logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Makanan Indonesia dengan Nama Kocak

sate kere jogja(kumparan.com)- Indonesia terkenal kekayaan kulinernya yang  melimpah. Mulai Sabang hingga Merauke pasti punya makanan khas bercita rasa nikmat dan kaya bumbu yang menggugah selera.

Sebut saja sate, nasi goreng, rendang yang terkenal sebagai makanan paling lezat di dunia.

 

Selain rasa lezatnya yang tak diragukan, Indonesia juga memiliki sajian khas dengan nama2 unik. Yuk intip tujuh sajian khas Indonesia yang namanya unik nan menggelitik di bawah ini:

 

1-Sate Kere

Sate kere (‘sate miskin’) sajian sate ukuran kecil terdiri dari potongan gembus atau tempe ampas kelapa dan jeroan sapi. Sesuai namanya, dulu sate kere ini sajian yang disantap kalangan bawah yang tak mampu beli sate daging.

 

Meski dari bahan baku murah, namun cita rasa sate yang banyak ditemukan di Solo dan Jogja ini tak kalah lezatnya. Perpaduan gurihnya tempe gembus, jeroan kenyal, dan siraman saus kacang manis menghasilkan cita rasa sate yang nikmat.

 

2-Tahu Gimbal

tahu gimbal semarangMeski namanya menggelitik, jangan bayangkan sajian ini mirip rambut gimbal. Nama ini berasal dari sejenis gorengan bernama gimbal bahan utama sajian mengenyangkan ini.

 

Gimbal  terbuat dari campuran udang dan adonan tepung yang digoreng hingga kuning kecoklatan. Setelah itu gimbal disajikan bersama potongan tahu goreng, kol, lontong, tauge, dan telur ceplok lalu disiram dengan saus kacang yang creamy.

 

3-Onde2 Ketawa

onde2 ketawaBerbeda dengan onde2 biasa (bulat) dengan tekstur kenyal nan legit, onde2 ketawa berbentuk merekah yang unik. Bentuk itu menyerupai orang tertawa ini lah yang membuat camilan ini disebut onde2 ketawa

Selain bentuknya berbeda, onde2 ini tanpa diberi isian apa pun. Rasa manis dan gurih dengan tekstur garing cocok disantap sambil menikmati secangkir teh hangat.

 

 

 

4-Nasi Kucing

nasi kucing surabayaMeski bernama nasi kucing, kita tak perlu khawatir karena sajian unik ini tidak mengandung olahan daging kucing. Nama nasi kucing berasal dari porsi nasi yang amat kecil seperti makanan kucing peliharaan di rumah.

 

Nasi kucing berisi satu kepal kecil nasi dengan aneka lauk seperti oseng tempe, sambal goreng ayam, hingga ikan peda yang asin dan gurih. Saking kecilnya, biasanya satu orang dapat menyantap tiga hingga empat porsi nasi kucing dalam sekali makan.

 

 

5-Oseng Mercon

oseng mercon yogyakartaTerbuat dari daging koyor berlemak, tetelan sapi, bumbu tradisional dan cabai melimpah, sajian ini diberi nama oseng mercon karena sensasi pedas luar biasa seperti menyantap mercon meledak. Meski pedasnya membuat keringat mengucur deras, sajian ini banyak penggemar setianya.

 

Perpaduan daging sapi, tetelan kenyal, dan bumbu super pedas oseng mercon yang disajikan bersama nasi hangat ini menjadi salah satu daya tariknya.

 

 

6-Pempek Kapal Selam

pempek kapal selamMemiliki nama unik, nama pempek kapal selam diambil dari proses perebusannya memakai panci ukuran besar. Pempek yang tenggelam ke dalam air rebusan sesaat setelah dimasukkan ke dalam panci terlihat seperti kapal selam yang sedang mengarungi lautan.

 

Tak hanya namanya unik, sajian khas Palembang ini telah tersohor kelezatannya. Bercita rasa gurih dengan tekstur kenyal dan crunchy, pempek kapal selam semakin nikmat disajikan bersama siraman kuah cuko asam.

 

7-Kerupuk Melarat

kerupuk melarat khas cirebonDalam bahasa Jawa, melarat/mlarat berarti miskin/sengsara. Sesuai namanya, kerupuk warna-warni ini jadi sajian andalan masyarakat kalangan bawah pada zaman dulu.

Uniknya, karena banyak yang tak mampu beli minyak, kerupuk ini tidak digoreng pakai minyak sayur tapi dengan pasir yang dipanaskan lebih dulu. Inilah asal-muasal kerupuk bercita rasa gurih ini diberi nama kerupuk melarat. (Bahan dari :  https://kumparan.com/@kumparanfood/7-makanan-khas-indonesia-dengan-nama-menggelitik-27431110790536064?utm_source=LINE&utm_medium=Aggregator)-FatchurR *

One Response to Makanan Indonesia dengan Nama Kocak

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Indonesia hakekatnya sdh kreatif sejak jadoel dlm bidang kulinernya, aplgi ditunjang banyaknya rempah yg dihasilkan bumi Pertiwi serta aneka etnis lokal yg msg2 punya kultur tersendiri. Blm lg menu buat Sultan dan raja yg msg2 punya resep rhs, disamping itu ada jg yg mengadopsi kombinasi menu pendatang baik dr Eropah & China/Jepang. Jd segala mcm menu yg nikmat bisa dg gampang didapat diseluruh Nusantara tanpa kesulitan, sp ke pelosoknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita