9 Agenda prioritas Jokowi

jokowi jkSebelum mengintip “Agenda prioritas Jokowi-JK”, yuk kita cermati hal2 berikut ini, etok etoke jadi pengamat politik pinggiran : 1-Tanggal yang kita nantikan akhirnya datang juga dengan dua berita utama : Jokowi-JK menang dan Cawapres Prabowo-Hatta mengundurkan diri

 

2-Capres-Cawapres no. 1 menyatakan resmi, “…sebagai pengemban mandat suara dari rakyat, sesuai pasal 1,2 dan 3 UUD 1945  menggunakan hak konstitusionalnya menolak pelaksanaan Pilpres 2014..”P

3-UU No42/2008, Pasal 246, berbunyi sbb:  (1) Setiap Capres-Cawapres yang dengan sengaja mengundurkan diri setelah pemungutan suara putaran pertama sampai dengan pelaksanaan pemungutan suara putaran kedua, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 36 bulan dan paling lama 72 bulan dan denda paling sedikit Rp 50.000.000.000 (50 miliar) dan paling banyak Rp 100.000.000.000 (seratus miliar).

Belakangan di ralat bukan mengundurkan diri, tapi menarik diri dari proses penghitungan suara oleh KPU

3-Keputusan KPU, No. 535/KPTS/KPU/2014 : “Menetapkan hasil pilpres 2014 pasangan Capres-Cawapres No. 1, Prabowo-Hatta : 1 62.576.444 suara (46,85%)”.  “Pasangan Capres-Cawapres No. 2 : Joko Widodo dan Jusuf Kalla 70.997.833 (53,15%) dari suara sah nasional.”

 

Selanjutnya, kita tunggu aja kejadian lanjutannya, opo jare Politikus yang kini sibuk bekerja untuk rakyat (2). Bagi saya marilah kita intip program prioritas dari Calon No. 2 berikut ini. Tentunya kita harus selalu bertanya pada diri kita, “Apa yang dapat anda lakukan untuk negeri ini, minimal untuk Almamater MaterDei dan masyarakat sekitar”. Jangan Cuma nagih dan menuntut kerja orang lain

 

KOMPAS.com — Pasangan Jokowi-JK merancang 9 agenda prioritas yang disebut Nawa Cita. Program ini digagas untuk menunjukkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Berikut inti dari 9 program itu disarikan dari situs www.kpu.go.id:
1. Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, melalui politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang terpercaya dan pembangunan pertahanan negara Tri Matra terpadu yang dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.

2. Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, dengan memberikan prioritas pada upaya memulihkan kepercayaan publik pada institusi-institusi demokrasi dengan melanjutkan konsolidasi demokrasi melalui reformasi sistem kepartaian, pemilu, dan lembaga perwakilan.

3. Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

4. Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.

5.Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program “Indonesia Pintar”; serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program “Indonesia Kerja” dan “Indonesia Sejahtera” dengan mendorong land reform dan program kepemilikan tanah seluas 9 hektar, program rumah kampung deret atau rumah susun murah yang disubsidi serta jaminan sosial untuk rakyat di tahun 2019.

6. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.

7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

8. Melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pengajaran sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme dan cinta Tanah Air, semangat bela negara dan budi pekerti di dalam kurikulum pendidikan Indonesia.

9. Memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinnekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antarwarga. (http://nasional.kompas.com/read/2014/05/21/0754454/.Nawa.Cita.9.Agenda.Prioritas.Jokowi-JK)-Aguk

One Response to 9 Agenda prioritas Jokowi

  • Fenomena yg menarik, bila hukum alam (baca: Tuhan) ikut beracara dan bekerja. “Wong deso” tanpa ambisi, tanpa persiapan (hny dlm hitungan “bulan”), tanpa dana yg cukup bisa mengalahkan mantan Letjen, cakep dan gagah, ambisius, mempersiapkan diri selama 10th, dg dana tanpa batas. Dan makin lengkap lagi mantan sang jendral telah bersikap mencoreng dirinya sendiri di detik2 terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita