logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Grafika Bird Park Mini Z00 di Lembang Bandung Barat

Grafika Bird Park Mini Z00 di Lembang Bandung Barat (lifestyle.sindonews.com)-LEMBANG; Kawasan Bandung Utara khususnya Lembang, Kab-Bandung Barat (KBB), jadi ikon wisata, sehingga jika ada yang ke Bandung tapi belum ke Lembang maka belum sempurna. Ini ada benarnya, karena di Lembang ada objek2 wisata yang bisa memanjakan wisatawan.

 

Mulai wisata belanja, wisata alam, kuliner, pendidikan, hingga wisata animasi yang instagramable. Yang terbaru wisata burung (Grafika Bird Park), di Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC), di Cikole, Lembang. Selain burung, ada hewan lain seperti 18 ekor rusa, 5 jenis domba, dan berbagai jenis kelinci. Objek wisata ini menjelma jadi mini zoo (kebun binatang mini) di antara kesejukan udara Bandung utara.

 

Khusus di wahana bird park, terdapat total 43 burung dari 23 jenis burung. Seperti burung paruh bengkok Macaw, Love Bird, Afrika Grey, Sun Konur, Barbian, Red Rumped, Mong Parkit, Galah, hingga Kakak Tua. Ber-jenis2 burung itu diimpor secara resmi dari Eropa dan Amerika Latin, harganya pun lumayan dari Rp30—400 juta.

Yang jadi perhatian tentu dua jenis Hyacinth Macaw. Selain harganya mahal mencapai Rp400 juta, keistimewaan burung ini selain langka, rangka tubuhnya kokoh, skil trik dan free flightnya serta mampu mengenali pemiliknya. Burung ini ketika dilepaskan untuk terbang lalu dipanggil namanya maka dia akan menghampiri pemiliknya langsung.

“Wahana Bird Park ini baru dibuka, keinginannya untuk memberikan wisata edukatif kepada pengunjung khususnya dalam pengenalan jenis2 burung,” kata GM Operasional Grafika Cikole, Sapto Wahyudi kepada SINDOnews di Lembang (29/9/2018).

 

Pengunjung perlu merogoh kocek Rp20.000/orang. Mereka akan mendapat satu pakan burung kwaci dan fruit blend. Hanya karena sangkar burung raksasa ini tidak luas (25×13 meter) maka tiap pengunjung yang akan masuk di batasi per 10-15 orang dengan durasi per 20 menit. Semua jenis burung di Grafika Bird Park ini didatangkan dari luar negeri,  dengan mendapatkan surat resmi.

“Dipilihnya jenis burung paruh bengkok, karena burung ini berwarna menarik, seperti merah, kuning, hijau, dan biru. Selain itu, burung paruh bengkok jenis burung  jinak dan dapat free fly,” tutur Sapto.

 

Tenaga Fungsional BKSDA Jabar, Toni Setiana menyebut burung paruh bengkok ini impor yang statusnya tidak dilindungi. Ketika didatangkan ke Indonesia, tetap harus ada surat perdagangan Internasional, ada surat asal usul, dan sertifikatnya. Grafika salah satu mitra BKSDA Jabar dalam hal burung paruh bengkok sehingga untuk prosedur dan perizinannya terdata lengkap.

“Sejauh ini pehobi burung itu ada yang komersil dan non komersil. Bagi yang komersil ada izin lanjutan seperti untuk izin penangkaran dan izin edar/jual. Jika dahulu izinnya dari menteri, sekarang izinnya cukup dari BKSDA,” papar dia.

Seorang pengunjung Yuna, 25, mengaku wahana burung ini bagus dan indah karena lokasi yang berada di hutan pinus sehingga terasa nyaman dan seperti di kebun binatang. Dirinya berharap burung paruh bengkok ini bisa dilestarikan sehingga wisatawan dapat lebih banyak yang datang.

“Ini pertama kali saya lihat burung paruh bengkok, indah dan lucu,” ucapnya. (alv; Adi Haryanto B; Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/1342402/156/grafika-bird-park-wisata-mini-zoo-di-kawasan-sejuk-bandung-barat-1538298119)-FatchurR *

One Response to Grafika Bird Park Mini Z00 di Lembang Bandung Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita