logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

70 tahun Kemerdekaan yang menakjubkan di Milan

70 tahun Kemerdekaan di MilanSebulan lalu, 17 Agustus 2015, kemerdekaan RI genap 70 tahun. Rupanya, perayaan atas hari spesial itu tidak hanya terjadi di lingkungan perumahan Anda, tetapi juga di Milan, Italia. RI yang telah merdeka selama 70 tahun banyak melalui hal-hal yang menakjubkan di berbagai aspek.

 

Baik atau buruk, semuanya disyukuri rakyat yang hingga hari ini dapat hidup sebagai warga dari negeri ini. Bahkan, manisnya momen 70 tahun kemerdekaan Indonesia ini terasa pula di World Expo Milano (WEM) 2015.

 

Mewakili Indonesia di World Expo Milan 2015, Paviliun Indonesia membawa momen ‘17 Agustus-an’ yang menajubkan di sana, sesuai dengan tema ‘The Marvelous 70’. Selama tiga hari, yakni 15, 16, dan 17 Agustus 2015, sejumlah perayaan meriah 17 Agustusan ala rakyat Indonesia terjadi juga di Milan.

 

Mulai dari ritual vital, upacara pengibaran bendera Merah Putih yang diadakan tepat pada tanggal 17 Agustus 2015. Sehabis upacara, tentu ada berbagai lomba khas perayaan 17 Agustusan. Terlihat, dari anak-anak sampai dewasa, dari WNI sampai WNA, antusias mengikuti lomba bakiak, balap karung, joget balon, dan memasukkan pensil ke botol.

 

Meski terlaksana di Milan, atmosfer keriangan khas Indonesia tetap terasa. Memang, lomba-lomba khas ini begitu sukses menciptakan tawa dan sukacita di manapun.

 

Di mana ada perayaan, di situ ada makan-makan. Begitu pula dengan perayaan ‘The Marvelous 70’ di Milan. Dari hari pertama, pengunjung disuguhkan dengan kuliner khas Indonesia yang nikmat, seperti nasi tumpeng, ayam goreng bumbu kuning, rendang, ikan rica-rica, dan tempe orek yang semuanya disajikan Bogor Café – Desa Restaurant.

 

Tidak ketinggalan jajanan pasar, di antaranya kue cubit, kue pancong, kue apem, gado-gado, dan wedang ronde. Tetapi ada yang berbeda dari momen makan-makan di World Expo Milan 2015 ini. Paviliun Indonesia menyajikan tumpeng yang memperoleh dua rekor sekaligus. Pertama, dari Guinness World Recors sebagai ‘The Tallest Tumpeng’. Kedua, dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai ‘Tumpeng Terbesar yang Dibuat di Luar Negeri’.

 

Tumpeng setinggi 2,28 meter ini dibuat oleh para koki profesional Bogor Cafe – Desa Restaurant Paviliun Indonesia, antara lain Chef Effendi Ali, Chef Mulyati Tjahyono Meiling, Chef I Made Sandy, Chef Ali Muhajar, Chef Reiky Alfaridzi, Chef Chasohid, Chef M.Afid Dariadi, Chef Satyo Ardianto dan Chef Sudar.

 

Butuh waktu sekitar 16 jam untuk memasak dengan total 625 kg beras mentah yang digunakan. Tumpeng itu terdiri dari 17 jenis masakan tradisional Indonesia, 8 tingkat gundukan beras utama dan mosaik Garuda Pancasila sebagai lambang nasional Indonesia.

 

Pemecahan kedua rekor tersebut bertujuan untuk mempromosikan masakan tradisional Indonesia; khususnya rempah-rempah Indonesia dan kontribusi Indonesia dalam menghadapi kebutuhan pangan dunia. Selain itu, tumpeng ini menjadi simbol rasa syukur atas 70 tahun hari Kemerdekaan Indonesia.

 

Tumpeng juga melambangkan bahwa Indonesia mampu mendistribusikan makanan kepada orang sekitar sebagai rasa saling berbagi pada momen khusus, sekaligus mendukung tema World Expo Milano 2015 ‘Feeding The Planet, Energy for Life’.

 

National Day

Menyambung kemeriahan 17 Agustusan di Milan, Paviliun Indonesia menggelar National Day pada Minggu (6/9/2015). Di ajang ini Paviliun Indonesia menghadirkan hiburan dari Banyuwangi Ethno Carnaval dan Angklung Mang Udjo. Sebanyak 500 angklung dibagikan gratis kepada para pengunjung WNA untuk dimainkan bersama-sama.

 

National Day dipelopori Kementerian Perdagangan dan dihadiri pula oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan perwakilan Kepala Dinas serta sejumlah pemimpin redaksi media massa nasional. Tujuannya, memperkenalkan potensi perdagangan, investasi, dan pariwisata Indonesia kepada dunia.

 

Banjir hadiah

Kegembiraan juga didapat pengunjung karena banyak hadiah. Ivan Cignetti, pengunjung kesatu juta World Expo Milano 2015, beruntung mendapatkan hadiah tiket menonton pertandingan Inter Milan vs AC Milan, goodie bag berisi kerajinan tangan Indonesia, serta voucher makan di Paviliun Indonesia.

 

Tiket pesawat Qatar Airlines rute Milan – Jakarta– Milan, Milan – Bali- Milan dan Roma – Jakarta – Roma, beserta puluhan voucher menginap di Discovery Kartika Plaza Bali, Hotel Borobudur Jakarta, dan Discovery Hotel& Convention Ancol pun dibagikan. (Adv; http://biz.kompas.com/read/2015/09/13/085857928/Merayakan.70.Tahun.Kemerdekaan.Indonesia.yang.Menakjubkan.di.Milan?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita