logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Legenda Jawa Tengah Timun Mas

Legenda Jawa Tengah Timun Mas(lokerseni.web.id)-Jaman doeloe, hiduplah suami istri petani. Mereka tinggal di desa dekat hutan. Mereka hidup bahagia. Sayangnya mereka belum dikaruniai anak. Tiap hari mereka berdoa. Mereka berdoa agar diberi anak.

 

Suatu hari raksasa melewati tempat tinggal mereka. Raksasa itu dengar doa mereka. Raksasa itu  memberi mereka biji mentimun. “Tanamlah biji ini. Nanti kau dapat anak perempuan,” kata Raksasa. “Terima kasih, Raksasa,” kata suami istri. “Tapi ada syaratnya. Di usia (17) anak itu harus diserahkan padaku,” sahut Raksasa. Suami istri tanpa berpikir panjang mereka setuju.

Petani itu menanam biji2 mentimun itu. Setiap hari mereka rawat tanaman yang mulai tumbuh itu dengan baik. Ber-bulan2 kemudian tumbuhlah mentimun berwarna keemasan. Buah itu semakin lbesar dan berat. Ketika masak, mereka petik. Mereka memotong buah itu, rupanya  di dalam buah itu ditemukan bayi perempuan yang cantik. Mereka bahagia dan memberi nama : Timun Mas.

Tahun demi tahun berlalu. Timun Mas tumbuh jadi gadis cantik. Kedua orang tuanya bangga padanya. Tapi mereka takut. Karena pada HUT Timun Mas yang ke-17, sang raksasa datang kembali. Raksasa itu menangih janji untuk mengambil Timun Mas.

Petani itu tenang. “Tunggulah sebentar. Timun Mas sedang main. Istriku akan memanggilnya,” katanya. Petani itu menemui anaknya. “Anakkku, ambillah ini,” katanya sambil menyerahkan kantung kain. “Ini akan menolongmu melawan Raksasa. Sekarang larilah secepat mungkin,” katanya. Timun Mas lari.

Suami istri itu sedih atas kepergian Timun Mas. Tapi mereka tidak rela kalau anaknya jadi santapan Raksasa. Raksasa menunggu lama. Ia tak sabar. Ia tahu, telah dibohongi suami istri itu. Lalu ia pun menghancurkan pondok petani itu dan mengejar Timun Mas ke hutan.

Raksasa lari mengejar Timun Mas. Raksasa semakin dekat. Timun Mas mengambil segenggam garam dari kantung kainnya. Lalu garam itu ditaburkan ke arah Raksasa. Tiba2 laut yang luas terhampar. Raksasa terpaksa berenang dengan susah payah.

Timun Mas lari lagi. Tapi Raksasa hampir berhasil menyusulnya. Timun Mas kembali ambil benda ajaib dari kantungnya. Ia ambil segenggam cabai. Cabai itu dilemparnya ke arah raksasa. Seketika pohon dengan ranting dan duri  tajam memerangkap Raksasa. Raksasa berteriak kesakitan. Timun Mas berlari menyelamatkan diri.

Tapi Raksasa sungguh kuat. Ia lagi2 hampir menangkap Timun Mas. Maka Timun Mas mengeluarkan benda ajaib ketiga. Ia tebar biji2 mentimun ajaib. Seketika tumbuhlah kebun mentimun yang sangat luas. Raksasa sangat letih dan kelaparan. Ia pun makan mentimun2 segar itu dengan lahap. Karena terlalu banyak makan, Raksasa tertidur.

Timun Mas terus lari sekuat tenaga. Tapi lama kelamaan tenaganya habis. Celaka nya Raksasa terbangun dari tidurnya dan hampir menangkapnya. Timun Mas melemparkan senjata yang terakhir, segenggam terasi udang. Terjadi keajaiban, danau lumpur yang luas terhampar. Raksasa terjerembab ke dalamnya. Tangannya hampir menggapai Timun Mas. Tapi raksasa itu panik. Ia tak bisa bernapas, lalu tenggelam.

Timun Mas lega. Ia telah selamat. Timun Mas pun kembali ke rumah orang tuanya. Ayah dan Ibu Timun Mas senang sekali melihat Timun Mas selamat. Mereka menyambutnya. “Terima Kasih, Tuhan. Kau telah menyelamatkan anakku,” kata mereka gembira.

Sejak saat itu Timun Mas dapat hidup tenang bersama orang tuanya. Mereka dapat hidup bahagia tanpa ketakutan lagi. (Bahan dari : https://www.lokerseni.web.id/2012/01/cerita-rakyat-timun-mas.html?m=1)-FatchurR

One Response to Legenda Jawa Tengah Timun Mas

  • Harry Reksosamudra says:

    Legenda Timun Mas merupakan peringatan bg manusia, sbg mahluk ciptaan Allah berharaplah kpd DIA, jng kpd roh2 yg tdk jelas asal usulnya, yg memberi tp kemudian meminta kembali ataupun terkadang persembahan keluarga penerimanya. Kan sdh banyak dlm literatur atau dongeng rakyat mengenai hal tsb, sbg contoh pesugihan yg plg digemari org hrs dibayar jiwa anaknya jk sdh sp waktunya, biasanya harta yg ada akan diminta kembali jika ybs mati dan anak keturunannya menderita dlm kemiskinan. Krn itu tawakal taqwa hanya kpd Allah sang Pencipta yg akan memelihara anak keturunan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita