logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Ambisi Manusia Mengekplorasi Bulan

Ambisi Manusia Mengekplorasi Bulan(m.merdeka.com)- Beberapa negara mulai mempersiapkan eksplorasi luar angkasa. Mereka tertarik  keadaan di sana. Salah satu tujuannya, Bulan. Benda luar angkasa ini paling diminati manusia. Berikut rencana saat berada di Bulan. Mulai dari mengeksplorasi sampai menambang di Bulan:

 

1-Nasa dan China akan Eksplorasi Bulan

NASA siap bekerjasama dengan China untuk eksplorasi di Bulan. Eksplorasi ini untuk melihat pergerakan debu di Bulan saat pesawat Chang’e 4 mendarat. Dengan data debu itu, peneliti bisa memperkirakan bagaimana mereka akan mendarat di Bulan pada misi-misi berikutnya.

 

“Dengan perizinan yang dibutuhkan dari Kongres, NASA berdiskusi dengan China soal kemungkinan ¬†mengamati pendaratan pesawat Chang’e 4 di Bulan menggunakan instrumen pesawat (LRO LAMP) @NASAMoon kami,” kata associate administrator untuk Direktorat Misi Sains NASA, Thomas Zurbuchen, melalui akun twitternya.

 

Seperti dikutip dari situs NASA, Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) adalah instrumen yang diorbitkan NASA di Bulan untuk memotret objek yang mendarat di Bulan dan mengamati dampak pendaratan itu terhadap permukaan Bulan. Hal ini penting untuk diamati karena bisa menjadi petunjuk untuk membuat model bagaimana air dan material lain bisa dipindahkan dari kawah ke dekat kutub Bulan.

 

2-Badan Antarisa Eropa akan Menambang Bulan

Badan Antariksa Eropa (ESA) berencana menambang Bulan pada 2025, penelitian yang ditujukan untuk mencari “air dan oksigen” di satelit alami Bumi itu. Pihaknya menandatangani kontrak setahun dengan perusahaan dirgantara Eropa, ArianeGroup untuk mengeksplorasi tambang regolith, juga dikenal sebagai tanah bulan atau debu Bulan.

Menurut ArianeGroup, air dan oksigen dapat diekstraksi dari regolith, berpotensi membuatnya lebih mudah bagi manusia menghabiskan waktu di Bulan pada masa depan. “Penelitian itu memungkinkan untuk memproduksi bahan bakar roket di Bulan, memungkinkan ekspedisi masa depan agar dapat melangkah lebih jauh ke luar angkasa,” kata perusahaan dirgantara.

 

3-China Menanam Kapas di Bulan

Badan Antariksa China mengumumkan benih pohon kapas yang dibawa ke Bulan sudah berkecambah. Pesawat antariksa China, Chang’e 4, menjadi yang pertama mendarat di sisi terjauh Bulan pada 3 Januari lalu. Pesawat itu membawa tanah yang mengandung benih kapas, kentang, ragi, dan hama lalat buah.

Benih itu berkecambah di sebuah media semai berbentuk kotak-kotak di dalam tabung yang memuat tanah, air, dan udara di dalam pesawat. “Ini pertama kalinya manusia melakukan percobaan biologi di permukaan Bulan,” kata Xie Gengxin, kepala eksperimen proyek ini dari Universitas Chongqing.

“Mempelajari bagaimana tanaman ini tumbuh di lingkungan gravitasi rendah bisa menjadi landasan bagi masa depan kita untuk membangun pangkalan luar angkasa,” katanya. (mdk/has; Fellyanda Suci Agiesta; Bahan dari : https://m.merdeka.com/teknologi/ambisi-ambisi-manusia-mau-eksplorasi-bulan.html)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita