Susur Kedunglilo batas Blitar

Susur Kedunglilo batas Blitas-TulungagungMasyarakat Desa Maron, Kademangan, Blitar menyebut tempat ini Kedung Lilo. Kedung Lilo merupakan sebutan jamak untuk aliran sungai yang terletak di pinggiran Desa Maron. Sepintas Kedung Lilo hanyalah sungai biasa, namun siapa pun pasti akan tercengang setelah menyusurinya.

 

Berawal dari penasaran melihat foto-foto kondisi Kedung Lilo yang sepertinya menarik untuk dikunjungi. Akhirnya kami memberanikan diri untuk menyambangi Kedung Lilo secara langsung. Sejauh perjalanan dari Kota Blitar hingga Desa Maron, semua lancar, namun setalah memasuki pedalaman Kedung Lilo semuanya menjadi membingungkan.

 

Secara rinci rute menuju Kedung Lilo dari Blitar : Blitar-Kademangan-Suruhwadang-Kantor Kecamatan Kademangan ke kanan-Maron-perbatasan Maron Panggungduwet berbelok ke kanan mentok -kemudian berbelok ke kanan menuju Kedung Lilo.

 

Dengan menyusuri rute tersebut kami hanya sampai pada sebuah pemandian desa. Dari pemandian tersebut kami melanjutkan perjalanan dengan menyeberangi sungai, naik turun bukit, dan menyusuri jalan setapak menuju sungai.

 

A68-Robby NSBSesampai di sungai kami melakukan penyusuran. Baru sekejap, kami terpukau. Tempat ini keren. Aliran airnya bening sehingga dasar sungai yang berwarna putih dapat terlihat dengan jelas. Keberadaan lumut-lumut berwarna hijau turut mempercantik dan menjadikan sungai ini semakin berwarna.

 

Semakin jauh menyusur makin banyak hal menarik. Berbagai bentuk dan warna batuan indah menghiasi tiap sudut. Selain menyajikan keindahan, batuan-batuan tersebut juga memberikan tantangan bagi kami. Konturnya yang terjal mengharuskan kami untuk memanjat berulang kali.

 

Semakin jauh lagi kami menyusur, makin sering kami jumpai adanya air terjun mini. Dan lagi-lagi selain menyuguhkan keindahan, panorama ini juga begitu menantang. Kami harus memanjat tebing-tebing dipinggiran air terjun untuk dapat menyusur lebih jauh.

 

Satu dua air terjun telah kami lalui. Hal ini cukup menguras tenaga dan memacu adrenalin. Dan puncak keberanian saya hanya sampai pada air terjun kedua. Selepas itu hanya tersedia jalan kecil tepat di atas air terjun.

 

Rombongan lain sampai klimak perjalanan, air terjun yang letaknya teratas dari rangkaian air terjun mini di Kedung Lilo. Penyusuran ini manis, karena keindahan, stamina, dan adrenalin semuanya berjalan beriringan. (Writer : Galy Hardyta; https://travellers2009.wordpress.com/tag/tulungagung/)-FatchurR

2 Responses to Susur Kedunglilo batas Blitar

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Sampai sekarang, di Los Angeles, kalau saya mengenang keindahan Pulau Jawa, dari yang telah saya telusuri dari Timur Banyuwang sampai Barat Ujung Kulon dan Merak, pilihan saya jatuh pada yang dibelahan Selatan lebih pas indahnya bagi saya.
    Desa dan masyarakatnya serta pemandangan alamnya sejak saya kanak kanak sampai tahun 2010 masih tetap asri alami. Masyarakat umum, sangat berperilaku friendly, ramah. Memang memberi kesan masih miskin dan lugu. Tetapi kita bisa banyak belajar bagai mana hidup spirituil sederhana nerimo dari mereka ini. Syukur belakangan ada hotel hotel kecil yang tertata apik dan model perkotaan komersil belum merajalela seperti di Jawa Utara.

    Terakhir saya syukuri, masih belum melihat menjamurnya pertokoan yang tidak consumer friendly, dimana transaksi jadi tidak humanis karena uang diterima tanpa perlu saling kenal sebagai pelanggan. Maksud saya jaringan mini market merek milik pemodal besar yang menjual franchise belum merambah Jawa Selatan. Saya gelo memikirkan lambat laun pedagang lokal tersisihkan, anak keturunannya sudah berpendidikan tinggi malah jadi karyawan dikota besar. Jadi tidak merdeka waktu seperti Ortunya. Kiranya lambat laiun penduduk desa dan kota kecil hanya sisa dari yang berpendidikan baik?

  • Foto no 2, Bupati atau Pakpati Blitar ? Mohon penjelasan! Nuwun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita