logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

3 Sopir Perempuan menginspirasi Fuso kembangkan Teknologi

3 Sopir Perempuan menginspirasi Fuso kembangkan Teknologi(cnnindonesia.com)-Jakarta, Pekerjaan sopir truk identik dengan pria. Karena profesi ini butuh ketangguhan dan mental sopir yang di atas rata2 pengemudi kendaraan jenis lain.

Seiring waktu, sosok ‘wanita kuat’ sebagai sopir truk mulai terekspos. Ini membuktikan sopir truk mulai digemari wanita di antaranya Rukhayati dari Baturaja, Sumsel, Imahwati dari Semarang dan Umi Syarifah dari Jember.

Mereka hadir di acara Jogjakarta Truck Festival 2018 di Jogja Expo Center (JEC) pada Sabtu-Minggu (8-9/9). Praktis mereka jadi pusat perhatian di acara JTF 2018, seperti keterangan resmi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) pemegang merek Mitsubishi Fuso.

Dalam kesehariannya, truk yang dikendalikan ketiga sopir wanita itu mengangkut material untuk bahan bangunan : Tanah, batu, pasir, aspal hingga kebutuhan dapur. Menurut Direktur Sales & Marketing PT. KTB, Duljatmono, sopir truk wanita hampir mustahil. Kendalanya fisik dan emosional yang berbeda. Namun kemungkinan jumlah sopir truk wanita bertambah setelah fenomena 3 wanita di acara JTF.

Beda dengan kendaraan penumpang. Banyaknya wanita mandiri yang menyetir, dari hasil penelitian2 menegaskan wanita lebih terampil mengemudi dibanding pria. Namun berbeda jika wanita di Indonesia beraktivitas sebagai sopir truk yang saat menjalaninya di luar zona nyaman. Tak ada fitur dan teknologi kendaraan untuk menghindari kecelakaan.

Menanggapi kondisi itu, menurut Duljatmono pihak PT KTB mendapat inspirasi melengkapi standar keamanan Mitsubishi Fuso agar bisa mengakomodasi pengemudi truk wanita. Sejauh ini, pihaknya belum melakukan studi terkait standar keamanan dan keselamatan yang dibutuhkan sopir wanita.

“Sampai kini Mitsubishi Fuso belum ada teknologi khusus untuk sopir truk wanita yang mungkin ada item tertentu perkembangan standar yang bisa mengakomodasi sopir wanita. Mungkin masukan dari tiga sopir wanita ini bisa kami gali apa harapannya karena mereka berbeda. Dan itu jadi bagian pengembangan produk kami ke depan” kata Duljatmono.

Duljatmono cukup kaget dengan aksi Rukhayati dll yang rela jauh meninggalkan rumah mengendarai truk bermuatan barang2 kebutuhan masyarakat.

“Saya baru lihat pengemudi truk wanita, karena ini pekerjaan laki2 yang berat. Berangkat pagi sampai malam, pagi lagi kayak bang Toyib. Jadi kalau wanita nyetir itu luar biasa apresiasi sebagai pendukung ekonomi keluarga”. (mik; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180910113019-384-329079/3-sopir-truk-wanita-inspirasi-fuso-kembangkan-teknologi-baru)-FatchurR *

One Response to 3 Sopir Perempuan menginspirasi Fuso kembangkan Teknologi

  • Harry Reksosamudra says:

    Sebetulnya sosok prempuan lbh pandai & tegar mengatur waktu lbh ketat dari pria, jd kurang relevan jika kaum wanita dianggap lbh tdk cakap menjalankan truck jarak jauh maupun angkutan proyek. Masalah perjalanan jauh, justeru wanita lbh diunggulkan, krn kebanyakan sopir pria, malah untuk relax kebanyakan bermain kartu remi, gaple, minum2(tdk semua) dll, malahan relaxnya menambah beban tubuh melekan atau malah tdk istirahat total.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita