logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

BIJB Kertajati bakal terhubung 2 Tol dan Kereta Api

bandara kertajati 2018(finance.detik.com)-Jakarta; Jika teman2 Alumni akan ke Bandung, ada pilihan2 selain naik Bis, KA, Juga  Bandara bandung, Bandara Soetta atau via Bandara Internasional Kertajati di Majalengka Jabar yang akan beroperasi-2018 ini. Bandara ini akan didukung konektivitas intermoda  darat, laut dan KA api.

Dirjen Hubdar Udara Kemenhub, Agus Santoso, mengatakan berkaitan dengan intermoda, letak Kertajati strategis karena dekat Pelabuhan laut Patimban yang kini tengah dikerjakan pembangunannya. Selain itu, akses ke bandara via darat, akan dimudahkan adanya jalan tol Cipali bagi masyarakat Jakarta dan jalan tol Cisumdawu yang tengah dibangun, bakal jadi akses untuk masyarakat Bandung.

 

Kereta api, akan dibuat jalur rel kereta dari bandara terkoneksi jalur utama kereta api di Pulau Jawa. Dengan konektivitas ini, diharapkan arus barang dan penumpang makin lancar. Masyarakat pengguna bandara akan semakin nyaman mengakses bandara ini, sehingga keberadaan bandara akan ber-efek positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar dan perekonomian nasional.

“Presiden berulang kali mengatakan untuk meningkatkan perekonomian yang terpenting konektivitas, konektivitas dan konektivitas. Perekonomian akan tumbuh dan meningkat jika konektivitas transportasinya lancar dengan berbagai moda,” ujar Agus tertulisnya (5/4/18).
Potensi industri di Jabar luar biasa. Misalnya di Bandung, pusat industri tekstil, sampai teknologi yang modern seperti silicon valley-nya Indonesia. Dengan adanya bandara ini kemudahan akses di daerah Cirebon, Sumedang, dan sekitarnya akan meningkat dan dapat memacu pertumbuhan ekonominya.

“Jadi keberadaan bandara ini salah satu wujud rasa cinta Pemerintah pada masyarakat Jabar. Pemerintah Pusat melalui Ditjen Hubdar Kemenhub berkontribusi membangun sisi udara seperti runway, taxiway, dan apron, GSE road dengan dana Rp 1 triliunan, beriringan dengan Pemprov Jabar melalui PT BIJB yang membangun sisi daratnya,” sambungnya.

Bandara Kertajati mulai dibangun (2014) dengan pembangunan runway sepanjang 2.500 m x 60 meter dan panjang paralel taxiway 2.750 m x 25 m yang sudah selesai dibangun akhir (2017).

Dengan ukuran runway ini, nantinya bandara ini akan mampu melayani operasional pesawat A330. Runway juga akan dipanjangkan hingga 3.200 m x 60 meter sehingga bisa melayani operasional pesawat sipil terbesar di dunia seperti Airbus A380, Boeing B 747 maupun B 777.
Bandara ini juga punyi apron seluas 397.890 m2, bisa menampung 10 parking stand pesawat jet narrow body. Sisi darat yaitu Terminal penumpang, kini dibangun PT BIJB dan mencapai 95%. Diharapkan Mei selesai. Terminal yang bisa menampung 5,6 juta penumpang / tahun itu selesai dan bisa dioperasikan.

Untuk penumpang dan kargo, Bandara Kertajati juga akan jadi embarkasi haji untuk masyarakat Jabar dan sebagian Jateng. Di kompleks bandara juga akan dikembangkan menjadi aerotropolis dengan akan dibangunnya beberapa industri penerbangan seperti :

 

Industri pembuatan pesawat, industri perawatan dan perbaikan pesawat (Maintenance Repair and Overhaul/ MRO) dan beberapa industri lain. (idr/hns; Muhammad Idris;  Bahan dari :   https://finance.detik.com/infrastruktur/d-3955063/bandara-kertajati-bakal-terkoneksi-2-tol-hingga-kereta-api)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita