logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Legenda Gunung Kelud dan Pengkhianatan Cinta Dewi Kilisuci

gunung kelud (merdeka.com/peristiwa)-Gunung Kelud di Kediri meletus tgl 13/2/2014 pukul 22.50 WIB. Ribuan warga Kediri dan sekitar diungsikan demi menghindari hal2 yang tak diinginkan. Gunung ini terakhir meletus tahun (2007).

 

Bagi warga Jatim (Kediri), Gunung Kelud punya legenda panjang. Legendanya bukan berasal dari gundukan tanah meninggi secara alami, seperti Gunung Tangkuban Perahu di Bandung, Jabar. Gunung Kelud terbentuk dari pengkhianatan cinta putri bernama Dewi Kilisuci pada dua raja sakti bernama Mahesa Suro dan Lembu Suro.

Dihimpun merdeka.com dari berbagai sumber, kala itu, dikisahkan Dewi Kilisuci anak putri Jenggolo Manik yang terkenal kecantikannya dilamar 2 orang raja. Namun yang melamar bukan dari bangsa manusia, karena yang satu berkepala lembu bernama Raja Lembu Suro dan lainnya berkepala kerbau bernama Mahesa Suro.

Untuk menolak lamaran itu, Dewi Kilisuci membuat sayembara yang tidak mungkin dikerjakan manusia biasa, yaitu membuat dua sumur di atas puncak Gunung Kelud, yang satu harus berbau amis dan yang satunya harus berbau wangi dan harus selesai dalam semalam atau sampai ayam berkokok.

Dengan kesaktian Mahesa Suro dan Lembu Suro, sayembara itu disanggupi. Setelah kerja semalaman, keduanya menang sayembara. Tetapi Dewi Kilisuci belum mau diperistri. Lalu Dewi Kilisuci mengajukan satu permintaan lagi. Yakni kedua raja itu harus membuktikan dulu, kedua sumur itu benar2 berbau wangi dan amis dengan cara mereka berdua harus masuk ke dalam sumur.

Terpedaya oleh rayuan itu, keduanya masuk ke sumur yang sangat dalam. Begitu mereka berada di dalam sumur, lalu Dewi Kilisuci memerintahkan prajurit Jenggala menimbun keduanya dengan batu. Maka matilah Mahesa Suro dan Lembu Suro.

 

Tetapi sebelum mati Lembu Suro sempat bersumpah : Yoh, wong Kediri mbesuk bakal pethuk piwalesku sing ma-kaping2 yoiku. Kediri bakal dadi kali, Blitar dadi latar, Tulungagung bakal dadi Kedung.

(Ya, orang Kediri besok akan mendapat balasanku yang sangat besar. Kediri bakal jadi sungai, Blitar akan jadi daratan dan Tulungagung jadi danau. Dari legenda ini masyarakat lereng Gunung Kelud melakukan sesaji sebagai tolak balak sumpah itu yang disebut Larung Sesaji.

Acara ini digelar setahun 1x tanggal 23 bulan surau oleh masyarakat Sugih Waras. Khusus pelaksanaan tahun 2006 sengaja digebyarkan Bupati Kediri untuk meningkatkan pamor wisata daerahnya.

 

Pelaksanaan ritual ini jadi wahana promosi meningkatkan kunjungan wisatawan untuk datang ke Kediri. (Dari berbagai sumber; War;  Anwar Khumaini; Bahan dari : https://www.merdeka.com/peristiwa/legenda-gunung-kelud-dan-kisah-pengkhianatan-cinta-dewi-kilisuci.html)-FatchurR *

6 Responses to Legenda Gunung Kelud dan Pengkhianatan Cinta Dewi Kilisuci

  • Dan rJenny Rijanto says:

    Senang baca 2 legenda Cak apalagi kediri dkt kota kelahiranku yang terkenal dng tahu bahkacung dan sekrng tahu poo yang lg ngetrend tp memang enak tahu kuningnya dan kl lagi musim menuwo duh murah dan bgs2 buahnya jg mangga podang nya yang asam manis bnyk vit nya

  • Fatkhurr says:

    Kalau senang Legenda, ntar kalau sudah lowong akan di sajikan di Web ini berbagai Legenda. Terima kasih perhatiannya

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Mmg legenda dingri ini merebak diseantero Nusantara tanpa kecuali, mungkin krn suatu keadaan ato lingkungannya dll dll, shg memproyeksikan sikonnya dg kisah terjadinya keadaan tempat dan ceritanya, nampak kesesuaian yg masuk diakal

  • Fatkhur Rochman says:

    Banyak yang tertarik legenda yang kadang dipakai sebagai pitutur, karena hikmahnya

  • Sidharta says:

    Tahu kuning “KIET” Pare memang uenak tenan. Itu kota kelahiran Jenny R

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Mmg legenda itu paling efektif jadi guru bg kebanyakan org, krn ada kisah2 baheula org terjebak pd alur ceritanya yg dijaman now serba pragmatis cespleng/instan, jg sdh ada legenda pd msg2 tempatnya, otomatis mrk tdk bisa lg bikin legenda baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita