logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical
Komentar baru

Ayam Cemani

Ayam Cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia, yang asal sejarahnya berasal dari Pulau Jawa. Kata cemani berasal dari bahasa jawa kuno yang artinya Hitam Legam, warna hitam 1005, ini menyelimuti seluruh tubuh ayam lokal ini mulai dari jengger, pial, paruh, bola mata rongga mulut, lidah, pelatuk.

 

Termasuk juga bulu, sayap, ketiak, lubang dubur, siih, kaki,dan cakar, daging tulang dan darahnya semuanya berwarna hitam, warna hitam menyelimuti seluruh tubuh dari bagian luar, hingga bagian dalam/jeroan nya, mulai dari tenggorokan, rongga mulut, lidah, semua nya hitam.( Ayam Cemani Asli).
Dulu ayam cemani ini adalah ayam kedu hitam, yang banyak dipelihara oleh masyarakat jaman dahulu di kahuripan desa Kedu pada jaman Kerajaan Majapahit. Ayam ini sangat istimewa pada jamannya, sehingga ayam ini sangat di sukai dan menjadi piaraan atau koleksi para penggede, raja-raja jaman dahulu kala.

 

Itulah yang membuat ayam ini menjadi sangat eksklusif, memiliki nilai jual yang sangat fantastis dan sangat berharga karena mengingat dulu nya saja ayam ini banyak dikoleksi para raja dan keturunan ningrat. Hal inilah yang membuat Ayam Cemani ini kini menjadi semakin langka, dan sulit di dapatkan, sehingga ayam ini menjadi banyak di buru dan di cari orang, hingga saat ini hanya segelintir orang saja yang memiliki nya. (Nurda Hm)-FatchurR

One Response to Ayam Cemani

  • GoHwieKhing King Gaudi D50 A60 says:

    Ada juga ayan Pelung yang bisa didapat dari koleksi masyarakat desa di Pekalongan dan sekitarnya. Bulunya, gede bongsor tubuhnya. Yang jantan dipelihara karena keluruknya aneh, melung melung panjang sekali.
    Biasanya dipanggung bahkan dikerek setinggi 2 meteran.

    Soal kegemaran orang jaman Jayanya Nusantara dulu akan binatang klangenan, ayam, kuda, burung perkutut, dll sangat melegenda, sampai ada primbonnya dan ciri ciri jari kaki, motip dan format sisik dari telapak kaki sampai tulang kering dan jumlah serta motip bulu tubuh bagi ayam dan burung punya sifat dan watak tertentu bagi tujuan pemeliharaannya, sebagai petarung, atau cengkok bunyinya yang juga kecocokan pada weton/ horoskop Jawa pemiliknya.segala. Demikian juga kuda. Semua ciri ciri ini ada namanya.
    Ada yang dikembangkan oleh manusia, sehingga ada yang bekisar, campuran/ blaster ayam hutan dan ayam asli khusus, burung tekukur dengan merpati, singa dengan harimau jadi Sirimau seperti sampai sekarang dilakukan Pemilik Pabrik Daging Olahan Titiles di Jl.Diponegoro Denpasar Bali yang selalu jadi tontonan yang kepabrik ini.
    Lalu siapa yang lupa bahwa Beo yang bisa nngomong ini asal Asli Indonesia sampai ada legenda Tiung Wanaranya? Mengajar ngomongnya dengan dikerok halus lidahnya setiap Jumat legi makannya sering sering Nasi Lombok ?
    Kemudian soal melatih binatang untuk manfaat manusia, orang Desa sejak jaman kuno sudah jago. Beruk, Kera, Anjing, Kuda, Sapi untuk kerapan dll.sudah dilatih ga kalah dengan sirkus.
    Beruk bisa disuruh mengunduh kelapa tua atau muda sesuai order pawangnya.
    Tandak Bedes, tampaknya sederhana tetapi canggih sekali layak dicontoh cara kasih sayang sang pawang melatih binatangnya. Yang mau lihat Tandak Bedes modern bisa ke Pakuwon ITS di Surabaya, ada yang berlagak Peragawan untuk difoto, pakai helm ngebut naik sepeda motor, berlagak kecelakaan gelimpang nunggu ambulance datang…….. kemudian keliling bawa kaleng minta diisi uang.

    Nah ini diharap bisa memotivasi kaum muda bahwa kita ini keturunan orang Nusantara/ Lemuria berbudaya tinggi, cikal bakal masyarakat Atlantis yang kemudian menyebarkan budaya Mesir, Phunesia, Junani dan Indian Amerika, Tiongkok Purba sampai India.
    Kalianlah yang harus membangun kembali kejayaan ini untuk peradaban dunia yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita