Seniman Jogya

1-pengamen-gitar-jogjaJogja adalah kota, karena di kota ini berbagai kesenian hidup bak jamur musim hujan, dan melahirkan musisi handal nasional-internasional. Seniman di Jogja bukan saja seniman yang terlatih karena mengenyam pendidikan seni. Banyak pula seniman di Jogja yang besar lantaran menempa karya di jalan.

 

Maklum, di Jogja kita bisa mengeksplorasi kemampuan seni dan kepekaan estetis bebas. Musisi jalanan di Jogja banyak, dan tidak seragam. Mereka bergaya ekspolarsi seninya masing masing. Ciri khasnya musisi itu membuat mereka dikenal masyarakat. Setidaknya ada lima ciri khas gaya pengamen di Jogja.

 

1. Pengamen Bergitar

Ini jenis pengamen yang paling sering kita temui. Pengamen bergitar tidak hanya ada di Jogja. Secara umum, ada dua tipe pengamen bergitar. Pengamen bergitar sendirian. Pengamen ini memainkan gitar sekaligus bernyanyi pada saat yang bersamaan.

 

Tipe kedua, pengamen gitar berkelompok. Jenis pengamen ini tidak hanya memainkan satu alat musik saja. Selain ada yang memainkan gitar, ada pula yang memainkan alat musik yang lain seperti ketipung, harmoni, kencrung atau alat musik lain.

 

2-Pengamen Angklung2. Pengamen Angklung

Mengamen dengan angklung marak juga dan meramaikan sudut2 kota Jogja dengan berkelompok. Mereka terdiri dari beberapa orang yang membawa alat musik berbeda. Ada yang membawa angklung, lebih dari satu. Ada yang bawa ketipung. Selain melantunkan musik, ada juga yang bertugas bergoyang.

 

Berbeda dengan pengamen bergitar, pengamen angklung ini menetap di satu tempat. Pengamen angklung bisa kamu temui di jalan Malioboro, perempatan samping satlantas, perempatan gondomanan, dan beberapa ruas jalan lainnya.

 

3-jathilan13. Pengamen Seni Tradisi

Pengamen ini memadukan unsur seni tradisi seperti tarian dan alat musik tradisional. Ciri pengamen seni tradisi ini menggunakan alat musik tradisional dan busana tradisional : Kostum pemain jathilan atau reog. Pengamen jenis ini banyak kita jumpai di perempatan, terutama perempatan ring road.

 

Penari dalam pengamen seni tradisi ini bisa laki-laki maupun perempuan. Para penari bergoyang sesuai dengan irama kenong yang dipukul oleh pembawa alat musik. Para penari itu pula yang menudian bertugas berkeliling memutar kotak kepada pengguna jalan yang tengah berhenti di lampu merah.

 

4-hantu-nol-km4. Pengamen Berkostum Unik

Pengamen berkostum unik bisa ditemui di Titik Nol Kilometer Jogja. Mereka menggunakan kostum unik untuk menarik perhatian pengunjung. Bilamana ada pengunjung yang tertarik, pengamen menawarinya untuk berfoto bersama. Setelah berfoto, pengunjung bisa memberi uang seikhlasnya.

 

Kostum yang dipakai pengamen ini beragam. Ada beberapa kostum yang sering dipakai, yakni kostum vampir, mumi, prajurit cina lengkap dengan tombaknya, dan kostum badut. Sejauh ini pengamen berkostum ini hanya ada di kawasan Titik Nol Kilometer Jogja.

 

5-pengamenbuskota5. Pengamen dengan Pemutar Musik.

Pengamen jenis ini membawa alat pemutar musik dan memutar lagu, biasanya dangdut. Pengamen jenis ini menyalakan pemutar musik, lalu dia bergoyang mengikuti irama musik. Pengamen dengan pemutar musik ini beraksi di sepanjang Jalan Mangkubumi hingga Jalan Malioboro. (http://jogjastudent.com/5-gaya-pengamen-jogja/)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita