Wisata snorkeling di Bawean

snorkling BaweanBawean – Selain kendala transportasi, wisatawan yang mau diving di P-Bawean, Kab. Gresik, Jatim, wajib memperhitungkan ini yaitu Peralatan menyelam. Di P-Bawean, memiliki destinasi indah. Di sekitar Pulau Cina, alam bawah lautnya menawan. Terumbu karang maupun aneka jenis ikannya tak kalah kerennya.

Sebagai lokasi wisata yang dikembangkan, di P-Bawean belum terdapat dive center atau tempat persewaan peralatan bagi diver yang ingin menyelam. “Selama ini diver bawa peralatan langsung dari Surabaya,” kata Faisyal Akli, warga Bawean yang mendampingi wisatawan keliling Bawean, (2/11/2014).

Faisyal yang sekarang sudah aktif di UPT Dinas Pariwisata Bawean berharap agar nantinya ada investor yang tertarik menanamkan investasi di Bawean untuk mendorong pertumbuhan tingkat kunjungan wisatawan.

“Kalau ada yang tertarik bisnis persewaan alat selam maupun snorkeling kan bisa memudahkan wisatawan yang ingin menyelam atau menikmati keindahan alam bawah laut di Bawean,” harap Faisyal.

Keluhan senada diungkap Adi Pasaribu, karyawan Dinas Perikanan-Kelautan Pemprov Jatim. Petugas pengembangan daerah pesisir di Jatim ini melihat Bawean berpotensi pariwisata yang luar biasa. “Masih banyak yang harus disiapkan. Pemerintah harus mengajak sektor swasta untuk pengembangannya agar geliatnya semakin cepat,” katanya.

Pantauan detikcom yang mengunjungi Pulau Bawean bersama Tim Ekspedisi Pulau Bawean menyaksikan banyak kekurangan yang dirasakan selama keliling. Selain belum ada persewaan alat selam, papan informasi lokasi wisata maupun pusa informasi wisata tidak ditemui.

Tentunya, hal itu akan membuat wisawatan yang berkunjung tanpa melibatkan guide akan dibuat bingung. Dan yang terparah sebagai daerah tujuan wisata, di Bawean juga masih terkesan jorok.

Hampir setiap sungai yang dijumpai penuh dengan sampah. Warga di pulau yang memiliki dua kecamatan yaitu Sangkapura dan Tambak itu masih membuang sampah di sungai ataupun di pesisir pantai. (http://news.detik.com/surabaya/read/2014/11/02/145127/2736630/475/berencana-diving-di-pulau-cina-bawean-ini-yang-harus-dicatat)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita