Kota paling nyaman dihuni

keindahan soloJakarta – Kongres Eastern Regional Organisation for Planning and Housing (EAROPH) ke-24 di Hotel Borobudur Jakarta, menetapkan Kota Makassar masuk sebagai salah satu kota ternyaman untuk ditinggali di Indonesia.

“Kita melakukan survei di Indonesia dan hasilnya ada tujuh kota yang paling nyaman untuk ditinggali dan Makassar adalah salah satu kota nyaman itu,” ujar Chairman Earoph World Congress 2014 Bernardus Djonoputro di Jakarta, Selasa (12/8).

 

Makassar salah satu dari kota yang nyaman ditinggali (Indonesian Most Livable City Index 2014) oleh masyarakat. Hasilnya dirilis Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia, tujuh kota bernilai di atas rata-rata dan nyaman ditinggali yakni: 1. Balikpapan; 2. Solo; 3. Malang; 4. Yogyakarta; 5. Makassar; 6. Palembang dan 7. Bandung

 

Menurutnya, penentuan kota nyaman ini berdasarkan 27 indikator yang ditentukan sebelumnya. Sementara itu, jumlah responden dalam survei ini adalah 1.000 orang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

 

Survei ini bermargin of error 2%. Survei dilaksanakan 2014 ini dengan menyebar responden di seluruh kota. “Kita melakukan survei kepada masyarakat Makassar tentang kemudahan dan kenyamanan tinggal di kotanya, termasuk layanan publik seperti rumah sakit dll, juga terkait ketersediaan rumah sakit, kemudahan ekonomi, kemudahan mencari pekerjaan,” katanya yang juga Ketua dari IAP Indonesia itu.

 

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto yang dikonfirmasi mengenai hasil survei itu mengaku gembira atas hasil yang bisa dicapai itu dan ini semua tidak terlepas dari peran serta dari TNI dan Polri serta semua pihak.

 

“Menggembirakan, beberapa kali Makassar muncul pada survei perkotaan. Kita selalu masuk 10 kota terbaik. Walau masih banyak yang harus di sempurnakan. Insya Allah kita bisa menjadi kota ‘best of the best’ kalau progresnya baik. Mari kita lihat tahun depan, Insya Allah ada yang lebih signifikan,” jelasnya.

 

Dalam kongres tahunan itu, Ramdhan jadi pembicara dihadapan 360 wali kota se Asia Pasifik, presentasi yang berjudul “Innovative Leadership” dihadapan 360 wali kota serta pengembang dan ahli perencana kota yang dibawa masing-masing oleh pimpinan perkotaan tersebut.

 

“Earoph ini kan levelnya International, maka kesempatan kita di minta untuk berbicara memberi pelajaran dalam mempersiapkan SDM kita, terutama persoalan bahasa. Kita akan segera berbenah dengan SDM yang baru setelah mutasi nanti,” katanya.

 

Danny juga menyebutkan, upaya pelibatan Makassar kedalam forum-forum Internasional memiliki korelasi penting terhadap perwujudan visi delapan Jalan Masa Depan untuk Kota Makassar yang telah dirancangnya. (Penulis: /YUD; Sumber:Antara; http://www.beritasatu.com/nasional/202258-inilah-tujuh-kota-paling-nyaman-untuk-dihuni-di-indonesia.html)-FatchurR

Catatan : Gambar keindahan kota Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita