logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kiat Tidur Nyaman Saat Plesir dengan Kapal Pesiar

kapal pesiar mewah(travel.kompas.com)-JAKARTA, Pelesiran dengan kapal pesiar, dipilih banyak orang salah satunya karena faktor waktu istirahat lebih banyak. Tak salah, sebab saat di kapal pesiar, penumpang boleh memilih  aktivitas yang ingin dilakukan sehingga waktu tidur jadi lebih banyak.

 

Agar dapat tidur lebih nyenyak selama berlibur di kapal pesiar, Dokter Tidur terkemuka dunia Dr. Michael Breus, PhD di acara jumpa pers Princess Cruises di Restoran Suasana, Jakarta, (7/8/18) memberi saran, seperti berikut ini:

 

1-Miliki jadwal tidur dan bangun yang konsisten

Atur jadwal tidur dan bangun untuk diri sendiri, menyesuaikan waktu lokal. Idealnya lama waktu tidur di kapal pesiar sama seperti di rumah, tidak lebih dan tidak kurang. Di kapal pesiar, ada fasilitas makan larut malam dan berlabuh pagi hari sehingga dapat menyesuaikan waktu tidur seperti di rumah.

 

2-Jangan terlalu banyak konsumsi makanan-minuman

Bersantap makanan nikmat jamak dilakukan selama liburan. Apalagi di kapal pesiar dengan pilihan restoran yang banyak. Wajar menikmati makanan lezat tetapi jangan makan berlebihan karena dapat berefek pada kualitas istirahat.

 

3-Makan pada waktu yang tepat

Selain makan dalam porsi wajar, waktu makan perlu diperhatikan. Jadwal makan dekat dengan waktu tidur, mengganggu kualitas dan jumlah waktu istirahat. Pilihan layanan antar makanan ke kamar dapat dimanfaatkan untuk menyesuaikan waktu istirahat yang tepat.

 

4-Berhenti minum kafein pada pukul 14.00

Atur konsumsi kafein seperti saat di rumah. Hindari minum kafein 8 jam sebelum tidur (biasanya pukul 14.00 waktu setempat) dan minum kafein secukupnya pada siang hari (6-8 ons jumlah yang dianjurkan).

 

5-Jaga tubuh tetap aktif

Berlibur di kapal pesiar, tubuh tetap dapat aktif. Bisa ikut kelas olahraga atau berenang. Menjaga tubuh tetap aktif dapat membantu mempercepat transisi tubuh dan membantu proses menuju tidur lelap.

 

6-Hindari OR sebelum tidur

Jika berpikir OR sebelum waktu tidur, mempercepat tidur, justru salah. Sebab olahraga 3-4 jam sebelum tidur dapat menstimulasi pikiran dan memberikan energi pada tubuh, sehingga tidur menjadi kian sukar.

 

7-Bersantai sebelum tidur

Pilih kegiatan santai, seperti mandi air hangat atau baca buku agar lebih mudah tertidur. Jika suka baca, pilih buku kertas karena gadget buku digital memancarkan cahaya yang menstimulasi otak sehingga tetap terjaga.
(Artikel ini telah tayang di kompas.com; dengan judul “7 Kiat Tidur Nyenyak saat Pelesir dengan Kapal Pesiar”, Penulis : Silvita Agmasari; Editor : Wahyu Adityo Prodjo; Bahan dari :  https://travel.kompas.com/read/2018/08/11/070000127/7-kiat-tidur-nyenyak-saat-pelesir-dengan-kapal-pesiar)-FatchurR *

One Response to Kiat Tidur Nyaman Saat Plesir dengan Kapal Pesiar

  • Harry Reksosamudrasamkekj says:

    Pesiar dg cruise mengasyikkan, bagi yg senang menikmati samudra luas tersedia tempatnya, dimana bisa merenung dg memandang lautan, yg hobi perteman an bisa berkeliling santai menemukan teman sepadan shg terjadi perkenalan dan lain2 kesenangan bisa ditemui saat santai atau berenang dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita