logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pedas Nendang-Rica Menthok Racikan Bondowoso

Pedas Nendang-Rica Menthok Racikan Bondowoso(food.detik.com)-BONDOWOSO; Kali ini bukan rica2 Manado, tapi dari Bondowoso. Yang diolah menthok yang dagingnya empuk juicy dan pedas menyengat bumbunya. Menthok (bahasa Jawa) itu unggas persilangan antara itik dan angsa.

 

Kalau di Jatim umumnya diolah dengan digoreng garing dan disantap dengan sambal, kali ini berbeda. Sama seperti jenis unggas lain seperti bebek, kalkun, dan burung puyuh, daging menthok juga empuk, dengan lapisan lemak yang juicy. Bisa diolah dengan berbagai bumbu.

 

menthokUntuk mengolah daging menthok, perlu proses panjang. Menthokang sudah disembelih lalu dipotong kecil2 ukuran 2 – 3 cm. Daging direbus selama beberapa jam hingga daging empuk, lalu diolah.

Daging menthok bisa dijadikan bermacam olahan berbagai citarasa, sesuai selera. Yang afdol dimasak rica-rica yang pedasnya menyengat lidah. Pemilihan citarasa ini karena bagi sebagian orang daging menthok agak amis dibanding daging bebek. Ketika matang dan siap saji, daging rica-rica menthok pedas menggetarkan lidah, saking lezatnya.

Citarasa perpaduan gurih rempah, asin, dan sedikit manis. Ditambah rasa pedas menyengat dari cabai yang dipakai. Tak sampai di situ. Tambahan daun kemangi segar yang dicampur bersama bumbu rempah lain dan santan encer menambah aroma sangat segar dan wangi. Rica-rica menthok pun siap dinikmati.

 

Cara penyajian rica-rica menthok sederhana. Yakni seporsi rica-rica menthok yang ditaruh di piring dipadu nasi putih hangat. Tak ada tambahan menu pelengkap lain. Kalaupun ada tambahan, cuma beberapa potong irisan mentimun sebagai lalapan penyegar dan pengurang rasa pedas.

“Mengolah daging menthok memang harus telaten dan sabar. Karena tekstur dagingnya memang agak kenyal dan alot,” kata Wahyudi, pengelola warung RicMen, yang merupakan satu-satunya warung rica-rica menthok di Bondowoso, saat ditemui detikfood, Minggu (3/2/2019).

Daging menthok sebaiknya memang dipotong kecil-kecil. Karena selain agar daging dan tulangnya cepat empuk ketika dimasak, juga agar bumbu-bumbunya dapat meresap hingga ke tulangnya.

“Awalnya orang2 heran. Tapi alhamdulillah, kini mulai banyak yang kenal dan menyukai. Banyak dari luar kota seperti Jember dan Situbondo,” terang bapak tiga anak itu. Seorang pengunjung, Yulianti (53), mengaku dirinya tidak pernah tau daging menthok itu bisa diolah dan jadi masakan yang sangat lezat.

“Tetangga saya banyak sih, yang memelihara menthok. Tapi tak ada yang tahu jika enak kalau diolah. Yang lazim kan memang bebek,” terang Yulianti, yang mengaku asal Jember.

 

Rica2 salah satu jenis bumbu makanan khas Manado. Memakai cabe merah dan cabe rawit merah, bawang merah dan bawang putih dengan ciri khas pedas menyengat dari cabai khas Manado. Jadi kebayang lezatnya mentok berbalut bumbu rica-rica yang disuap dengan nasi hangat. Uenake pol; (odi/odi; Chuk Shatu W; Bahan dari : https://food.detik.com/info-kuliner/d-4412209/huaah-pedas-nendang-rica-rica-menthok-racikan-bondowoso)-FatchurR *

One Response to Pedas Nendang-Rica Menthok Racikan Bondowoso

  • Harry Reksosamudra says:

    Menu rica2 menthok belum dikenal di Sby, pdhal depot/resto dr seluruh Jatim bahkan pulau seberang, sdh pating keleler dikota Bajul ini. Aplgi asal Bondowoso Jember, sdh banyak disini depot Kipas misalnya, ada teman cewek dr kota Tape, jk pesan rujak cingur rawitnya minta 15 belas bahkan msh plus keletusan cabe kala mkn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita