logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Wisata Kuliner Yogya yang tidak Biasa

Es Kribo dan Aly Nyet(detikTravel.detik Community)- Wisata kuliner Jogja, jangan cuma berburu nasi Gudeg atau sate khlatak saja. Ada kuliner unik yang bisa kita icip2, Es Kribo dan Aly Nyet namanya. Seusai saya pulang dari Candi Prambanan, hari begitu panas, dan membuat saya cari minuman dingin  menyegarkan.

Saya yang menginap di hotel di dekat Bandara Adisucipto, sepulang dari Candi Prambanan, kembali ke hotel. Sesampai di hotel dan menaruh tas di kamar, saya lihat ada tempat makan di sebelah hotel. Tempat makan ini di area galeri seniman Jogja, Sapto Hoedojo. Setelah duduk, pelayan menyarankan saya pesan makanan di kasir. Sesampai kasir, saya bertanya, es dan makanan unik.

Petugas di kasir menyarankan saya pesan es kribo. Saya pun panasaran dengan es kribo ini. Untuk makanan, saya ditawari Alay Nyet. Ini ayam penyet tapi dibikin unik. Pesanan saya sampai di meja, pertama adalah es kribo. Apa sih es kribo ini?

Setelah saya mulai meminumnya, es kribo ini es buah atau yang biasa disebut dengan sop buah, tapi ditambahkan es krim. Wah lain dari yang lain. Manisnya es krim ditambah segarnya sop buah, mampu membuat saya menghilangkan dahaga dan terasa segar di tengah cuaca panas.

Es buahnya ada buah naga, semangka, pepaya dan melon, Standard es buah. Tapi yang bikin spesial adalah es krimnya menambah kesegaran dan enak es kribo ini. Nah ketika makanan disajikan, saya kaget. Kalau biasanya makanan disajikan di piring, dan penyetnya di tempat cobek atau ulekan, kali ini disajikan di ulekan atau cobek batu. Berbeda memang.

Ayamnya digoreng tepung, disajikan di atas sambal penyet. Selain daging ayam, ada beragam sayur lalapan. Nasinya disajikan berbentuk kerucut. Mantap bener. Sambal memang pedas. Ayam tepungnya terasa bumbunya. Membuat lidah bergoyang dan menari karena pedasnya mantap.

Tak terasa, saya menghabiskan seporsi besar alay nyet ini. Sembari makan, menyeruput es kribo sensasinya mantap benar. Soal harga, murah. Es Kribo  Rp 25 ribu dan Alay Nyet Rp 35 ribu. Mau mencobanya? (Tommy Bernadus; Bahan dari :  https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-4025320/wisata-kuliner-yogya-yang-tak-biasa)-FatchurR *

One Response to Wisata Kuliner Yogya yang tidak Biasa

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Es Kribo dua mcm es dipadukan jd satu, ini benar2 es campur yg sesungguhnya yakni es campur dan es krlm, tekstur es krim yg lembut sambil nyeruput es campur, nikmat rasanya. Sedang menu Alay Nyet lbh unik lagi yakni ayam goreng tepung dipenyet sambal terasi cobek batu, wow layaknya dirmh sj krn umumnya cobek tanah liat bakar, jd sambalnya benar2 melekat banyak digorengan tepungnya. Dipadukan dg mini tumpeng rasa2nya spt dlm suatu seremonial hajatan sj.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita