logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Banyuwangi Berbenah Terus Jadi Kabupaten Inovatif

Banyuwangi Berbenah Terus Jadi Kabupaten Inovatif(koran-jakarta.com)- Pada 25/4/2019, di­gelar peringatan hari otonomi daerah ke-23. Acara perin­gatan hari otonomi daerah tingkat nasional dipusatkan di Banyuwangi, Jatim. Banyuwangi dalam peringatan hari oto­nomi dinobatkan sebagai kabupaten terbaik di bidang inovasi.

 

Bupati Banyuwangi, A. Azwar Anas, mendapat penghargaan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha yang diserahkan Mendagri, Tjahjo Kumolo, di acara puncak per­ingatan hari otonomi daerah. Semua itu buah dari kerja keras jajaran Pemkab Banyuwangi memajukan wilayahnya.

 

Apa saja yang telah dan akan dilakukan jajaran Pemkab Banyuwangi dalam membuat inovasi pelayanan di wilayah­nya, wartawan Koran Jakarta, Agus Supriyatna, mewawancarai Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, di Banyuwangi. Berikut petikan seleng­kapnya.

 

Apa tanggapan Anda atas penilaian Banyuwangi harus di contoh karena banyak Inovasi

Insya Allah, kami terus pertahankan kinerja ini karena di Banyuwangi bukan super­man yang penting, tapi super­team. Yang menggembirakan, saat ini daerah2 giat berinovasi karena pemerintah pusat memberi ruang luas dan mendukung kreasi kabupaten atau kota.

 

Apa makna Penghargaan yang anda raih?

Mendagri sudah mengamanatkan agar inovasi terus dilanjutkan. Gubernur Jatim, Khofifah, mendukung pengembangan daerah2. Semua itu menyemangati warga Banyu­wangi untuk terus berbenah.

 

Waktu Anda dan Mendagri ke Mal Pelayanan Publik di Banyuwangi, Anda ajak dia Senam. Apa itu?

Itu senam peregangan otot yang rutin di Mal Pelayanan Publik Banyuwangi. Senam dilaku­kan setiap 4 jam 1x. Semua layanan berhenti tiap 4 jam. Senam diikuti pe­tugas dan warga yang mengu­rus dokumen.

 

Itu relaksasi, sekaligus menimbulkan suasana gembira dan interaksi satu sama lain. Bagi petugas, senam ini pen­ting agar tidak kena penyakit karena ber-jam2 duduk di depan komputer un­tuk melayani warga.

 

Banyuwangi membangun Pasar Pelayanan Publik. Bisa dijelaskan?

Ini pasar pelayanan publik untuk percepatan. Pasar pe­layanan publik ada di Pasar Genteng. Ini belum siap, tapi sistem sudah siap. Total per hari ada 89 pelayanan. Target 200 layanan. Ini menerje­mahkan amanat Mendagri dan Presiden yang selalu mengamanatkan jangan persulit rakyat, beri layanan cepat.

 

Nah, pasar pelayanan pu­blik ini untuk menerjemahkan ini. Bayangkan kalau orang harus ke kota. Ini kami akan sebar ke beberapa pasar untuk kami berikan arahan.

 

Di Kantor Kecatmatan ada layanan online ?

Kantor kecamatan sini juga sudah online.

 

Untuk yang di mal pela­yanan publik ada beberapa layanan yang ditangani?

Kami melayani 199 layanan.

 

Apa saja layanannya?

Pelayanan tersebut, antara lain terkait dengan kartu kelu­arga, e-KTP, paspor, dan surat nikah.

 

Katanya pasar pelayanan publik di Banyuwangi baru pertama di Indonesia?

Ya, kami meresmikan ini. Kami tanya ke Deputi Ke­menpan, ini memang yang pertama di Indonesia.

 

Apa tujuan dibangun pasar pelayanan publik?

Ini upaya agar pelayanan lebih dekat. Kami berterima kasih ke Mendagri. Intinya kan pe­merintahan Presiden ingin memberikan layanan ke ma­syarakat. Nah, ini salah satu ben­tuk menerjemah­kan dari keinginan Presiden Jokowi. (N-3; Bahan dari : http://www.koran-jakarta.com/banyuwangi-terus-berbenah-jadi-kabupaten-inovatif/)-FatchurR *

One Response to Banyuwangi Berbenah Terus Jadi Kabupaten Inovatif

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Gubernur Anas patut mendapat penghargaan Bintang Satya Lencana Kelas 1, berkat upayanya yg tdk kenal lelah dlm kesibukan msh konsen memperhatikan status sosial ekonomi warga Kabupaten Banyuwangi.
    Jk pernah berkunjung kesana, tengoklah dua wilayah luas yakni Gunung Gumitir dan Alas Roban yg minim penghuni, shg kedua wilayah ini sulit diberdayakan buat menambah pemasukan Pemerintah malah cenderung lbh banyak biaya melestarikan tanpa hasil pemasukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita