logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Penyebab Gorengan Lembek saat dingin

Penyebab Gorengan Lembek saat dingin(food.detik.com)-Jakarta; Bakwan goreng yang Anda buat tidak kriuk renyah saat dimakan? Atau lembek tengahnya? Bikin gorengan itu  gampang. Sayuran, seafood, tempe dan tahu bisa jadi pilihan.

 

Meski hanya mencampur dengan adonan tepung nyatanya banyak yang mengalami kegagalan. Gorengan pinggirannya gosong, bagian tengahnya lembek atau sama sekali tidak kering. Beberapa hal yang terlihat sepele ini bisa jadi penyebabnya.

 

1-Pelit Minyak
Kesalahan ini paling sering terjadi. Alih2 berhemat hasil gorengan tidak rata dan tidak kering. Hanya kering satu sisinya saja, bagian tengahnya lembek.Karena minyak kurang.

Minyak panas berfungsi mengeringkan dan mematangkan bahan makanan yang digoreng. Mengoreng atau deep frying harus pakai minyak banyak. Minimal 1 liter untuk porsi sedang. Pastikan bahan makanan yang digoreng benar2 terendam minyak seluruhnya bukan hanya satu sisi saja.

 

2-Ukuran Wajan tak sesuai

Wajan yang terlalu kecil dengan jumlah gorengan banyak membuat gorengan lebih lama kering dan matang. Yang paling sering terjadi gorengan matang tak merata.

Ini karena ruang untuk minyak panas kurang luas. Tidak harus pakai wajan, Andab isa pakai panci untuk menggoreng. Tuangkan saja minyak dalam panci. Panci yang cekung akan membuat minyak cepat panas dan merata mematangkan gorengan.

 

3-Api terlalu besar
Menggoreng harus pakai minyak panas tetapi jika terlalu besar apinya maka minyak jadi terlalu panas. Bahan yang digoreng akan cepat gosong sementara bagian dalamnya masih lembek. Gunakan api sedang dan tak perlu membalik-balik gorengan. Jika terendam minyak dengan baik dan suhu minyak stabil, gorengan akan matang merata hingga ke bagian dalamnya.

 

4-Adonan terlalu banyak mengandung air

Adonan tepung terigu perlu untuk mengikat bahan makanan yang digoreng agar renyah. Tetapi jika adonan terlalu banyak air maka gorengan lebih lama kering. Perlu waktu lama menguapkan air dalam adonan.

 

Perlu diingat jika memakai sayuran, sayuran juga mengandung air. Karenanya perlu waktu lama menguapkan air di sayuran dan adonan agar jadi kering dan renyah. (Odi; Odi;

Odilia Winneke Setiawati; Bahan dari :  https://food.detik.com/info-kuliner/d-4089680/gorengan-selalu-lembek-saat-dingin-bisa-jadi-ini-penyebabnya)-FatchurR *

One Response to Penyebab Gorengan Lembek saat dingin

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Menggoreng dirmh tangga beda dg penjual yg gunakan banyak minyak shg hasilnya kriuk matang merata, ya krn banyak yg digoreng praktis sering menambah minyaknya. Lain dg rumahan yg para ibu2 dg adanya internet mendpt info jk minyak buat menggoreng mesti 3 X pakai, sdh diganti minyak baru, lbh dr 3 X malah menimbulkan resiko berbagai kemungkinan yg diketahui para ibu rmh tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita