logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Benarkah-Kemdikbud akan Blokir Game dan Anime

Benarkah Kemdikbud akan Blokir Game dan Anime(tirto.id)- Setelah ramai berita bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir aplikasi live streaming Tik Tok, Selasa (3/7/2018); beredar kabar lain, Kemdikbud di-sebut2 akan memblokir beberapa game dan anime.

Seorang pengguna FB sempat tanya dalam forum Facebook soal benar tidaknya kabar itu. “Mau tanya apa benar kemendikbud akan memblokir game2 dan anime di pict?” tulis Ilan (4/7/18), sembari menyertakan 2 foto tangkapan (capture). Satu foto tangkapan artikel dengan judul: KEMENDIKBUD: Kami Akan Blokir Beberapa Game Dan Semua Anime”; serta foto salah satu game “Mobile Legends”.

Pertanyaan Ilan di forum itu memunculkan komentar2. Ada yang mendukung pemblokiran itu, tapi ada pula yang informasikan kabar itu hoaks. Selain di FB, akun Twitter @ReckyDR pada 4/7/18, turut membagi foto tangkapan artikel yang sama, dengan komentar: “Latah gara2 kominfo apa2 blokir. Kemendikbud pilih cara yg sama. Begonya udh keterlaluan. Lawak.”

Artinya, informasi ini berpotensi terus menyebar.

 

Fakta

Penelusuran foto tangkapan artikel dari unggahan Ilan itu mengarah pada portal zoneknowledge.com. Artikel berjudul “Kemdikbud: Kami akan blokir beberapa games dan semua anime” ditemukan pada laman itu. Artikel itu tercatat terbit pada 11/11/17. Artinya, informasi ini bukan hal baru.

Selain memberi foto poster berjudul “Larangan Bermain Game & Menonton Anime”, artikel itu dilengkapi logo dan tulisan “Kemdikbud RI” sebagai bukti, juga menjelaskan asal-usul info itu.

“Kabar mengejutkan dari Kemdikbud, dalam postingan FB mereka mengabarkan akan memblokir game2 dan semua anime” demikian nukilan artikel itu. Ada pula daftar game yang akan diblokir serta alasan pemblokiran: “Pemblokiran terhadap game2 itu dilatar belakangi beberapa game yang mengandung unsur2 yang tidak baik bagi jasmani maupun rohani seseorang.”

Artikel tidak lupa menyertakan info daftar situs2 tempat mengunduh anime ilegal yang disebut akan diblokir Kemendikbud. Untuk meyakinkan pembaca, dituliskan juga pengumuman Kemdikbud itu, situs yang diblokir akan terus bertambah. “Laporan akan diberikan dengan cara mengunjungi situs: https://trustpositif.kominfo.go.id/”

Dalam paragraf penutup, tertulis : “Namun sayangnya, postingan itu kini telah dihapus. Dan telah dikonfirmasi dari pihak kemendikbud, postingan itu bukanlah postingan resmi dari pihaknya”.

 

Konfirmasi

Kasubbag Layanan Informasi Kemendikbud, Anandes Langguana, saat dihubungi Tirto (5/7), menyatakan “Kemdikbud tak pernah mengeluarkan statement itu. Ini berita palsu”. Dia memberi link siaran resmi kementerian terkait kasus itu, berjudul “Kemendikbud Laporkan Akun Penyebar Berita Palsu ke Facebook”. Dalam siaran resmi (5/1/17), tertulis:

“Kemendikbud melaporkan akun penyebar berita palsu (hoaks) ke FB. Berita palsu itu disebarkan akun FB bernama ‘Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia’. Akun itu membuat berita palsu, melarang masyarakat bermain game dan menonton anime (animasi atau kartun khas Jepang)”.

Disebutkan pula berita yang dimaksud adalah hoaks lama yang kembali muncul di FB belakaangan ini dan dapat banyak tanggapan dari masyarakat. Selain itu, dijelaskan kewenangan pemblokiran bukanlah kewenangan Kemendikbud.

Danasmoro Brahmantyo Humas Kemendikbud turut mengkonfirmasi ke Tirto (5/7). Poster yang disertakan di artikel atau yang beredar disebut tak sesuai standar yang dilakukan Kemendikbud. “Grafis itu dipastikan palsu. Terlihat dari penggunaan logo Kemendikbud di kanan atas yang tidak sesuai atau belum standar,” tegas Danasmoro.

Selain itu, Kemendikbud bukan pihak yang harus pro-aktif melakukan pelaporan ke Trust+(positif) “Tidak [ada upaya pelaporan itu]. Trust+ itu memfasilitasi masyarakat untuk melakukan pelaporan. Bukan Kemendikbud atau instansi pemerintah,” katanya.

Mekanisme Trust+ (positif) berada dalam ranah kewenangan Kementerian Kominfo. Sampai 5 Juli 2018, tidak ada berita dan informasi daftar game yang disebut dalam artikel dilarang beredar atau diakses.

Laman Samehadaku.net masih aktif dengan mengubah domain jadi Samehadaku.tv. Juga Oploverz, Animeindo dan Animeku.tv, yang masih dapat diakses secara terbuka.

 

Kesimpulan

Berdasarkan pemeriksaan fakta, tak benar Kemendikbud akan memblokir situs2 game dan anime. Info yang beredar itu artikel lama dan masuk kategori berita palsu / hoaks yang kembali muncul di medsos atau ditanya masyarakat. (Frendy Kurniawan; Bahan dari : https://tirto.id/hoaks-kemendikbud-akan-blokir-game-dan-anime-cNzY?utm_source=Aggregator&utm_campaign=5463&utm_medium=Article)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita