logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Batam CS Tidak Lagi Bebas Cukai

Batam CS Tidak Lagi Bebas Cukai(finance.detik.com)-JAKARTA; Pemerintah menyatakan tak lagi membebaskan cukai di free trade zone (FTZ) atau zona perdagangan bebas. Ada pertimbangan2 sehingga pemerintah tidak membebaskannya. Itu disampaikan Dirjen Bea dan Cukai Kemenkeu Heru Pambudi di Kemenkeu Jakarta, (16/5/2019).
“Yang terkait barang kena cukai betul fasilitas barang kena cukai selama ini diberikan untuk FTZ ada Batam, Bintan, Karimun, Pinang akan tidak lagi diberikan. Dasarnya rekomendasi KPK dan review pemerintah” kata Heru.

 

Pertimbangannya “Pertama dari sisi legal framework UU cukai tak pernah membebaskan pada prinsipnya cukai adalah pengendalian. Karena justru dengan memberikan pembebasan terbalik dari filosofi cukai,” ujarnya.
“Kedua PP FTZ memberi ruang karena di situ kalimatnya untuk konsumsi diberikan pembebasan. Kombinasi dua legal framework kita analisa dan kita simpulkan pembebasan barang kena cukai untuk FTZ tidak tepat, rokok sama minuman” sambungnya.

 

Pertimbangan kedua dari sisi operasional. Menurut Heru, dari analisa lanjutan, barang yang dibebaskan cukai malah mengalir ke wilayah2 sekitarnya.
“Kedua sisi review operasional, kita sudah ndapat informasi sebelumnya termasuk dari KPK, kota2 yang dikeluarkan menurut analisa terlalu banyak atau over kuota. Dampak dari over kuota, itu mengalirnya barang2 keluar FTZ, terutama dari Batam case rokok dari Batam ke pesisir timur Sumatera,” ujarnya.
“Dari dua aspek utama tadi maka diputuskan tidak lagi diberikan pembebasan,” tutupnya. (dna/dna; Achmad Dwi Afriyadi; Bahan dari : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4552650/batam-cs-tak-lagi-bebas-cukai)-FatchurR *

One Response to Batam CS Tidak Lagi Bebas Cukai

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Umum jk terobosan upaya itu, diwawalnya perlu perjoangan keras agar survive, maklum di medan baru jg semuanya serba minim, terutama omzet serta upayanya.
    Stimulus berupa keringanan cukai/pajak perlu diberikan agar bisa menarik investor, agar mau masuk mengembangkan bisnisnya. Setlh berkembang dirasa ckp menguntungkan barulah previlledge yg diberikan, akan diredusir bahkan ditiadakan sama sekali yg dg demikian, baik pengusaha mapun Pemerintah, bisa memberi kontribusi hasil yg jg pd akhirnya akan dikembalikan buat masyarakat berupa pembangunan infrastruktur maupun fasilitas umum buat rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita