logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical
Komentar baru

¥UAN Resmi Jadi Mata Uang Elite Dunia

Washington DC-IMF, Senin (30/11) resmi memasukan ¥uan, atau renminbi, ke special drawing rights (SDR) sebagai mata uang elite dunia. Dewan Eksekutif IMF bertemu utk memutuskan ¥uan kedalam SDR, menyusul dolar *US*, poundsterling Inggris, €uro & ¥en Jepang.

PressTV melaporkan tdk ada alasan IMF menolak ¥uan masuk SDR. *CN* adalah lokomotif ekonomi dunia, kendati Beijing masih setengah hati melepas ¥uan sebagai mata uang yang diperdagangkan. Kehadiran ¥uan dalam SDR membuat *CN* lebih serius menantang dominasi AS.

Awal November lalu Christian Lagarde, ketua IMF, mengatakan ¥uan memenuhi syarat jadi mata uang cadangan devisa dunia & dapat digunakan bebas. Jika ¥uan masuk SDR, yg harusnya sejak 30/9/15, pengguna akan punya waktu utk persiapan. Rusia negara yg menyambut ¥uan di pasar mata uang dunia. Moskwa mengeluarkan obligasi senilai 6 miliar ¥uan tahun 2016.

Maxim Oreskhin, deputi Menteri Keuangan Rusia, mengatakan ke Tass, Rusia memutuskan memasukan ¥uan dlm cadangan devisa. ¥uan diperdagangkan di bursa Moskwa 2010. Sejak itu volume perdagangan tumbuh signifikan. Russia Today melaporkan pedagang Rusia mencetak rekor dgn beli 18M yuan Agusutus 2015, yg membuat nilai mata uang itu naik 400%.

*US* dipastikan akan lebih waspada mengamati pengaruh keuangan *CN*, krn sejumlah negara berkembang mulai meninggalkan dolar AS. (http://m.inilah.com/news/detail/2255971/besok-yuan-resmi-jadi-mata-uang-elite-dunia)-Go Hwie Khing-A60)

————-

 

Ilmu Pengetahuan lainnya, dapat anda simak berikut ini :

  1. Agar Kredit card anda tidak dibobol
  2. Mengapa Mesin Mobil Sering Mati Di Atas Rel
  3. Tabung gas meledak?
  4. Lihatlah STNKmu

—————

 

Agar Kredit card anda tidak dibobol

Merdeka.com – Kecanggihan teknologi membuat kita nyaman dalam transaksi keuangan dalam keseharian. Bermodal internet, dana puluhan juta bisa ditransfer tanpa harus ke ATM. Tak hanya itu, bermodal kartu kredit Anda juga bisa belanja hingga ratusan juta rupiah.

 

Jika tidak hati2, kecanggihan teknologi akan berubah petaka. Kejahatan selalu mengintai pengguna kartu kredit. Yang menakutkan pengguna adalah risiko jadi korban pembobolan. Jika jadi korban, Anda harus bayar tagihan yang bukan tanggung jawab anda. Cara kita agar bisa mencegah itu terjadi?

 

Kepala Dept kebijakan dan pengawasan sistem pembayaran BI, Rosmaya Hadi, mengatakan transaksi dengan alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) dapat meliputi pembayaran, penarikan tunai dan pemindahan dana. Setidaknya ada 7 saran bagi pengguna APMK agar dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman. “Ada tujuh kiat aman untuk menggunakan kartu kredit,” ujarnya.

 

Ke-7 kiat aman itu, pertama simpan dengan aman semua kartu dan nomor rekening. Ke-2, sebelum membuang dokumen keuangan pastikan dokumen keuangan itu dihancurkan dulu. Ketiga, simpan lembar tagihan kartu kredit dengan aman. Keempat, pastikan mengambil kartu kredit dan bukti pembayaran setiap selesai bertransaksi.

 

Kelima, jika sering melakukan transaksi secara online di internet, instal software pengaman pada komputer. “Ini mengurangi kemungkinan pembajakan,” jelas dia. Keenam, gunakan kata sandi yang tidak mudah diketahui orang lain untuk melindungi data internet banking dan rekening bank. Terakhir gunakan situs belanja online yang terpercaya. (http://www.merdeka.com/uang/cara-mencegah-kartu-kredit-agar-tidak-mudah-dibobol.html)-FatchurR

 

————–
Mengapa Mesin Mobil Sering Mati Di Atas Rel
Penjelasan PT KAI, Hati-hati bila menerobos palang pintu kereta Api dan Penjelasan kenapa mesin mobil sering mati di atas perlintasan sebidang rel KA.

Penjelasan teknis :
Di lokomotif, ada boggie (roda kereta) dengan komponen utamanya dinamo. Di dlm dinamo ada unsur magnit yg besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dr lokomotif.

Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya berkecepatan rendah, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah, maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA.

Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yg berjarak kurang dr 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sdh lemah dpt mati. Bila hal ini terjadi segera keluar dr mobil anda, krn mesin mobil akan susah utk di stater kembali.

Maka di sarankan jgn melintasi rel KA bila sdh terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dr perlintasan. Demi keselamatan anda. Ingat KA tdk bisa mengerem mendadak krn roda dan rel terbuat dr baja shg tdk ada friksi. Rata rata KA akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem.

“Lebih Baik Kehilangan Waktu 1 Menit Daripada Kehilangan Nyawa Dalam 1 Menit” (Pipiet Suprihatin-A68; sumber dari Bagas Senoadji / PPNS Perkeretaapian; melalui grup WA A68)
—————

 

Tabung gas meledak?

Waspadalah bila mencium bau gas di dapur. Tak perlu panik, hampiri tabung gas, lepaskan regulator, bawa tabung ke luar. Periksa apakah tabung mengeluarkan desis dari mana saja. Bila iya, biarkan tabung ditempat terbuka sampai gasnya habis. Jangan biarkan ada yang mendekat.

 

Bila tak terdengar desis, tabung anda baik-baik saja. Mungkin ada yang lupa mematikan kompor, padahal api kompornya padam karena sesuatu sebab. Buka pintu dan jendela dapur. Biarkan sampai bau hilang, jangan menyalakan atau mematikan lampu atau apapun yang ada di dapur sampai bau hilang.

 

Berita ledakan tabung Elpiji tidak ada yang mengkonfirmasi ditemukan tabung yang pecah atau sobek karena isinya meledak. Tak cukup alasan tabung Elpiji untuk meledak. Jutaan tabung di-lempar2, dipanggang terik matahari, semua siksaan ini ditahan baja, sekalipun tabung tidak ber-SNI karena bikinan Cina (tapi berlogo Pertamina).

 

Tabung tak akan meledak pada suhu normal (tekanan 7 Atm) karena tabung dirancang tahan sampai 28 Atm. Kemungkinan, Elpiji bocor dengan deras dari tabung, melalui celah katup tabung dan regulator, lantaran sekatnya tidak berfungsi seharusnya.

 

Perhatikan ada satu pengait, sehingga regulator dapat bergoyang-goyang bila tersentuh. Demikian pula, hanya ada satu penyekat antara regulator-katup. Cincin penyekat itu. Tabung, katup, regulator, dan selang bukanlah penyumbang utama dalam musibah Elpiji di tanah air. Benda-benda ini dipakai juga di banyak negara tanpa menimbulkan masalah berarti.

 

Regulator tipe clip-on adalah favorit karena kemudahan memasang dan melepaskan. Tekanan yang masuk ke regulator adalah tekanan penuh dari Elpiji. Di negri kita berkisar antara 5-7 atmosfir, tergantung campuran elpijinya dan suhu ruang. Tekanan ini besar, kira2 sebesar tekanan kompressor tambal ban di pinggir jalan.

 

Tekanan sebesar ini ditahan cincin sekat hitam. Inilah tempat kebocoran utama yang membuat ruangan jadi eksplosif. Inilah sambungan ter-rawan, dan bocor atau tidak ditentukan kualitas cincin penyekat (seal) ini. Bila mulut katup tabung penyok atau cuil berat bagian tengahnya, seal sebaik apapun tak dapat menyekat.

 

Masih ada dua sambungan lagi yang juga diributkan, yakni sambungan antara regulator-selang, dan diujung selang lainnya, yaitu sambungan antara selang-kompor. Kedua sambungan ini tidak menanggung beban berat, karena tekanan dalam selang, yaitu tekanan keluaran dari regulator, sangat rendah. Tekanannya cuma sekitar 30 milibar (1,03 atmosfir).

 

Tekanan sebesar ini tidak dapat keluar dari lubang yang dibuat dengan tusukan jarum pada selang. Andai keluar, jumlahnya tak akan cukup membuat ruangan jadi eksplosif, karena gas lebih cepat menyebar dibandingkan dengan pasokan dari kebocoran disini.

 

Selain itu regulator juga berfungsi membatasi aliran gas yang keluar. Kapasitas umum regulator clip-on 2 Kg/jam. Gas bocor 2 kg dalam dapur berukuran sedang dapat meledak bila terpicu bunga api dari saklar lampu yang dinyalakan atau dimatikan. Jadi kalau selang putus, dan tak diketahui sejam, bahaya mengancam. Kebocoran pada seal yang tidak baik mutunya bisa lebih dari 2 kg per jam.

 

Kebocoran kompor, karena lupa tidak matikan katup kompor padahal kompor tidak menyala. Kepala kompor normal kapasitasnya ¼ Kg/jam. Dapur bisa berbahaya bila ada satu kepala kompor yang tidak ditutup dalam semalam. Sebagai langkah pengamanan, Elpiji untuk masyarakat harus diberi bau dengan kadar minimal 25 mililiter per ton Elpiji.

 

Pembau yang digunakan adalah ethyl-mercaptan, senyawa hidrokarbon dengan belerang, baunya seperti durian atau telur busuk, tergantung siapa yang menciumnya. Ini zat tak berwarna dengan keenceran seperti bensin premium, dan cair dalam suhu dan tekanan ruang.

 

Karena itu ia harus dilarutkan dengan baik dalam Elpiji, agar bila elpiji bocor, dia juga keluar dan memberi peringatan kepada yang menciumnya. Baunya dikenal sebagai bau gas. Masalahnya bukan tabung, regulator, selang atau kompor . Tapi penyekat karet kecil itu dan kadar pembau dalam Elpiji.

 

Masa Kadaluwarsa Tabung LPG

TABUNG gas elpiji ada masa kadaluwarsanya. Jika anda beli gas, harap diperiksa lebih dahulu, kapan TABUNG tersebut berakhir masa pakainya. Penulisan kadaluwarsa berupa “ALFA CODE”.

Contoh: A 09

 

A = Januari – Maret

B = April – Juni

C = Juli – September

D = Oktober – Desember; maka A 09  adalah : Jan- Mart tahun 2009. (Erna Kusumadewi; Staf HIK – Pengelolaan SDM.General Support; Gedung Oil Center,Jl. MH. Thamrin Kav. 55; Jakarta Pusat, Telp. 021 31906825 ext. 3338;  (Bang Soelist-78; http://blog.fitb.itb.ac.id/usepm/?p=381)-FatchurR

————

 

Lihatlah STNKmu
Pernah dengar SWDKLLJ ?. Coba perhatikan STNK kendaraan. Ketika kita bayar pajak kendaraan secara tidak langsung kita dikenai biaya SWDKLLJ.  SWDKLLJ ini kepanjangan : Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Dengan membayar SWDKLLJ setiap bayar pajak kendaraan, kita terdaftar ikut asuransi yang dikelola oleh perusahaan BUMN yang bernama Jasa Raharja.
Besarnya tarif SWDKLLJ tergantung dari jenis kendaraan.
Untuk motor berkapasitas mesin 50 cc s/d 250 cc, akan dikenai tarif sebesar Rp.35.000,-.
Sedangkan untuk jenis sedan, jeep, dsb., akan dikenai tarif sebesar Rp.143.000,-.

Manfaat yang diperoleh dari SWDKLLJ, kita dapat perlindungan asuransi jika terjadi kecelakaan lalin.
Besar santunan dari Jasa Raharja berdasar Permenkeu RI No 36/PMK.010/2008 dan 37/PMK.010/2008 tanggal 26/2/2008 yakni:
-Meninggal Dunia, sebesar Rp.25 juta,-; -Cacat Tetap (Maksimal), sebesar Rp.25 juta,-
-Biaya Rawat (Maksimal), sebesar Rp.10 juta,-; -Biaya Penguburan, sebesar Rp.2 juta,-

Cara memperoleh santunan.
1. Hubungi kantor Jasa Raharja terdekat.
2. Isi formulir pengajuan, melampirkan: -laporan kecelakaan dari pihak kepolisian ato pihak berwenang; -surat keterangan kesehatan dari dokter yang merawat/RS; -KTP/identitas korban/ahli waris.

3. Jika korban luka2, maka dilampirkan: -kuitansi biaya perawatan & pengobatan yang asli, sedangkan
-jika meninggal dunia maka diperlukan Kartu Keluarga ato Surat Nikah.
4. Hak santunan gugur, jika   lebih dari 6 bulan sejak terjadinya musibah ato tidak dilakukan penagihan dalam waktu 3 bulan sejak hak santunan disetujui Jasa Raharja.

Santunan ini diberikan tidak hanya kepada seseorang / pengemudi, tetapi juga berlaku kepada para penumpang yang ikut menjadi korban kecelakaan. Jadi jangan telat untuk mengurusnya, semoga bermanfaat. (Andre W-A68; dari grup WA IAMDP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita