ratusan bunga mekar bersama

Bahaya mengintai dari kabar Hoax(merdeka.com)-2-Hoax jadi pengalihan isu

Di dunia maya, khususnya bagi para penjahat siber, hoax dapat digunakan memuluskan aksi ilegal mereka. Ya, penjahat siber diketahui sering menyebar hoax soal kerentanan sistem di sebuah layanan internet, misalnya Google Gmail.

 

Dalam hoax tadi, si hacker bisa saja menyertakan tautan tertentu yang disarankan diklik agar terhindar dari kerentanan sistem Gmail tadi. Padahal, tautan tadi justru berisi virus yang bisa membajak Gmail.

 

3-Hoax itu penipuan publik

Selain kehebohan, ada jenis hoax yang dibuat mencari simpati dan uang. Hal ini dialami lembaga kanker AS, American Cancer Society (ACS). Saat itu muncul kabar hoax yang mengaku butuh bantuan uang dari 500 orang demi membantu operasi seorang gadis kecil penderita kanker.

 

Banyak yang tertipu kabar ini dan mengirimkan sejumlah uang pada rekening yang dicantumkan pada pesan hoax tadi. Di Indonesia, kabar hoax yang banyak menipu publik adalah pesan pembukaan pendaftaran CPNS nasional yang dikirim lewat WA. Setelah ramai tersebar, barulah pemerintah mengklarifikasi bila pihaknya belum akan membuka pendaftaran CPNS.

 

4-Hoax pemicu kepanikan publik

Beberapa bulan lalu ada pesan berantai soal tindak perampokan di Surabaya yang pelakunya menyilet wajah korban. Atau kabar hilangnya pesawat Garuda jurusan Jakarta-Palu. Ini tujuan hoax yang terbanyak diminati oleh si pembuat hoax, memicu terjadinya kepanikan publik.

 

Guna menghentikan kepanikan, biasanya media massa atau media online harus membantu masyarakat dan mengklarifikasi bila kabar-kabar tadi hanya hoax. (*Dari berbagai sumber; Bramy Biantoro; Bahan dari : https://www.merdeka.com/teknologi/4-bahaya-mengintai-dari-kabar-hoax-di-dunia-maya.html)-FatchurR * Tamat……….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
alamo
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar