logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Nasi Becek makanan tradisional Khas Nganjuk

nasi becek makanan tradisional nganjuk(negerikuindonesia.com)- Makanan satu ini santapan jenis kare atau gulai khas dari Nganjuk, Jawa Timur. Namanya Nasi Becek. Ini adalah makanan tradisional hampir mirip dengan kare kambing atau gulai kambing.

 

Walau mirip dengan gulai kambing, namun Nasi Becek ini bercita rasa dan penyajian sedikit berbeda. Nasi Becek ini salah satu makanan khas dari Nganjuk. Karena rasanya khas, makanan ini sangat diminati dan jadi salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di sana.

 

Keistimewaan Nasi Becek

Makanan ini sekilas terlihat mirip dengan kare kambing atau gulai kambing, namun Nasi Becek disajikan seperti soto babat dan didalamnya ada irisan kubis, kecambah dan potongan daging atau babat. Juga  ditambah sate kambing sebagai menu pelengkapnya. Perpaduan rasa kuah dan sate inil jadi keistimewaan Nasi Becek.

 

Pengelolaan Nasi Becek

Proses pengolahannya, kuah Nasi Becek ini berbumbu lengkap dari bumbu yang dihaluskan hingga bumbu rempah, sehingga cita rasa bumbunya terasa di lidah saat menyantapnya. Selain itu ditambahkan dengan potongan daging kambing dan jeroan membuat Nasi Becek ini makin nikmat.

 

Nasi Becek ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan di atasnya juga terdapat aneka trancam seperti irisan kubis, seledri, dan kecambah. kemudian disiram dengan kuah dan dagingnya. Untuk sate kambing biasanya disajikan secara terpisah atau disajikan langsung di atas Nasi Becek.

 

Cita Rasa Nasi Bebek

Nasi Becek ini bercita rasa khas. Walau kuahnya terbuat dari aneka bumbu beragam, namun kuah memiliki rasa yang pas dan tidak terlalu menyengat. Isian daging pada kuah itu terasa empuk sehingga tidak susah menyantapnya. Salah satu ciri khas Nasi Becek ini perpaduan rasa kuah dan sate kambingnya

 

Sate kambing ini lebih dahulu dibumbui kacang, kecap dan irisan bawang merah. Sehingga bila dibanding kuah Nasi Beceknya akan menjadi dua rasa yang berbeda dan bila keduanya dipadukan akan menjadi satu rasa yang sangat khas.

 

Tempat Kuliner Nasi Becek

Bagi anda yang ke Kota Nganjuk, kurang lengkap bila belum menikmati makanan ini. Nasi Becek ini salah satu makanan tradisional yang terkenal. Salah satu tempat kuliner Nasi Becek yang mudah dijumpai di Jl. Dr. Soetomo, Nganjuk. Selain itu banyak penjual Nasi Becek yang berjualan di daerah Nganjuk lainnya.

 

Yuk Cintai Dan Lestarikan Kuliner Tradisional kita (Bahan dari : http://www.negerikuindonesia.com/2015/09/nasi-becek-makanan-tradisional-dari.html?m=1)-FatchurR

4 Responses to Nasi Becek makanan tradisional Khas Nganjuk

  • Dan rJenny Rijanto says:

    Waduh enaknya jd pingin tp kok jauh hrs ke nganjuk ya
    Memang kuliner2 Nusantara ini yummy2 dng bervariasi rasanya juga kue2 tradisionilnya .Trim Cak infonya akan sy promosikan ke mrk yang sk berpergian ke solo lwt jln darat kan lwt nganjuk

  • Nasi becek ala Nganjuk, perpaduan antara gulai & kare, mmg gulai yg dibikin di Indo sdh disesuaikan selera lokal yg dicampur santan shg dr segi rasa maupun tampilan antara gulai ala Indo & kare beda tipis. Sy pernah mkn gule bikinan keluarga org Arab, menurut pembuatnya aseli cita rasa negeri luhurnya, Arab Saudi.
    Mrk mencampurkan kacang hijau kental, jd tdk spt gulai sekera lokal berkuah, sedang gule Arab ini tdk berkuah krn kacang hijaunya banyak shg betul2 kental dan tdk ada kuah menetes kala diambil dr panci. Ada satu lagi keunikan gule Arab ini, yaitu rasa pedas luar biasa tanpa rasa santan, jd beda dg taste gulai lokal, sama2 nikmat nya.

  • fatkhurr says:

    Hebat banyak pengalaman kuliner p. HRS

  • Manta salesman yg keliling ke mana2 jadi sedikit banyak melihat & merasakan, lg santai mkn sore/mlm ketemu teman diwarung, namae pengelana ya yg diomong soal kulineran he he

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita