Oleh oleh dari Tulungagung

1-Madu MongsoSeorang Alumni senior A68, sedang kedinginan ketika pergi ke Tulungagung, rupanya masa “Bediding” saat dia ke kota tersebut. Mari sejenak melupakan dia yang mempertebal bajunya dan melirik pilihan oleh-oleh Tulungagung yang kita harapkan, siapa tahu kita kebagian :

 

1-Madu Mongso

Makanan ini terbuat dari tape ketan hitam yang dibikin dodol atau bahasa jawanya “jenang” dengan ingridient gula merah atau gula putih, santan kelapa, diaduk kayak dodol beberapa jam sampai tercampur dan matang, jadilah yang namanya madu mongso ini. Gurih gurih kriuk, kayak krupuk kalo yang dicampur sama udang atau ebi  lebih mantep.

 

2-Arang rengginang Tulungagung2-Arang rengginang

Rengginang atau kalo di Tulungagung disebut “Arang arang ginang” atau ada yang mengistilahkan “Kerupuk Beras”

 

Bahannya biasanya Ketan/ Beras ketan di tanak kayak menanak nasi gitu, dikasih bumbu seperti bawang putih, garam, terus ebi yang udah dihaluskan, ditanah seperti nasi  biasa terus dikukus, sesudah matang waktu hangat dibentuk bulat bulat. Nggak boleh terlalu padet biar mekar kalo digoreng, dijemur hingga kering baru deh digoreng dan siap disantap.

 

3-Kacang Sanghai-Kacang Sukro cap OK3-Kacang Sanghai-Kacang Sukro cap OK

Salah satu oleh oleh kesukaan yang bikin nggak berhenti mengunyah dari kota ini kacang sukro (kacang Sanghai). Seperti kacang telur, bukan dari tepung terigu tapi kulitnya terbuat dari tepung ubi/ tapioka yang dibumbui dan dalamnya ada kacangnya.

 

Kacang sukro Cap OKe dari Tulungagung ini enak gurih dan bikin ketagihan. Penampakan kacang Sukro/ kacang Sanghai Cap Oke, dulu yang terkenal cap MACAN.

 

Bagi yang kebagian oleh oleh dari yang bersangkutan, hayo testimoni rasa makanan khas kota “Tulungagung”. Ada banyak lagi seperti kerupuk rambak/ kerupuk kulit sapi atau kerbau, geti (dari wijen, dodol, monggo dipun raosaken. (http://artyakinanthi.wordpress.com/2012/07/24/makanan-khas-kampung-halaman-tulungagung/)-FatchurR

4 Responses to Oleh oleh dari Tulungagung

  • RobbyNSB says:

    Klau camilan nya :MANCHO, hasil bumi : NANAS, hasil produksi : KONFEKSI ( baju anak, remaja, dewasa dll, sprei (bantal guling, badcover dll)., hidangan/ minumannya; RONDE NDESO.dan NASI PECEL sambel TELO, pedesnya koyok DYNAMIT. dan msh banyak lagi. Tempat Hiburan : Pantai POPOH, PERIGI, KARANGGONGSO., HOTEL. nya : HO ISTANA. NASIONAL, NARITA, PANORAMA. UNTUK PRIA yg biasa roko an juga ada pabrik nya : PR RETJO PENTUNG., Angkutan UMUM : BIS SRI LESTARI, HARAPAN JAYA.

  • Fatkhurr says:

    Terima kasih cak, tambahan informasinya

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Tahun 1963 saya sudah pesiar di Tulung agung selama seminggu. menemani pelatih bolabasket saya yang dari Peace Corps USA. Yang ingin ditelusuri saya malah tidak tau. Dia taunya sejak di USA, saat pelatihan diberi tau berbagai lokasi yang layak dikunjungi.

    Gua perlindungan Jepang, Bendungan Air Neyama buatan saat penjajahan Jepang di Indonesia yang belum selesai. Saya sempat membawa masuk jeep 1944 bekas perang kedalam terowongan yang belum ada airnya.

    Yang menarik saat menuju Pantai Popoh adalah atraksi yang tidak terlupakan oleh saya. Budaya panahan di Campur Darat, dilapangan sebelah kiri jalan menuju Popoh. Setelah berkeluarga, anak anak saya selalu saya sempatkan nonton lomba panahan tradisionil ini. Pantesan pernah terjadi Tulungagung melahirkan seorang wanita yang beberapa tahun menjuarai Panahan Nasional.
    Kalau pantai Popoh, seperti umumnya pantai Samudra Hindia di Pulau Jawa, dari Pantai Plengkung, Rajekwesi Pulau merah di Banyuwangi Selatan ke Barat Binuangan di Ujung Kulon, indah asri alami sampai kunjungan saya tahun 2003.

  • Pingback: Oleh Oleh Khas Tulungagung - Jenis Khas Ole Ole Makanan Kuliner di Medan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita