10 Teknologi China Melawan Virus Corona Drone Hingga Robot Perawat(1/3)

(kompas.com)- Wabah coronavirus awalnya dari Wuhan, ibukota provinsi Hubei, China. Dilansir SCMP, posisi Jumat (28/2/20), di daratan China ada 78.824 kasus dan 2.788 kematian. Namun China memiliki keunggulan dalam hal teknologi.

 

Banyaknya kasus menuntut China berinovasi untuk menyelesaikan pandemi ini. Berikut ini 10 teknologi yang dikembangkan China dilansir laman United Nations Development Programme (UNDP):

 

1-Kode

Pada awal awal terkena virus, China merangkai genom atau kode terkait virus corona. Mereka juga mengunggah sekuensing DNA atau pengurutan DNA secara online. Langkah itu diikuti  laboratorium penelitian di seluruh dunia.

 

Pesanan sampel sintetis virus untuk membuat salinan virus corona pun melonjak untuk memungkinkan uji coba baru. Informasi soal eksperimen gagal pun memberikan petunjuk penting dalam membimbing peneliti.

 

2-Drone

Pemerintah China menerbangkan drone ke seluruh daerah. Drone memungkinkan pihak berwenang mendapat informasi lebih cepat dan menjaga jarak aman antara petugas dan masyarakat. Drone itu bisa berpatroli di trotoar dengan pengeras suara memperingatkan penduduk untuk mengenakan masker.

 

Selain itu, drone dioperasikan di jalanan dengan scan QR yang dapat dipindai oleh pengemudi dengan telepon mereka untuk mendaftarkan informasi kesehatan. Drone pertanian juga ada. Drone itu menyemprotkan desinfektan di daerah terpencil. Ada juga drone untuk mengirim pasokan medis penting.

 

(Artikel ini telah tayang di  Kompas.com dengan judul “10 Teknologi China untuk Lawan Virus Corona, Drone hingga Robot Perawat”, Penulis : Nur Fitriatus Shalihah; Editor : Inggried Dwi Wedhaswary;  Bahan dari : https://www.kompas.com/tren/read/2020/02/28/150500465/10-teknologi-china-untuk-lawan-virus-corona-drone-hingga-robot-perawat)-FatchurR * Bersambung……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *