Selfie Maut Narsis Berujung Nyawa Melayang

Selfie Maut Narsis Berujung Nyawa Melayang(lifestyle.sindonews.com)-MAKSUD hati ingin berfoto Selfie (swafoto) terbaik, tapi  mendapat petaka. Selfie berujung kematian kian marak di dunia. Menurut data medio Oktober 2011 hingga November 2017, ada 259 kasus kematian karena selfie di dunia dan persentase tertinggi ada di India.

 

Tenggelam, transportasi, dan jatuh adalah penyebab tersering kematian terkait selfie. Berikut 10 Negara dengan kasus kematian terbanyak akibat Swafoto

 

1-India
Jumlah kematian akibat selfie yang direkam : 76 kasus

India sejauh ini mencatat lebih dari 60% dari semua kematian terkait selfie di dunia. Menurut studi oleh Indraprastha Institute of Information di India dan Carnegie Mellon University di AS, 76 dari 127 kematian akibat swafoto terjadi di India

 

Salah satu kasus yang menyedot perhatian saar siswa usia (21) tahun ditabrak KA dan meninggal di tempat saat mencoba berfoto selfie di Benggala Barat. Pemerintah India kini mengambil langkah untuk meredam fenomena menyedihkan ini. Misalnya, ada rencana untuk mendirikan “zona larangan selfie.

 

2-Pakistan

Jumlah kematian akibat selfie yang direkam : 9 kasus

Kematian selfie terkenal adalah ketika turis terpeleset dari tangga saat berswafoto di Taj Mahal. Di Peshawar, gadis usia (11) jatuh ke Sungai Kunhar dan tenggelam saat berfoto selfie yang sempurna. Kematian terkait ketinggian, yang lain adalah karena hewan, listrik, kereta api, dan air.

 

3-Amerika Serikat

umlah kematian akibat selfie yang direkam : 8 kasus

Kematian selfie juga menjadi masalah yang berkembang di AS. Pada 2014, seorang pilot berusia 29 tahun tewas dalam kecelakaan pesawat yang diduga melakukan selfie. Kecelakaan itu juga menyebabkan kematian seorang penumpang di dalamnya.

 

Menurut Dephub AS, 33.000 orang terlibat kecelakaan saat mengemudi dan menggunakan ponsel. Gangguan yang dilaporkan termasuk mengambil, mengupload, mengedit, atau membuka foto selfie.  Studi oleh Erie Insurance Group menunjukkan 4% dari semua pengemudi yang mengikuti survei mengaku sedang selfie saat mengemudi.

 

4-Rusia
Jumlah kematian akibat selfie yang direkam : 6 kasus

Gadis usia (17) tersengat listrik 1.500 volt saat memegang kabel listrik ketika untuk berfoto selfie. Dalam insiden lain, gadis (21) tak sengaja menembak dirinya saat berpose selfie. Kisah tragis lain melibatkan kematian 3 anak tertabrak KA yang bergerak saat berswafoto.

 

Otoritas Rusia mengambil tindakan preventif mencegah kematian terkait selfie. Misalnya, Kemendagri  merilis poster grafis dan peringatan yang disebut “Selfie”. Peringatan khusus ini mengingatkan bahaya berfoto selfie di gedung tinggi, sumber listrik, dan rel kereta api

 

5-Filipina
Jumlah kematian akibat selfie yang direkam : 4 kasus

Pada tahun 2014, perayaan ulang tahun di kota Bangui, Filipina, berubah menjadi tragedi ketika seorang siswa berusia 18 tahun tenggelam setelah melakukan selfie di pantai. Kematian selfie yang disebabkan oleh senjata api juga umum terjadi di Filipina. Seorang anak laki-laki berusia 15 tahun secara tidak sengaja menembak dirinya sendiri di dagu saat mengambil foto selfie.

 

6-China

Jumlah kematian akibat selfie yang direkam : 4 kasus

Kematian akibat selfie terheboh di China adalah kematian Yong Ning (2017). Pemuda yang populer di medsos karena aksi-aksinya yang berbahaya Yong Ning, nama aslinya Wu Yongning ditemukan wafat setelah terjatuh dari gedung setinggi 62 lantai saat sedang berselfei.

 

7-Spanyol

Kasus kematian akibat selfie yang direkam : 3 kasus

Kematian akibat selfie di Spanyol yang menyedot perhatian adalah kasus Sylwia Rajchel. Mahasiswi kedokteran (23) itu meninggal dunia setelah jatuh dari jembatan setinggi 4,5 meter saat ambil foto dirinya.
Lokasi jatuhnya Rajchel di jembatan Puente de Triana di Seville, Spanyol Selatan. Sebelum terjatuh Rajchel menyeimbangkan dirinya di tepi jembatan ketika insiden terjadi lepas tengah malam.

 

8-Indonesia

Kasus kematian akibat selfie yang direkam : 2 kasus

Kematian Erri Yunanto (21), mahasiswa Atma Jaya, Yogya di Gunung Merapi Yogya jadi kematian akibat selfie paling mengebohkan. Erri meregang nyawa ketika selfie di atas Puncak Garuda, Gunung Merapi pada 16/5/2015. Tim penyelamat gabungan mengevakuasi tubuh Erri yang tewas. 70 orang dikerahkan untuk mengangkat tubuh Erri dari kawah sedalam 200 meter.

 

9-Portugal
Kasus kematian akibat selfie : 2 kasus

Kematian akibat selfie menggemparkan di Portugal di kawasan Cabo de Roca Lisabon. Agustus 2014 pasangan suami istri Polandia tewas mengenaskan ketika selfie di atas tebing di Portugal. Keduanya ingin dapat view laut di sekitar kawasan Cabo de Roca, lalu nekat melewati batas penghalang tebing.

 

Pasutri itu jatuh ketika sedang mencoba untuk mengambil selfie. Mereka diperkirakan jatuh dari tebing dengan ketinggian sekitar 260 meter ke jurang.

 

10-Peru

Kasus kematian akibat selfie : 2 kasus

Peru di Amerika Latin dengan tingkat kematian akibat foto selfie terbanyak. Kematian akibat swafoto yaitu turis Jerman Olivier Par yang eninggal setelah berfoto di area terlarang di situs terkenal Machu Picchu. Olivier berusaha ambil foto dari puncak bangunan di Machu Picchu, sebelum ia terpeleset dan jatuh dari ketinggian 130 kaki dari permukaan tanah.

 

(ysw; Wahyono; Bahan dari : www.worldatlas.com dan https://lifestyle.sindonews.com/read/232268/156/tren-selfie-maut-narsis-berujung-nyawa-melayang-1605359476)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita