logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Apa Kabar Bank Terapung Bahtera Seva

Apa Kabar Bank Terapung Bahtera Seva(finance.detik.com)-JAKARTA; Masih ingat kehadiran bank di atas kapal yang menjangkau 3 kepulauan di Indonesia? (Aku saja baru dengar rek-Red). Masyarakat di pesisir antusias melihat kapal warna biru dan oranye bersandar di dermaga pulau mereka. Kapal milik BRI ini melayani perbankan ke pulau mereka.

Melalui kapal ini, masyarakat Kepulauan Seribu, Labuan Bajo, dan Halmahera Selatan merasakan layanan perbankan. Mereka tak harus buang waktu dan biaya menyebrang ke daratan demi menabung hingga menarik uang tunai.

Pada 4/8/2015, Presiden meresmikan layanan perbankan di kapal (bank terapung) untuk masyarakat Kepulauan Seribu di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta. Bank terapung ini di atas Kapal Bahtera Seva I.

 

Bank terapung menghadirkan layanan perbankan dan fasilitas seperti ATM. Di daerah operasionalnya, Teras BRI Kapal Bahtera Seva I berkeliling ke-6 pulau di Kepulauan Seribu dari Senin-Jumat. Enam pulau itu : Pulau Pramuka, P. Tidung, P. Kelapa, P. Untung Jawa, P. Harapan dan Pulau Panggang.

Akhir 2016, Teras BRI Kapal Bahtera Seva II diresmikan untuk melayani masyarakat di Labuan Bajo. Kapal ini melayani masyarakat di Pulau Longos, Pulau Boleng, Pulau Seraya Besar dan Kecil, Pulau Kukusan, Pulau Rinca, Pulau Messah, Pulau Papagarang, dan Pulau Komodo.
Pada 24/2/2017, giliran Teras BRI Kapal Bahtera Seva III yang diresmikan demi melayani perbankan di Kepulauan Halmahera Selatan. Kapal ini menyambangi Pulau Bacan/Labuha, P. Batang Lomang, P. Mandioli, P. Madapolo, P. Halmahera/Saketa, dan P. Kayoa.
Berdasarkan catatan detikFinance (2017), Presiden mengungkapkan layanan Teras BRI Kapal jadi solusi mengatasi kebutuhan keuangan masyarakat yang terpisah di kepulauan.

“Negara kita ini kepulauan, ada 17 ribu pulau. Di Maluku Utara ada 800 pulau, di Maluku ada 1.340 pulau. Tidak mungkin itu dilayani lewat kantor2 di darat. Sehingga BRI membangun Teras BRI, artinya masyarakat di pulau2 itu dilayani dengan kapal,” ujar Jokowi.

 

Saat meninjau Teras BRI Kapal Bahtera Seva III di Pelabuhan Perikanan Nusantara Tantui, Ambon, (Februari 2017), Presiden mengatakan layanan ini bentuk komitmen mendorong keuangan inklusi.

“Kapalnya bagus. Ada ATM-nya dan online. Proses ini yang terus kita dorong agar pulau2 juga terlayani semuanya. Masyarakat juga masuk ke sistem perbankan. Ini dinamakan keuangan inklusi” katanya.

Bagaimana kabar sekarang? Hingga kini Teras BRI Kapal Bahtera Seva terus mengarungi lautan demi melayani masyarakat. Untuk Teras BRI Kapal Bahtera Seva I di Kepulauan Seribu, hingga Desember 2018 telah menyalurkan pinjaman Rp 17M ke 856 nasabah dan meraup total simpanan Rp 14M dari 2.771 nasabah.
Teras BRI Kapal Bahtera Seva II Labuan Bajo (2016) mengumpulkan simpanan Rp 1,4 miliar dari 371 nasabah dan penyaluran pinjaman Rp 6,1 miliar dari 260 nasabah. Pada 2018, ada peningkatan nasabah jadi 753 orang dan dana simpanan Rp 5,4 miliar dan penyaluran pinjaman ke 599 nasabah Rp 15,4 miliar.

Teras BRI Kapal Bahtera Seva III di Halmahera memberikan pinjaman komersil dan KUR Rp 21 miliar dan membantu 446 UMKM dengan dana Rp 8,6 miliar per Desember 2018.

Kehadiran Teras BRI Kapal ini bisa menjangkau masyarakat di kawasan pesisir untuk menikmati layanan perbankan dengan mudah. Selain melayani setor tunai untuk menabung, Teras BRI Kapal juga melayani pinjaman kredit mikro untuk ragam usaha seperti nelayan dan pelaku UMKM.

(idr/eds; Raras Prawitaningrum; Bahan dari : https://finance.detik.com/moneter/d-4457469/apa-kabar-bank-terapung-bahtera-seva-yang-diresmikan-jokowi)-FatchurR *

One Response to Apa Kabar Bank Terapung Bahtera Seva

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Nampaknya warga kepulauan sdh banking minded, terbukti simpan pinjam nya serta ATM sdh on the track berjalan lancar rutin. Lha klo pak Redaktur sj yg sdh keliling dunia, baru tahu adanya bank terapung, kira2 Indonesia pelopornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita