Indahnya Danau Kelimutu(2)

2-Danau KelimutuKelimutu merupakan gabungan dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk, warna-warna di danau Kelimutu punya arti masing-masing dan punya kekuatan alam yang dahsyat.

 

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi tiga bagian sesuai dengan warna di dalam danau. Danau berwarna biru atau “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai”,  tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang meninggal. Danau warna merah atau “Tiwu Ata Polo” tempat berkumpulnya jiwa orang yang meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung.

 

Sedang danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang meninggal. Luas ketiga danau itu 1.051.000 M2;  volume air 1.292 juta M3. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor.

 

Dinding ini terjal, kemiringan 70°. Ketinggian dinding danau berkisar 50-150 meter. Gunung Kelimutu terletak di Desa Pemo, Kec-Kelimutu, Kab-Ende, Pulau Flores, NTT. Bersambung ………………;  (http://agusbudiawan.wordpress.com/2013/11/23/mbolang-17-danau-terindah-di-indonesia-1/)-FatchurR

2 Responses to Indahnya Danau Kelimutu(2)

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Kalau keindahan alam dan budaya negeri kita Indonesia bukan main banyaknya.
    Dari pantai nya saja sudah bisa dijadikan tujuan wisata dunia. Maladewa/Maldive yang kecil saja bisa hidup dari wisata, mengapa pulanu2 terpencil tidak dicarikan investor untuk resort wisata ya? keramahan penduduknya memang harus diajari seperti di Bali, ga usil memelototi ulah apapun para wisatawan. Sekarang Bali sudah bisa dijadikan contoh bagaimana keramahan menerima wisatawan. Dua tahun lalu saat pulang, saya mengamati para pedagang asongan dipantai Kuta, Seminyak dll yang sudah dari sononya sopan ini, bertambah bekal bahasa nya. Dari cuma bahasa Inggris bikinan sendiri, sekarang mereka menghadapi orang Jepang, Tiongkok, Korea juga sudah bisa membuat bahasa masing masing untuk berkomunikasi dengan wisatawan. Hebat.

    Tolong dimuat artikel Danau Atas dan Danau Bawah yang indah sekali di Solok Sumatra Barat. Sayang Toba dan tujuan wisata lain di Sumtra yang tidak kalah indah ini tidak didukung kesiapan masyarakatnya menerima tamu yang ulahnya beda dengan tuan rumah. Malah maunya dagang/ pelayanan secara dipremani saja!

  • Fatkhurr says:

    Allow pak. Khing
    Indahnya Danau direncanakan serial yang ada di Indonesia. Sabar dan pada saatnya secara berkala akan dimuat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita