Benarkah-Bawang dapat menyerap racun dalam darah(2/3)

Masih bertalian dengaan berita kehebatan Bawang. Berikut cerita yang beredar: Efedemi flu pada (1919) telah membunuh 40an juta orang, dokter2 mendatangi petani mencoba membantu mengobati. Banyak petani dan keluarganya terserang flu dan banyak yang meninggal.

 

Ketika ke peternakan, mereka kaget menemukan penghuni2nya sehat. Dokter bertanya mengapa mereka tidak terserang flu, seorang wanita mengatakan ia menempatkan bawang yang dikupas dalam  piring di tiap ruangan. Dokter tidak percaya dan bertanya apa bisa minta satu bawang untuk diteliti dengan mikroskop. Setelah diteliti, dokter menemukan virus influenza menempel di bawang

 

Keyakinan bawang mampu menyerap virus dan bakteri tidak berdasar ilmiah. Menempatkan bawang di telapak kaki mampu menyerap racun dalam darah tidak masuk akal dan lelucon konyol.

 

Hal yang paling menarik tentang email/WA yang beredar tentang sifat kuratif dan bahaya bawang  bahwa itu memberikan kepercayaan kepada beberapa orang. Apakah masuk akal bawang dapat menarik “kuman” dari tubuh? Tentu saja tidak.

Terminologi bawang sebagai “magnet bakteri” tak masuk akal. Tidak ada makanan yang menarik bakteri, walau beberapa lebih mungkin untuk mendukung pertumbuhan bakteri sekali terinfeksi. Sebuah catatan artikel di website Kitchen The Chemist tentang bawang mampu menarik bakteri, sepakat dengan pandangan Dr Schwarcz.

 

Tidak ada magnet bakteri. Pertama, bakteri memiliki mobilitas minimal. Biasanya bakteri melakukan perjalanan dalam tetesan air, jika itu terkandung. misalnya bersin. Bentukan dapat melepaskan spora yang bisa tertiup pada sekitarnya tetapi bakteri biasanya tumbuh di lingkungan yang lembab dan licin, membuat sulit mendapatkan udara.

 

Kedua, jika ada hal seperti itu sebagai ‘magnet bakteri’ itu akan berguna sangat besar di bidang medis untuk menggambarkan bahwa bakteri jauh buruk dan lebih lemah. (Iwan Rosmawan). Bersambung……….
Monggo lengkapnya klik aja :  (http://www.hoaxes.id/2017/01/bawang-dapat-menyerap-racun-dalam-darah.html)-FatchurR

One Response to Benarkah-Bawang dapat menyerap racun dalam darah(2/3)

  • Harry Reksosanudra says:

    Penemuan dulu yg krn menaruh bawang didlm setiap ruangan rmh, bisa terhindar dr wabah flue, tdk ditemukan korelasinya, jd disebut berita Hoax.
    Lain dg aroma terapi yg melalui pemanasan, menyebar kan partikel2 penyembuh keudara dlm ruang tertutup, msh berlogika bisa berdampak buat kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita