Menikmati pantai Pink

ac-Mimik ijenSekitar seminggu jelang Ramadhan, senior kita yang berdomisili di Mataram (Mimik A) berwisata lokal. Saya sependapat jika teman2 Alumni lainnya mengutamakan wisata dalam negeri, mengendorkan ketegangan otot yang capek akibat kerutinan, juga menikmati indahnya pemandangan serta ikut meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Yuk kita ikut bergembira bersamanya

 

KOMPAS.com – Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu ikon pariwisata di Indonesia yang namanya dikenal wisatawan dalam dan luar negeri. Hampir semua pantai di Pulau Lombok selalu memikat para wisatawan. Salah satu pantai yang tidak kalah menarik adalah Pantai Pink.

 

aa-Pink Mimik APantai ini di Desa Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab-Lombok Timur. Untuk mencapai Pantai Pink ditempuh ± 2jam dari Mataram, Ibu Kota NTB. Pantai bernama Pantai Tangsi ini disebut Pantai Pink karena warna pasirnya didominasi warna pink dan memiliki panorama alam yang mengesankan dan keindahan alam yang begitu menakjubkan.

Pada awalnya tidak banyak yang mengetahui keberadaan pantai cantik ini. Pantai ini hanya digunakan sebagai tempat transit nelayan-nelayan yang berasal dari Desa Tanjung Luar. Selain keindahan pantainya, di kawasan ini juga terdapat goa bersejarah peninggalan Jepang.

 

Konon kabarnya di tempat ini dulunya tempat ini digunakan sebagai barak tentara Jepang ketika mendarat di Lombok pada tahun 1942. Selain untuk tempat persembunyian, goa ini menjadi tempat untuk mengintai musuh (sekutu) karena letaknya yang strategis dan menghadap pantai.

ab-Pink Mimik RombPantai Pink memiliki daya tarik tersendiri karena kekhasan warna pasirnya. Warna pink terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai tersebut.

Tak kalah menariknya pada pantai ini dikelilingi tebing-tebing. Dari atas tebing, wisatawan dapat menikmati panorama alam seiring dengan embusan angin laut. Suara ombak sangat mengesankan membuat terpukau yang menikmatinya.

Namun sayang kondisi infrastruktur jalan menuju Pantai Pink itu belum baik. Belum lagi tidak ada fasilitas umum memadai, seperti toilet, tempat ibadah serta transportasi umum ke pantai yang belum tersedia. Sebaiknya wisatawan membawa kendaraan dan membawa bekal karena di sana tidak ada warung.

ad-Pink-PantaiMeski jalan ke pantai ini terbilang buruk, namun jangan khawatir rasa lelah di jalan terbayar jika Anda sampai di Pantai Pink. Pemandangan indah seakan menghapus rasa lelah,  dengan deru ombak kecilnya yang dapat menenangkan hati dan pikiran. Mata Anda akan terbelalak karena melihat hamparan pasir pink dan laut hijau kebiruan yang terhampar di Pantai Tangsi.

 

Kekayaan bawah laut pantai ini menawan. Tidak perlu menyelam sampai di kedalaman tertentu, Anda hanya perlu snorkeling dan akan melihat berbagai biota laut di pantai ini. Asyiknya lagi pantai ini dangkal sehingga kita bisa bebas berenang tanpa takut arus yang deras.

 

Berada di sebuah cekungan alias teluk membuat tak ada ombak besar menyambar daratan Pantai Pink yang memiliki arus cukup tenang dan tidak membahayakan. Jika sempat ber-snorkeling, maka Anda akan dibuat takjub oleh terumbu-terumbu karangnya yang sangat indah. (Dwi Laskar Pelangi; http://travel.kompas.com/read/2014/01/13/1747152/Menikmati.Keindahan.Pantai.Pink.di.Lombok)-FatchurR

One Response to Menikmati pantai Pink

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Matur nuwun ya, saya dibantu nulisake keindahan pantai Pink ini
    Kalau jalan darat, memang infra strukturnya kurang memadai.Saat wisata lalu, saya dan teman2 memakai jalur laut, ternyata lebih enak, dan pemandanganya juga lebih bagus.
    Jadi kita parkirnya di Tanjung Luar, sebuah pelabuhan di Kabupaten Lombok Timur, untuk transaksi nelayan melelang hasil tangkapannya
    Berangkat dari Mataram jam 06.00 WITA, untuk mendapat warna pantai yang masih Pink
    Menurut masyarakat sekitar, warna Pink, nampak paling bagus pada jam 07.00 dan jam 17.00 WITA, karena sangat tergantung pada sinar matahari.Untuk kepantai ini lebih baik, kalau bawa bekal, karena hanya ada seorang ibu yang berjualan minuman hangat, dan makanan instan, sekedar pengganjal perut
    Panorama menuju pantai ini sangat cantik, tidak terkontaminasi modernisasi, atau pembangunan gedung2 dsb.
    Kalau mau bermalam ada sebuah Villa tapi yang punya bukan WNI, standart harganya dengan dolar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita