logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kopi Asal Sulawesi tembus Pasar Eropa

kopi sulawesi utara(cepamagz.com)-Setelah kopi luwak dan kopi aceh gayo, giliran kopi asal Sulawesi Utara menembus Eropa khususnya Belanda. Sejarah kopi di Indonesia tak lepas dari campur tangan bangsa Belanda doeloe yang bawa biji kopi ke tanah air.

 

Dimulai saat pertama membawa kopi berjenis Liberika, Belanda turut membawa Arabica dan Robusta ke Indonesia untuk dibudidaya. Indonesia dipilih karena iklimnya pas untuk tanaman kopi. Datrannya yang dipenuhi oleh gunung berapi juga menjadi faktor penting suburnya kopi yang tumbuh di Indonesia.

 

Kopi ini bernama Kotamobagu, terletak di wilayah Kotamobagu  Sulut yang dikelilingi pegunungan. Dari sekian gunung di sana ada satu gunung yang paling mencuat : Gunung Ambang. Dari tanah di gunung Ambang ini kopi Kotamobagu dihasilkan. Sama seperti wilayah lain, kopi jadi tanaman yang wajib tanam penduduk pada zaman penjajahan di daerah ini.

 

Kopi ditanam di lahan belakang rumah atau di lahan perkebunan penduduk. Sampai kini penduduk desa masih mempertahankan membudidayakan tanaman kopi. Alasan kopi ini mampu menebus pasar Eropa karena petani di tempat ini menerapkan system organic. Sistem pertanian organik ini dibuktikan dengan diperolehnya Organic Farming Certificate (Setifikat Pertanian Organik) dari Kementan (November 2015).

 

Setifikat Pertanian Organik bernomor: 163/LSPO-003-IDN/11/15 ini, diperoleh Asosiasi Momosad Kopi Organik, Desa Bilalang II, Kecamatan Kotamobagu Utara, dengan membawa merek dagang Anoa.  Sertifikat itu diterima langsung Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Pertanian dan Perternakan Kotamobagu. (zonabmr.com)

 

Tak heran, kopi Kotamobagu spesies robusta itu kini dilirik investor untuk dipromosikan ke pasar Eropa. Hal itu tercermin dari minat berbagai kalangan salah satunya datang dari eksportir spesialis kopi asal Jakarta dan juga Direktur Utama CV Daya Asasta, Arie Faud. (Redaktur Cepamagz; Bahan dari : http://www.cepamagz.com/kopi-asal-sulawesi-utara-tembus-pasar-eropa/)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita