logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Wisata hijau Surabaya(1/6)

kebun bibit wonorejo surabaya(Serial)-Surabaya terkenal sebagai kota metropolis kedua setelah Jakarta. Kota yang berjuluk Kota Pahlawan ini pusat industri, lembaga pendidikan, gedung pemerintahan, dan lahan subur bagi sentra bisnis. Panas terik cuacanya juga tidak mampu menahan keinginan wisatawan untuk berkunjung ke Ibukota Jawa Timur ini.

 

Luasnya Kota Surabaya memang masih menyimpan potensi wisata yang menarik. Berbagai jenis museum, beragam cita rasa resto dan café, dan variasi mall megah. Namun, siapa sangka, Surabaya juga masih menyediakan wisata #liburanhijau yang cocok untuk menikmati green living.

 

1. Kebun Bibit Wonorejo

Taman rekreasi kebun bibit Wonorejo ada sejak 2011. Sebelumnya, area ini digunakan pembibitan berbagai tanaman yang memenuhi kebutuhan penghijauan kota. Lokasi yang dihiasi telaga ini  direvitalisasi dan dimaksimalkan fungsinya. Tidak hanya area mengembang-biakkan berbagai tanaman, tapi sekaligus sebagai tempat wisata yang bisa dinikmati warga kota.

 

Menurut informasi majalah Surabaya City Guide edisi Juli 2011, Hidayat Syah, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya akan melengkapi kebun bibit ini dengan berbagai fasilitas sehingga mirip dengan taman-taman lain di Surabaya. Area dengan luas 5.9 hektar tersebut dilengkapi dengan sarana jogging track, arena bermain anak, dan food terrace.

Selain memiliki telaga, jogging track, dan taman bermain, terdapat area pembibitan tanaman yang tetap dipertahankan sebagai aset kebun. Sebagai tempat pembibitan tanaman, kebun ini dimanfaatkan anak-anak sekolah untuk mengenal nama dan bentuk tanaman serta cara merawat dan mengembangbiakkannya. Hal ini bisa mendukung kesadaran akan cinta lingkungan terhadap anak-anak.

Berbagai tanaman yang ada di kebun ini antara lain jenis pohon pelindung, tanaman hias, dan tanaman berkhasiat obat. Ada petugas khusus yang siap mengajarkan cara pembiakan tanaman. Masyarakat yang gemar bersepatu roda juga bisa memanfaatkan area kebun bibit Wonorejo sebagai tempat yang nyaman yakni di sisi barat kebun tersebut.

Kebun bibit Wonorejo berada di Jalan Kendalsari Wonorejo, Rungkut, Surabaya. Menuju lokasi wisata ini, dari jalan Nginden, Anda langsung melewati jalan baru hingga jembatan MERR, lalu belok ke kiri. Sepanjang jalan ini Anda akan menemui kampus STIKOM, terus ke arah timur sampai sekolah IPH lalu belok kanan tembus jalan Wonorejo. Sesampai di penghujung jalan Anda belok kiri. Sekitar 10 meter Anda sampai di Kebun bibit Wonorejo. Posisi kebun ada di sebelah kiri. Bersambung……… (http://readersblog.mongabay.co.id/rb/2013/07/21/6-destinasi-wisata-liburanhijau-di-surabaya/)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita