Keberagaman suku

Suku Asmat di PapuaIndonesia merupakan negara yang kaya suku dan budaya. Setiap suku memiliki tradisi dan budaya yang berbeda. Salah satu yang tidak bisa lepas keberadaannya dari suku di Indonesia adalah kepercayaan mereka terhadap mistis atau gaib. Seperti halnya budaya dan tradisi, setiap suku di Indonesia sudah barang tentu memiliki kepercayaan terhadap dunia gaib.

 

Kepercyaan hal mistis itu juga yang biasanya mendasari sebuah kebudayaan di suatu suku di Indonesia. Meski jaman makin modern, nampaknya tidak sedikitpun menyurutkan kepercayaan mereka terhadap dunia gaib. Percaya animisme dan dinamisme membuat hubungan dunia gaib dengan beberapa suku hingga kini masih langgeng.

Berikut beberapa suku di Indonesia yang kental dengan kepercayaan terhadap hal gaib hingga saat ini.
1. Suku Asmat di Papua
Salah satu suku di Papua yang terkenal adalah suku Asmat. Suku ini dikenal seni ukirnya yang eksotis. Bukan hanya seni ukir saja, Asmat dikenal sebagai salah suku yang punya tradisi kuat dalam hal mistis.
Suku Asmat percaya ada kekuatan magis yang kebanyakan berbentuk tabu atau larangan tertentu. Dalam kehidupan suku Asmat, banyak yang pantang dilakukan dalam menjalankan kegiatan, misal pengumpulan bahan makanan seperti sagu, penangkapan ikan, dan pemburuan binatang.

Dengan memegang teguh aturan kearifan lokal itu, orang suku Asmat sangat kental dengan dunia magis. Kekuatan magis yang dimiliki tetua suku ini juga digunakan untuk menemukan barang yang hilang, barang curian atau menunjukkan si pencuri barang itu. Dalam kepercayaan mereka, kekuatan magis ini bisa digunakan menguasai alam dan mendatangkan angin, halilintar, hujan, dan topan.

2. Suku Kajang di Sulawesi Selatan
Di daerah Sulsel, ilmu mistis (gaib) bukan hal baru. Suku Kajang pedalaman ini hal mistis sudah sangat terkenal, bahkan telah menjadi ciri khas mereka. Di Sulawesi, kehebatan guna-guna, pelet dan santet suku Kajang sudah diakui.

 

Karena terkenalnya, sebagian orang merasa was-was jika berdekatan atau ditaksir oleh salah satu warga Kajang. Suku Kajang konon tak hanya hebat ilmu kebal dan pelet, tetapi juga santet. Dari jarak yang jauh mereka diyakini bisa membuat orang yang tidak disukainya menderita bahkan hingga meninggal dunia.

3. Suku Dayak di Kalimantan
Suku asli Kalimantan, dayak juga terkenal kaya budaya dan tradisi uniknya. Suku Dayak di pedalaman, terkenal dengan mistis yang kuat. Kekuatan gaib itu menjadi salah satu kekuatan mereka. Kekuatan mistis itu bisa dilihat pada alat perang : Penyang, mandau, lunju dan sipet.

 

Untuk memikat lawan jenis mereka bisa menggunakan ilmu mistis. Suku Dayak menghormati tetua adat atau suku yang dipercaya memiliki kelebihan soal dunia metafisika. Ilmu kebal, mandau terbang hingga pelet bulu perindu datangnya dari Kalimantan dan hingga kini masih kesohor.

4. Suku Badui di Banten
Banten dikenal tempat para jawara. Selain jawara, Banten memiliki suku Badui yang kesohor menjaga tradisi leluhur. Badui identik dengan suku yang mengisolasi diri dari kemajuan zaman. Mereka masih menjadi nilai dan tradisi leluhur yang turun temurun.

Suku Badui mempertahankan kepercayaannya itu punya segudang peranti mistis. Ilmu kebal, pelet dan juga santet suku Badui konon disebut tiada tanding. Ilmu kebal dalam peragaan debus. Tradisi ini bukti kehebatan Suku Badui dalam dunia mistis.

 

Tubuh mereka kebal dari senjata tajam dan api. Banyak yang berguru pada tetua adat Badui untuk mendapat berbagai kesaktian. Preman besar banyak yang bertandang ke Kanekes, badui untuk mendapat ilmu kebal. Kini Badui dikenal sebagai suku yang menjaga tradisi kearifan lokal nenek moyang mereka. (Suhirto M; sumber: pengetahuan.com)-FatchurR

One Response to Keberagaman suku

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Saya percaya kemempuan mistis adalah karunia/ insight TUHAN juga bagi suku kuno untuk bertahan hidup atas penyakit, gangguan alam, hewan, kelompok lain dan sebagainya. Bayangkan kalau di Papua dan desa desa terpencil yang sampai sekarang diemohi Dokter, ga ada yang punya kemampuan mistis, mereka sudah punah.
    Nayatanya di Eropa sekarang kemampuan misti orang Denmark. Skandinavia sedang berkembang dan dikembangkan kembali. Seluruh belahan bumi punya kemampuan mistis penduduknya. Sayang kedatangan orang baru dalam memaksakan superioritasnya dengan cara membasmi kemampuan kearifan lokal orang lokal. Tujuannya semata untuk memenangkan kontrol atas orang lokal. Orang Indian USA dan Afrika punya kemempuan kearifan lokal ini yang sampai sekarang sedang diselidiki secara ilmiyah. Jangan sampai ada yang punah dibumi ini, semua diciptakan TUHAN demi manfaat kebaikan manusia. Tugas mulia manusia mengembangkannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita