Indahnya Danau atas-bawah

danau singkarak padangJakarta – Keindahan Sumatera Barat menghampar dari pantai sampai gunung. Di tengah-tengah itu ada danau cantik bak lukisan Maha Pencipta. Sumbar adalah lukisan alam sempurna. Ada 3 danau cantik berudara sejuk, dikelilingi bukit hijau, dan permukaan air seperti cermin. Berikut tiga danau itu yang menawan disusun oleh detikTravel:

1. Danau Singkarak
Danau Singkarak adalah primadona di Sumbar. Danau terbesar kedua di Sumatera setelah D-Toba ini tersohor sebagai pusat aktivitas lomba balap sepeda internasional, Tour de Singkarak. Wisatawan asing pasti mengenalnya. Danau ini berada di dua kabupaten, yaitu Solok dan Tanah Datar.

 

Danau seluas 1.000 hektar ini permukaan airnya tenang dan membawa suasana damai. Datanglah ke Danau Singkarak dan nikmatilah suasana asyik dengan berjalan di pinggirnya. Hamparan air yang biru terlihat sepanjang mata memandang dan memantulkan rona langit yang menawan hati.

Cobalah sewalah perahu Rp 100.000. Lantas, arungilah danau ini sepuas hati. Jangan lupa dengan kamera, karena Danau Singkarak terlalu sayang dilewatkan keindahannya begitu saja. Danau ini punya ikan khas yaitu ikan bilih. Cicipilah masakan ikan bilih. Ikan kecil ini garing dan renyah, menggugah selera

danau maninjau2. Danau Maninjau
Presiden Soekarno pernah berkata, “Jangan datang ke Ranah Minang, kalau tak mampir ke Maninjau”. Kecantikan Danau Maninjau di Kecamatan Tanjung Raya, Kab-Agam, Provinsi Sumbar, tiada duanya. Ketinggian 500 mdpl, udara di sekitar Danau Maninjau sejuk.

 

egunungan dan hutan hijau menghampar di sekitar danaunya dan menambah indah pemandangan. Danau Maninjau dapat dinikmati gratis. Nikmatilah pesona Danau ini yang tenang. Para wisatawan biasanya berfoto dengan latar Danau Maninjau untuk mengabadikan di danau cantik ini.

Di sekitar danau terdapat beberapa cottage dan resor. Dengan kisaran harga ratusan ribu rupiah, Anda dapat berlama-lama menetap di dekat danau tersebut.

danau atas danau bawah3. Danau Kembar
Danau Kembar ini unik di Sumbar. Danau ini terdiri dari dua yang beda letaknya, yaitu Danau di Atas dan Danau di Bawah. Kedua danau ini pesona nya sama cantik. Danau Kembar terletak di dekat Alahan Panjang, Kab-Solok, Sumbar.

 

Perjalanan ke sana tidak mudah. Traveler harus melewati jalan yang menanjak curam dan tikungan tajam. Jangan kuatir, udara segar, pemandangan sawah, dan perbukitan yang hijau akan mempesona Anda sepanjang perjalanan sampai tiba di Danau Kembar.

Pertama, melewati dulu Danau di Bawah. Danau, bukit, kabut dan langit yang biru berpadu harmonis dan menghipnosis. Jangan ragu untuk berhenti di pinggir jalan menikmati suasana dam memotret danau ini. Siap dengan jaket, karena udaranya dingin apalagi saat kabut datang.

Perjalanan berlanjut ke Danau di Atas yang secantik Danau di Bawah. Danau di Atas berfasilitas tempat makan atau menginap. Sedang Danau di Bawah masih alami. Danau di Atas pemandangan dan suasananya menyenangkan. Anda bisa menyewa perahu mengitari danaunya. Selain itu, makan siang di pinggir danaunya juga akan menjadi pengalaman yang istimewa.

Tiga danau ini yang wajib dikunjungi kalau jalan-jalan ke Sumatera Barat. Keindahan danaunya membuat terpesona dan jatuh cinta. (http://travel.detik.com/read/2012/09/27/100435/2039275/1383/ini-dia-3-danau-paling-cantik-di-sumbar)-FatchurR

One Response to Indahnya Danau atas-bawah

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Ketiganya sudah saya kunjungi, paling mengesankan Danau Atas dan Danau Bawah.
    Ceritanya tahun 1983 saya barui beli jeep Daihatsu, baru seminggu dipasangi power steering tambahan, tau tau Isteri saya menyatakan kepingin melintasi Pulau Jawa kemudian menyebrang ke Sumatera. Selama ini kan cuma melnyebrang ke Bali.
    Tanpa pikir kamipun berangkat berdua an. Traveling gear selalu siap, tenda, Super Mie, Box pendingin dan kompor gas serta alat dapur ringkas.

    Tidak terasa kami sudah menyebrang Bakauhuni keselatan menyusuri pantai Samudra Hindia masuk Propinsi Bengkulu. Disini ada pantai yang kerikilnya sebesar telur puyuh berbintik coklat pula. Saya ambil sekarung tepung buat kenangan. Suatu saat ternyata kerikil puyuh ini diminati orang Jepang dan Korea, saya mengekspornya beberapa kali dalam kontainer. Terhenti karena untuk ini harus ijin Jakarta!.
    Tentu saja perjalanan saya belok ke Bengkulu, mengunjungi Rumah Bung KARNO, Masjid desigan Bung KARNO ditengah kota dekat hotel Garuda tempat kami bermalam. Sampai sekarang saya ingat, ada yang jual soto ayam Solo. Orangnya benar dari Solo. Kalau kita minta paha, diberi paha utuh, demikian pula kalau minta dada. Jawaban atas pertanyaan saya, katanya orang sini maunya gitu Pak. Wah enak jenengan ga usah ngiris tipis tipis? Yah enggak pak, ga bisa diakali, kalau diiris, saat ramai irisannya bisa dibikin setipis mungkin! ha…x9 semua bisnis ada kiatnya buat cari untung, bukan modal Rp 10 jual Rp 15 belaka.
    Tau tau saya sudah sampai di Muko Muko yang perbatasan Sumatera Barat dab Bengkulu. Suasana Sumatera adalah Islami, saat itu damai sekali rasanya. Di Padang saya mampir kerumah Haji AKBAR sobat Ayah saya, kebetulan Puteranya sedang pulang dari kuliah di Jakarta, PATRIALIS AKBAR, kami bersahabat sampai sekarang, dari Anggota DPRRI, ke Menhukham kemudian Hakim MK. Dia yang mengantar saya keliling melihat Bukit Tinggi, dan ketiga danau ini, kemudian ke Aceh mengunjungi masjid Besar yang asri indah sekali. Ga ada saat itu keharusan ini itu masuk melihat Masjid, hanya harus lepas alas kaki dan cuci kaki.
    Pulangnya lewat Palembang, Pagar Alam, Curup terus ke Bengkulu. Balik ke Jawa.
    Saat itu hutan sangat rimbun sepanjang jalan.Benar juga Teman Asing Bung KARNO saat berjuang sebagai penyiar Asing pro Indonesia, menamakan Untaian Jamrud di Katulistiwa.Belakangan tahun 2000 an kalau naik pesawat kita melihat Sumatra sudah botak botak juga Kalimantan, Sulawesi Papua dan pulau pulau di Halmahera. Habitat rusak akibat penjarahan manusia serakah atas Ciptaan TUHAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita