logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Lagi tentang BJBR dan Tiga Serangkai pencetusnya(1/2)

bjbr probolinggo(kompasiana.com)- Menakjubkan. Kesan pertama ke ekologi BeeJay Bakau Resort (BJBR) Probolinggo. Sebelum disulap jadi wisata ekologi bersih dan indah, dulunya lokasi BJBR kumuh dan bau tidak sedap. Sampah di sepanjang pantai Mayangan sebelah selatan Pelabuhan Ikan Kota Probolinggo.

 

Belum lagi gundukan lumpur campur pasir dan keruh air dari Kali Banger. Bau tidak sedap air (Jawa “Banger”), menambah ketidaknyamanan mata dan hidung.

 

Lokasi ekowisata BJBR di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, Mangunharjo. Ke lokasi ini tak sulit karena berada di utara Alun2 Kota atau Stasiun KA Probolinggo. Dari Alun2 ditempuh sekitar 5 menit.  BJBR cepat terkenal karena Medsos yang viral membagikan potret2 keindahan BJBR.

 

Medsos : FB, WA, Instagram, Blog Pribadi, dan Website, dsb banyak memberi info eksotisme ekowisata BJBR. Ada tayangan video khusus yang menggambaran keindahan ekowisata BJBR.

 

Masuk area BJBR, ada eksotisme menikmati hutan bakau bersih, terawat, dan menyejukkan mata. Lebih terasa, layanan dari pengelola dengan senyum dan sapa ramah. Juga petugas2 keamanan menambah ketenangan dan kenyamanan pengunjung menikmati ekowisata BJBR.

 

Tersedia area parkir luas untuk roda-2 dan 4 dengan petugas2 siap melayani cepat dan ramah. Area parkir ini dalam proses pengembangan untuk lebih nyaman pula kendaraan yang di parkir. Area parkir dapat menampung 200 unit kendaraan roda dua dan 400 unit kendaraan roda empat.

 

Di BJBR fasilitasnya lengkap-aman. Mulai dari keamanan kendaraan sampai tempat Wisata. Juga ada : Toilet, Musholla, dan cafe. Jadi, pengunjung bakal dibuat betah ketika ke BJBR. Mereka dapat menikmati kopi dan sejuknya hutan mangrove serta suasana pasang surut air laut yang berganti tiap 4 jam 1x.

 

Di Majengan Bakau Beach (MBB), ada wahana : WaterBoom, Kafe Tenda, Indraloka Garden, Fantasy Land, Lapangan Volly Pantai, dan Piramida Botol. Pengunjung dimanjakan pasir putih buatan. Saung2 bersih dan nyaman jadi tempat melepas penat, sembari melihat keceriaan anak2 rmain di area MBB.

 

Sebelah selatan tempat parkir, ada hamparan hutan mangrove hijau dan terus dihijaukan, pengelola dan masyarakat. Ada jalan khusus yang dibuat dari tatanan kayu kelapa kokoh dan aman. Mata terasa sejuk dan aroma khas pantai dapat dinikmati sepuasnya.

 

Masuk agak ke dalam hutan ada tempat berselfie dan berwefie ria. Ada BeeJay Sabha Samudra, gedung atau ruang pertemuan. Dibangun di atas pantai pasang surut dengan view menghadap laut. Cocok untuk reuni, rapat, HUT, arisan dsb. Sebelah selatan BeeJay Sabha Samudra, ada Gembok Cinta, tempat muda mudi menulis kenangan mereka.

 

Di bibir pantai, ada Joging Trek untuk Cycling dan Becak Wisata. Waktu air laut pasang, pengunjung dapat menaiki Perahu Catamaran di area pantai BJBR. Jika lelah berJoging Trek, di pojok selatan ada rest-O-tent.  Restoran tenda dengan menu2 kuliner rumahan dan seafood. Chef profesional siap menemani dengan sajian Hibachi, memasak ala kungfu super cepat.

 

Jika mau menginap, tersedia Bungalow dan Family Bungalows.  Fasilitas ini menghadap laut, pantai pasang surut khas pantura. Khusus Family Bungalows, terdiri dua lantai. Lantai bawah terdiri ruang keluarga, karaoke, kamar tidur, exclusive dengan private poll dan meja santai.

 

Lantai atas, balkon khusus luxury, pas untuk ngobrol dan santai bareng family sambil menatap langit dan hamparan samudera luas. Betapa luar biasa perintis BJBR. Pantai Mayangan kumuh, muara pembuangan Kali Banger, disulap jadi destinasi wisata ekologi hutan mangrove terpadu.

 

(Arief Er Saleh; Bahan dari : https://www.kompasiana.com/arrohsa/57f7ea742bb0bddd1f5d13d4/tiga-serangkai-perintis-bjbr-merubah-hutan-mangrove-banger-menjadi-emas)-FatchurR * Masih ada lanjutannya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita