logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Sudahkan Alumni memiliki Batik Probolinggo(2/3)

batik manggurKita lanjutkan informasi dari jawatimuran.net. Mudah2an dengan sajian ini membotivasi Alumni untuk berbangga memakai produk kelahiran kita. Batik Manggur bercorak dominan buah mangga dan anggur, ini sudah dituangkan di berbagai jenis kain. Yang terlaris dari kain katun, kain santung dan kain sutra.

 

Pada Oktober 2009, Ibu Malikha pemilik batik Manggur ikut pameran di Gramedia Expo, Surabaya. Pameran yang diikuti pengrajin2 batik se-Jawa Timur ini, ibu Malikha meraih prestasi. Motif batik seribu taman milik beliau terpilih sebagai salah satu motif terbaik.

 

Ibu Malikha berhasil menciptakan banyak motif lain seperti pesisiran, angin, mega mendung, mangga parang, mangga kawung, dan banyak lainnya. Bagi Ibu Malikha tidak sulit untuk membuat desain motif batik. Beliau terinspirasi image Kota Probolinggo yang masyarakatnya pesisir.

 

Beliau tuangkan ide itu ke desain batik bermotif gabungan ada ikan dan rumput laut. Juga motif angin, karena Probolinggo terkenal angin gendingnya yang kencang (September – November). Dibuatlah sketsa desain batik di kain dengan visual menyerupai angin sehingga menjadi motif angin.

 

Dalam pembuatan motif batik tak selalu ada buah mangga dan anggur. Misal julukan kota Probolinggo juga dijadikan batik. Motif kali banger terinspirasi sungai di Probolinggo. Pembuatan motif batik, buah mangga dan anggur tetap ciri khas batiknya, yang sebagian besar motif batiknya  mangga dan anggur.

 

Di akhir 2009, pemilik batik Manggur, mengembangkan bisnis Manggurnya.  Awal bisnisnya, Ibu Malikha dibantu teman2nya yang ikut pelatihan.  Seiring permintaan pasar, Ibu Malikha mengajak warga sekitar membantunya. Beliau harapkan warga sekitar maju dan beliau memilih perempuan ibu rumah tangga.

 

Perempuan2 dilatih membuat batik tulis. Tujuan pelatihan itu, agar keahlian membatik jadi tambahan pendapatan ibu rumah tangga. Kurang lebih 20 orang yang membantu bisnis batik Manggur ini. Pada tanggal 26/6/2010, Ibu Malikha ikut pameran Semipro untuk kedua kalinya.

 

Pada tahun 2011 merek batik Manggurnya didaftarkan ke Dinas Koperindag Probolinggo. Bisnis batik Manggurnya makin maju dan berkembang. Puncaknya April 2013, beliau dapat info dari Kepala Bidang Industri di Dinas Koperindag Probolinggo tentang pendaftaran Batikmark “Batik Indonesia”.

 

Sertifikasi batik dari Kemenperin, “Batikmark” menunjukkan identitas dan ciri batik buatan Indonesia. Beliau dikunjungi tim dari Balai Besar Kerajinan dan Batik. Yang dinilai aspek batik tulis atau campuran. Aspek lain yang dinilai mengenai kualitas hasil, perwarnaan, dan kualitas kain (luntur atau tidaknya).

 

Setelah proses 3 bulan, tim Balai Besar Kerajinan dan Batik memastikan keaslian batiknya. Batik tulis  Ibu Malikha itu hasil desainnya halus. Itu karena sketsa dasar pembuatan desainnya, termasuk proses pengecilan desain. Pengerjaan satu lembar batiknya butuh hingga 2 minggu. Hasilnya halus karena membuat dari canting yang berukuran kecil.

 

September 2013 batik Manggur Ibu Malikha lolos oleh tim penguji dan berhak berlogo Batikmark “Batik Indonesia”. Dengan logo itu, batik Manggur dapat bersaing dengan batik lain. Kini batik Manggur makin digemari. Beliau kerap kali jadi instruktur batik. Undangan jadi instruktur terus dilakoni karena beliau berprinsip berbagi ilmu dengan yang lain

 

(Stefanus Yohan Wijaya, Maria Nala D., Aniendya Christianna. Perancangan Buku Bertema Batik Manggur Probolinggo  Dengan Pendekatan Fotografi (Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain) Universitas Kristen Petra; Bahan dari :  (http://jawatimuran.net/2016/10/25/batik-khas-kota-probolinggo/)-FatchurR

2 Responses to Sudahkan Alumni memiliki Batik Probolinggo(2/3)

  • Harry Reksosamudra says:

    Membayangkan motif Angin Gending diaplikasikan dikain sbg batik, tdk terbayang modelnya tapi ibu Malikha yg punya jiwa seni ternyata berhasil shg dpt lolos pengujian Batikmark.

  • Fatkhur Rochman says:

    Kita yg lahir dan atau di besarkan di Probolinggo, rasanya wajar dan sebaiknya punya batik Bayuangga – Manggur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita