Pesona Taman Bunga Cipanas

Pesona Taman Bunga CipanasMenikmati pesona alam hamparan perkebunan teh yang hijau dan luas, merupakan sajian wisata alam yang dapat disaksikan ketika berkunjung dan berwisata ke Kawasan Wisata Puncak Pass Bogor. Dibalik keindahan perkebunan teh itu, tersimpan objek menarik lain berpanorama alam yang tidak kalah indah.

 

Bagi kalangan wisatawan, keberadaan taman wisata ini cukup lama diketahui. Tidak sedikit yang pernah datang berwisata menikmatinya. Bagi anda yang belum pernah berkunjung, ada baiknya meluangkan waktu bersama keluarga, menikmati keceriaan yang ditawarkan pada Taman Bunga Nusantara Cipanas.

 

Kawasan Taman Bunga Nusantara (TBN), berada antara G. Gede Pangrango-Taman Wisata Perkebunan Teh Gunung Mas Puncak Bogor. Terletak di Jalan Mariawati, Desa Kawung Luwuk, Cipanas Bogor atau ± 7 Km bila ditempuh dari Puncak. Selain dari Bogor, akses ke lokasi dapat ditempuh melalui Jakarta.

 

Bila Lalin lintas tidak padat, lokasi TBN dicapai 2 – 2,5 jam perjalanan. TBN, sebuah pusat rekreasi yang diresmikan Ibu Tien Soeharto (1995). Obyek ini ditetapkan jadi lokasi wisata, yang juga difungsikan sebagai kawasan budidaya berbagai jenis bunga serta berbagai jenis tanaman hias lain.

 

Terdapat ±  2000 jenis koleksi tanaman Anggrek, ditemukan pada kawasan yang dibangun pada areal dengan luas ± 35 HA ini. Sesampai di Taman, tampak pemandangan indah dari taman bunga. Beberapa taman dibentuk menyerupai seekor Burung Merak serta sebuah Jam Raksasa.

 

Taman yang terbuat dari susunan berbagai jenis bunga itu, sepertinya dapat menjadi perwakilan dan sebuah gambaran yang mampu menjelaskan kepada kita, betapa indahnya berbagai suguhan pemandangan alam didalam kawasan taman bunga tersebut.

 

Berjalan dan bekeliling menikmati pesona pemandangan alam yang tersaji di TBN, merupakan salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Pasalnya, selain menyuguhkan nuansa pemandangan alam yang tampak dan terasa begitu asri, udara disekitar kawasan TBN ini terasa begitu sejuk dan menyegarkan.

 

Terdapat beberapa areal menarik berupa taman-taman yang indah, dapat kita kunjungi guna menyaksikan pesona dari berbagai jenis koleksi tanaman hias pada kawasan Taman Bunga Nusantara tersebut. Salah satunya, yakni Rumah Kaca.

 

Lokasi tersebut tergolong begitu istimewa, pasalnya beraneka jenis koleksi tanaman hias dapat kita temukan pada sebuah bangunan dengan luas lebih kurang sekitar 2.200 meter persegi, dan telah dilengkapi dengan sekitar 3.000 panel yang terbuat dari bahan kaca transparan tersebut.

 

Selain itu, kita juga dapat mengunjungi sebuah danau buatan bernama Danau Angsa, untuk menyaksikan pesona serta keindahan dari berbagai jenis tanaman Bunga Teratai. Nah, menarik sekali bukan?

Selain itu, terdapat banyak areal lain berupa taman, berbagai keunikan dan keistimewaan, dan dapat kita kunjungi didalam kawasan TBN. Diantaranya, yakni Taman air, Taman Mawar, Taman Perancis,Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Palem, serta beberapa areal taman lainnya yang dibagun dengan nuansa layaknya dinegara Jepang.

 

Semua taman itu, menjadi lokasi penyimpanan serta budidaya berbagai koleksi tanaman hias yang berbeda. Pihak pengelola TBN menyediakan berbagai fasilitas pendukung berupa sarana dan prasarana wisata, yang bertujuan untuk lebih meningkatkan pelayanan serta kenyamanan bagi para pengunjung.

 

Diantaranya, yakni Kereta Datto dan Mobil Wira Wiri. Kedua pilihan fasilitas ini, membawa kita keliling  mengenalkan obyek menarik yang dapat disaksikan pada TBN. Berbagai koleksi tanaman hias, menjadi bagian dari berbagai penjelasan yang didapatkan pada kegiatan yang menawarkan banyak keceriaan itu.

 

Disamping itu, terdapat pula sebuah Menara Pandang yang tinggi dan dipersiapkan pihak pengelola, untuk digunakan pengunjung sebagai titik guna menyaksikan bebagai pesona pemandangan alam yang tersaji pada TBN. Pemandangan yang tersaji pada kawasan ini, pasti lihat makin indah bila disaksikan melalui menara itu.

 

Wajah taman bunga terlihat indah dengan berbagai perpaduan warna-warni dari berbagai jenis bunga. Selain itu, terdapat pula sebuah areal yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk bermain didalam sebuah areal taman bernama Taman Labirin.

 

Masih banyak fasilitas menarik yang dapat ditemukan pada TBN. Dintaranya, yakni Rafflesia Mini Theater, Gazebo, Alam Imajinasi, Lokasi Piknik Area, Poliklinik, serta Nany’s Galleria. Jadi, jangan lupa untuk meluangkan waktu guna mengunjungi salah satu dari berbagai objek wisata andalan yang terdapat di Kota Hujan tersebut.  (http://jalan2.com/city/bogor/taman-bunga-nusantara-cipanas/)-FatchurR

One Response to Pesona Taman Bunga Cipanas

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Wah terima kasih mas Aguk. Kalau ke Jakarta, atau ke Bogor, bete aja jadinya, kalau terlalu lama disana.Karena ga tau tempat wisata Cipanas. Ada istana Negara (tempat peristirahan presiden di Cipanas kan mas? Kemarin waktu HUT Kemerdekaan, Prabowo menggelar upacara, dan menjadi Pemimpin Upacara disini. Benar ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita