logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Wisata hijau Surabaya(6/6)

Wisata Sungai Kalimas surabaya(Serial)- 6. Wisata Sungai Kalimas

Dalam sejarahnya, Surabaya pernah punya sungai2 yang ramai sebagai transportasi dan perdagangan. Beberapa diantaranya Kalimas, Kali Wonokromo, dan Kali Surabaya. Seiring rentang waktu, sungai2 itu tercemar karena limbah industri dan sampah yang dibuang oleh manusia.

 

Merujuk informasi Mongabay Indonesia, upaya memperkuat kesadaran untuk menjaga lingkungan perairan, terutama sungai sebagai sumber air terdekat bagi manusia, kini semakin luas merambah ke berbagai kalangan di Jawa Timur.

 

Sekelompok ibu-ibu PKK dari Dusun Sarirejo Desa Bambe Driyorejo Gresik berkomitmen untuk membersihkan sampah di tepi sungai dengan melakukan kerja bakti setiap hari minggu untuk mengurangi beban pencemaran dan menghimbau masyarakat agar tidak lagi membuang sampah maupun buang air besar di sungai.

 

Sungai lain yang kini sudah mendapat perhatian serius akan kebersihannya adalah sungai Kalimas Surabaya. Sungai ini pun akhirnya dijadikan objek wisata oleh Pemerintah Kota Surabaya, selain itu Pemkot juga sering mengadakan kegiatan yang berfokus pada Sungai Kalimas ini.

 

Sungai Kalimas kini kebersihannya relatif terjaga. Masyarakat bisa menumbuhkan kesadaran menjaga kebersihan sungai dengan mengunjungi objek wisata Sungai Kalimas ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kebersihan dan keindahan pemandangan Sungai Kalimas bisa dinikmati dengan menaiki perahu.

 

Wisata air ini tidak pernah sepi pengunjung. Pemkot Surabaya juga telah membuat agenda rutin di Sungai Kalimas ini yaitu festival perahu hias. Sepanjang Kalimas, pengunjung bisa menjelajahi Taman Prestasi di Ketabangkali hingga Jembatan Gubeng, dekat Monumen Kapal Selam (Monkasel).

 

Wisata Sungai Kalimas ini beroperasi hanya di hari Minggu dan hari libur mulai jam enam sampai jam sebelas siang. Keenam destinasi wisata #LiburanHijau ini bisa menjadi inspirasi bagi pembaca untuk melestarikan lingkungan.

 

Terbukti, melestarikan dan merawat kebersihan dan melakukan penghijauan bisa mendatangkan pundi2. Keunikan tempat2 di Surabaya tersebut dapat dijadikan referensi kunjungan wisata yang ramah lingkungan. Tamat.  (http://readersblog.mongabay.co.id/rb/2013/07/21/6-destinasi-wisata-liburanhijau-di-surabaya/)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita