggi pintu masuk yang rendah); ketinggian pintu sejajar dengan pedestrian”. Untuk rute bus, mulai dari arah selatan ke utara (terminal Purabaya hingga Halte Rajawali), begitu pula sebaliknya dari halte Rajawali menuju terminal Purabaya.

“Bus akan beroperasi mulai pukul 6 pagi hingga 10 malam dilengkapi aplikasi GoBis untuk melihat jadwal kedatangan bus di setiap halte, asal dan tujuan, hingga posisi bus berada,” ujar dia.

Bus dengan kapasitas 67 orang ini dilengkapi dengan handle untuk pegangan penumpang serta warna bangku penumpang untuk laki-laki dan perempuan. Pada bagian depan berwarna merah muda untuk kaum hawa sedangkan bagian belakang berwarna oranye untuk laki-laki.

 

“Pemisahan area ini untuk meminimalisir tindak pelecehan seksual di bus,” pungkas dia. (Harry rekso Samudro-A61 sumber : ze/trw;  Zaenal Effendi;  https://news.detik.com/jawatimur/3958740/keunggulan-bus-suroboyo-serba-otomatis-dan-bisa-bayar-pakai-sampah)-FatchurR

One Response to Bis Suroboyo serba otomatis dan bisa bayar dengan sampah

  • Harry Reksosamudro says:

    Era nyaman Mass Rapid Transport buat rakyat banyak, mmg sdh sejak lama diadakan, koq nunggu angka keramat ke 7 baru terselenggara.
    Kecanggihan tehnologi serta karya pemerhati pelayanan publik serta goodwill Pemerintah, bisa terselenggaranya BUS SUROBOYO yg begitu istimewa melayani pengguna bis angkutan kota. Salut buaf bu Risma, terima kasih bu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita