logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kenapa Kucing dan Tikus Musuhan

kucing dan tikusBagi masyarakat dulu, menentukan waktu adalah hal yang tidak gampang. Kapan mulainya tanggal, bulan dan tahun. Begitupun awal mulanya penciptaan tahun baru Imlek. Berbeda dengan tradisi dan kepercayaan di banyak kebudayaan, Imlek memiliki beragam cerita legenda di baliknya.

 

Salah satu legenda yang menarik adalah saat manusia belum mengenal waktu, orang-orang memikirkan cara bagaimana menandai dan berlalunya waktu, tetapi mereka tidak tahu bagaimana caranya. Sang Dewa Langit pun akhirnya turun tangan. Ia turun ke bumi.

 

Bertemu dengan seluruh binatang yang ada di bumi. Sang Dewa mengatakan akan mengadakan sayembara untuk memilih 12 jenis binatang yang akan menjadi raja setiap satu tahun sekali. Syaratnya adalah bisa menyeberang sungai menuju istana dewa yang ada di seberang.

 

”Barang siapa yang bisa menyeberang sungai ini, saya angkat menjadi raja selama satu tahun,” kata sang Dewa. Sayembara ini mendapat respon luarbiasa dari para binatang. Setiap binatang berebut untuk menjadi raja. Tak terkecuali bagi kucing dan tikus, yang juga ingin menjadi raja.

 

Perlombaan pun diadakan. Sebelum dimulai, kucing dan tikus berdiskusi. Pasalnya, mereka berdua tak bisa berengan. Mereka memutuskan meminta lembu untuk membantu mereka. Lembu yang baik hati dan tulus setuju membantu mereka berdua.

 

Lembu berjanji akan membawa mereka di punggungnya sampai di seberang sungai. Akhirnya mereka bertiga melewati sungai yang memiliki aliran deras. Saat berada di atas punggung kerbau, tikus ternyata memiliki niat yang jahat. Ketika kucing sedang lengah, tikus mendorongnya ke sungai.

 

Si kucing pun tercebur ke dalam sungai. Mencoba berenang sebisanya menuju tepi sungai. Saat lembu akan memasuki garis finis, dengan cepat tikus meloncat dari punggung lembu. Si tikus pun akhirnya menjadi binatang pertama yang masuk finis. Kemudian diikuti lembu, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi.

 

Sesuai dengan perjanjian, akhirnya tikus oleh sang raja diangkat menjadi raja pertama di tahun tersebut. Dengan napas terengah-engah dan basah kuyup, si kucing yang baru sampai di halaman istana raja, langsung menyatakan protes karena kelicikan tikus.

 

Namun, ia sudah terlambat. Melihat kucing yang marah, tikus ketakutan. Setiap ketemu dengan tikus, si kucing selalu ingin menggigitnya. Merasa telah melakukan dosa, tikus selalu bersembunyi jika bertemu dengan kucing.

 

Menurut kepercayaan, masing-masing tahun ini mewakili sifat dasar manusia yang lahir pada waktu urutan binatang tertentu. Legenda Tionghoa percaya bahwa di dalam sifat manusia, tercermin juga sifat ke-12 binatang yang menjadi penanda waktu.

 

Shio Anda di Tahun Kerbau Shi Er Sheng Xiao, artinya dua belas kemiripan lahir. Shio sendiri dalam bahasa mandarin disebut xiao, yang artinya kemiripan. Tepat pada tanggal 26 Januari ini, masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek yang ke-2560.

 

Menurut ketentuan dari Tahun Baru ini, setiap orang yang lahir pada tahun di kalender umum akan ditambah menjadi satu tahun. Artinya, jika ada bayi yang lahir pada tanggal 25 Januari nanti, maka ia akan langsung berusia dua tahun di tanggal 26 Januari.

 

Sifat Shio1 : Tikus Umumnya orang yang bershio tikus, lebih peka terhadap lingkungan. Realistis dan penuh perhitungan. Cerdas dan bijak sejak lahir. Perasaan lebih sensitif dan pandai mengembangkan karir di segala bidang, menyayangi pasangannya, berani berpetualang, jika ada kesulitan tetap maju. Kadangkala ia bisa salah paham dan menyalahkan orang.

 

2. Lembu Pantang mundur, penganut ideologi kekuasaan dan terlahir sebagai seorang pemimpin. Sangat berhati-hati, sudah terpikir matang baru dilaksanakan. Sangat sayang terhadap keluarga. Menghadapi hidup dengan semangat tinggi. Memiliki semangat pantang mundur. Setiap pekerjaan harus tuntas, tidak setengah-tengah.

 

3. MacanPemberani dan sangat periang, pelindung, sering bekerja sendiri, punya semangat yang tak tergoyang. Segala hal selalu meyakinkan. Pandai memanfaatkan kesempatan. Lambang kemakmuran atau kedamaian. Selalu bersemangat, tapi agak menyombongkan diri.

 

4. KelinciPenganut ideologi hedonis. Sifat jujur dan ramah, tetapi anggun. Pendiam tapi mempunyai bakat orator. Disenangi dan dicintai orang, tapi juga selalu dicemburi. Punya naluri yang bagus. Kreatif, dan cocok bekerja di bagian desainer, karena kelincahannya ia ceroboh.

 

5. NagaUmumnya sombong dan penuh percaya diri. Ia rajin bekerja demi mencapai cita-cita. Melambangkan keberuntungan, kebaikan, damai dan panjang umur. Royal terhadap yang lain. Penuh keberanian. Wanita yang shio naga banyak fans-nya.

 

6. UlarUmumnya pencemburu, lelaki shio ular lebih romantis dan humoris sehingga menarik perhatian wanita. Wanita, cantik dan mempesona. Bisa membedakan yang mana benar atau salah. Melakukan sesuatu secara bertahap, hingga sampai ke puncak. Senang membantu orang yang membutuhkan. Selalu berpenampilan menarik.

 

7. KudaSifatnya terbuka, egois, memiliki wajah yang cantik dan selalu berpenampilan menarik. Apapun yang dilakukan untuk kepentingan diri sendiri dan tidak bisa nasehat orang. Wanita yang shio kuda bisa mengatur keuangan sendiri, tapi terhadap keluarga dan pasangannya tidak pandai mengaturnya.

 

8. KambingRamah dan pemurah. Seniman yang sesuka hati. Orang yang lahir di tahun kambing, anggun dan mempesona dan sangat mencintai alam. Ulet dan punya semangat tempur yang tinggi. Mementingkan kehidupan keluarga. Penuh tanggungjawab dan punya inisiatif serta memiliki daya cipta.

 

9. MonyetCerdas tapi bandel, pengetahuan dan pandangan luas dan punya daya ingat tinggi. Mementingkan diri sendiri. Pandai berhubungan dengan orang luar. Hangat dan mudah jatuh cinta. Selalu tidak bisa merasa puas. Bisa menciptakan kesempatan. Karir sangat sukses.

 

10. AyamSuka dipuji-puji, pandai memprediksi, apa yang orang lain belum tahu, dia sudah tahu. Tidak mudah mempercayai orang, tetapi bisa memberi nasehat orang lain. Laki-laki yang bershio ayam termasuk dalam kategori pria metroseksual. Banyak keberuntungan, selalu sesuai dengan yang diinginkan. Hubungan asmara sangat bahagia.

 

11. AnjingJujur, pandai tapi pura-pura bodoh. Tidak bersemangat. Selalu mencari kebenaran sesuatu hal. Tidak ada tujuan untuk hidup. Selalu memberi nasehat kepada orang lain. Suka membantu dan dihormati orang. Tidak banyak permintaan dalam hidup. Dalam asmara, ia jujur dan lurus. Tidak pernah menyalahkan orang.

 

12. BabiMaterialistik, namun tidak egois. Babi melambangkan keberanian dan bersifat hati-hati. Selalu membantu dan sangat ramah kepada orang. Bertanggung jawab dan bisa memaafkan kesalahan orang. Dapat dipercaya, ramah dan cocok usaha dalam segala bidang. Dan karirnya pasti akan sukses. (Ary GP A-68)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita